Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MIS Miftahul Ulum Waringinsari
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
I. Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika
: Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
·
Menulis :
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi karya seni musik.
II. Kompetensi Dasar :
1.
IPS :
·
Menceritaan pengalaman
2.
IPA :
·
Membiasakan hidup sehat.
3. PKN :
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan
20.
·
Menentukan waktu ( pagi,
siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5. Bahasa Indonesia :
·
Melaksanakan sesuatu sesuai
dengan perintah atau petunjuk
sederhana.
·
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·
Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang
tepat dan bahasa yang
santun.
·
Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan
fungsi anggota tubuh dengan
kalimat sendiri
·
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan
bentuk huruf.
·
Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan
tulis
dengan benar.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur/
elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
III. Indikator :
IPS :
·
Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman
sekelas.
·
Menceritakan tentang teman main di rumah.
·
Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling
berkesan
IPA:
·
Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum
makan.
·
Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang .
·
Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga,
beristirahat dan tidur yang
teratur agar tubuh
sehat dan kuat.
·
Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga
kesehatan. ( cuci tangan,
memotong kuku, olah raga
beristirahat dan tidur )
PKN :
·
Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·
Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari
bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·
Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.
Matematika :
·
Memecahkan masalah
sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·
Memecahkan masalah
sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·
Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri
sehingga hasilnya 0.
·
Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari
yang sebentar dan lama.
Bahasa Indonesia :
·
Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya
sendiri.
·
Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·
Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta
orang yang lebih tua dengan bahasa cara
yang santun
·
Bercerita berdasarkan gambar.
·
Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri
yang tepat.
·
Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku
kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
·
Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal
yang benar
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk
huruf.
·
Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari
papan tulis atau buku dengan benar.
·
Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
§ Melengkapi kalimat
yang belum selesai sesuai dengan gambar.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui
peragaan
IV. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil
berdasarkan pengalaman.
·
Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan
merawat kebersihan tubuh.
·
Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang
terbesar di Indonesia.
·
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku
bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
·
Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
·
Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari
yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·
Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan
iyu sendiri sehingga hasilnya 0
·
Siswa dapat mengenal konsep waktu.
·
Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan
permintaan.
·
Siswa dapat menceritakan isi serta menjawab pertanyaan seputar isi
dongeng.
·
Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan
bahasa sederhana yang santun.
·
Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·
Siswa dapat mendeskripsikan benda.
·
Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan
suara nyaring dan lafal yang benar.
·
Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf,
kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang
tepat.
·
Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi,
dan memperagakannya.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
V. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa masa kecil
·
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·
Hidup rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi hitung bilangan.
·
Satuan pengukuran.
·
Kalimat perintah
·
Kalimat sapaan
·
Deskripsi benda-benda di sekitar.
·
Membaca nyaring.
·
Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman
musik.
VI. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
VII. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan
guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat anggota tubuh
agar tetap bersih dan sehat.
F Menjelaskan alasan mencuci tangan, dan menjelaskan
keuntungan mencuci tangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan mencuci
tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang
menyebabkan tangan menjadi kotor.
F Melalui penjelasan
guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada di Indonesia.
F Melalui diskusi dan
tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
F Menyebutkan 5 suku
terbesar yang diketahui siswa
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan
nyata.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan menyimak
petunjuk dan perintah guru, siswa dapat mendemontrasikan sesuatu perintah atau
pemintaan dengan baik.
F Perintah dan
permintaan terdiri dari kalimat perintah yang diucapkan guru.
F Melalui cerita guru
sebagai motivasi, siswa diingatkan kembali pada peristiwa ketika sekolah di
Taman Kanak-kanak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama guru
dan beberapa teman di Taman Kanak-kanak.
F Menceritakan
peristiwa yang berkesan selama di taman Kanak-kanak.
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan
soal penjumlahan jumlah soal
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan menyimak
dongeng yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng
dengan bahasa sendiri.
F Mengemukakan pendapat tentang perilaku tokoh pada dongeng tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan
soal penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui cerita
dongeng yang dibaca kembali oleh guru,
siswa menjawab pertanyaan tentang isi dan tokoh dalam dongeng.
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan
nyata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan tokoh dalam dongeng dengan ekspresi yang
baik.
F Mengerjakan
soal penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Melalui penjelasan guru, siswa menirukan kalimat
sapaan yang diucapkan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan kalimat sapaan tanpa din\bimbing guru, dengan lafal dan
intonasi yang benar.
F Membentuk kelompok untuk peragaan kalimat sapaan.
F Mengerjakan
soal penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui
motivasi dan arahan guru, siswa melakukan gerakan yang menghasilkan bunyi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan sumber
bunyi, terdiri dari bunyi buatan dan bunyi alami.
F Memperagakan bunyi
buatan.
F Tiap kelompok
memperagakan percakapan yang menggunkan kalimat sapaan di depan teman-temannya.
F Peragaan dilakukan tanpa teks agar ekspresinya lebih baik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memeriksa kuku temannya, menganjurkan pemotongan
kuku bagi yang berkuku panjang.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui contoh dan
pengalaman siswa, dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari
tiap suku bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
F Melalui pengamatan
siswa dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
F Melalui diskusi
sederhana yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
F Mengerjakan LKS
tentang nama teman yang berbeda suku.
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal pengurangan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar
yang ditampilkan di depan kelas.
F Siswa memberikan
pendapatnya tentang gambar, lalu diarahkan oleh guru tentang cerita dalam
gambar tersebut.
F Mendengarkan
cerita guru tentang pasa buah-buahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan
tentang cerita yang disampaikan guru.
F Melalui cerita yang
bersifat mengingatkan , siswa dapat menceritakan teman dan suasan bermain di
rumah.
F Menceritakan kegiatan
yang dapat dilakukan bersama teman di rumah.
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal pengurangan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar
buah-buahan yang ditempel di papan tulis.
F Siswa dimotivasi
untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah-buahan yang di tempel di papan tulis
tersebut.
F Setelah memberikan deskripsi tentang buah-buahan
tersebut, siswa menempelkan gambar buah pada kelompok yang ditentukan,
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pengelompokan
berdasarkan pada warna dan rasa.
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan
nyata.
F Mengerjakan soal pengurangan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingatkan kembali
huruf yang telah dipelajari melalui kartu huruf, suku kata , kata dan kalimat.
F Mengenalkan huruf t sebagai tambahan huruf-huruf yang
sudah dipelajari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kartu huruf
agar membentuk suku kata , kata dan kalimat yang disusun dari huruf yang sudah
dipelajari.
F Membaca tiap kata,
dan kalimat dengan suara nyaring dengan cara individual dan klasikal.
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Melalui demontrasi
dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca
berulang-ulang kata dan kalimat yang tertulis di papan tulis.
F Membaca dengan suara nyaring tiap kata dan
kalimat secara individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
F Melalui demontrasi
dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kata dan kalimat yang tertera di buku
sumber dengan suara nyaring secara
individual dan klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan bunyi yang
pelan, bunyi yang keras.
F Memperagakan bunyi
yang keras dan bunyi yang pelan