(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MI Miftahul Ulum Waringinsari
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
I. Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan
dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamas.
·
Membaca
: Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan
menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
:
· Mengapresiasi karya seni rupa.
·
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
II. Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mengidentifikasi identitas
diri , keluarga, dan kerabat.
2. IPA :
·
Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan
suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam
sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting /
menyobek..
III. Indikator :
1. IPS :
·
Menyebutkan nama lengkap dan panggilan besreta usia.
·
Menceritakan alamat tempat
tinggal dan alamat sekolah .
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu,
serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2. IPA :
·
Menunjukkan bagian-bagian tubuh (
mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan kegunaan
bagian-bagian tubuh yang diamati.
·
Menunjukkan cara merewat tubuh.
·
Membiasakan merawat tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat.
3. PKN :
·
Menjelaskan ciri-ciri fisik
perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan kegiatan yang
dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan jenis permainan yang
dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4. Matematika :
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Membandingkan dua kumpulan benda
melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca dan menulis lambing bilangan.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan
yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan
yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2, 3, dan 4.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mencocokkan gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan cerita gambar seri
tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan data diri dan
identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan warbna, bentuk dan
permukaan benda.
·
Menyebutkan nama anggota
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan berbagai jenis
bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·
Mengelompokkan berbagai ukuran
bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam
sekitar.
IV.
Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan
anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota
tubuh dan kegunaannya.
·
Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat
tubuhnya.
·
Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari
laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan
yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing
bilangan.
·
Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola
teratur.
·
Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan
bahasa yang santun.
·
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf,
gambar.
·
Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
·
Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik,
garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan
teknik menyobek dan menggunting.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
V. Materi Ajar
( Materi Pokok ) :
·
Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara
perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang
didengar.
·
Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi
pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
VI. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
VII. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti
:
Minggu
I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “
dua mata saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi
sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F Menyebutkan perbedaan
tugas antara laki-laki dan perempuan.
F Melakukan tanya jawab
tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
F Mengamati benda yang
diperlihatkan guru (kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll)
F Mengamati benda yang
ada di sekeliling siswa ( meja, buku,
tas, dll )
F Membilang benda yang
ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
F Menyimpan kartu
bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F Menyanyikan lagu “pergi sekolah “
F Menceritakan dengan
kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
F Melakukan tanya
jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F Mendengarkan
penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan
keuntungan kita mempunyai identitas diri.
F Membilang benda yang
diamati . secara individual dan klasikal.
F Melakukan
penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
F Menyebutkan bilangan
yang tepat sesuai dengan banyak benda
F Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memperkenalkan
diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F Secara bergiliran
memperkenalkan diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung beda pada
gambar/ model dengan jumlah benda 1 –
10.
F Menyebutkan jumlah
banyak benda 1 – 10.
F Meletakkan kartu
bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F Seorang siswa
meletakkan benda dan siswa lain
menyimpan kartu bilangan yang tepat
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan
pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
F Mengungkapkan
deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
F Contoh : Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis,
bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F Mencoba untuk
mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
F Mengamati
manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 –
15.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung banyak
benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
F Menyebutkan bilangan
yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
F Menyimpan kartu
bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
F Menuliskan lambing
bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
F da jumlahnya untuk
menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F Membilang tiap
kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan
yang tepat pada tiap kelompok benda.
F Membandingkan jumlah
benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada
kedua kelompok benda tersebut.
F Melakukan hal sama
pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
F Melakukan pengamatan
terhadap gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “
Dua mata saya “
F Menyebutkan nama
anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
F Menyebutkan nama
anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F Menunjukkan dan
menyebutkan nama anggota tubuh melalui
tubuh temannya.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal
titik sebagi awal sebuah gambar.
F Menggabungkan
beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan
titik-titik yang berderet.
F Mengamati gambar
anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan
dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis lurus,
garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
F Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung
) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
F Membuat gambar yang
berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh
dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “
dua mata saya “
F Menunjukkan gambar
dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan
dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
F Mengamati gambar
bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.