#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Thursday, March 29, 2012

RPP TEMATIK KELAS I MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI PRINGSEWU





Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  MI Miftahul Ulum Waringinsari
Tema                    :  Diri Sendiri
Kelas/Semester     :  I / 1
Alokasi Waktu     : 3 minggu

I. Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara 
                           perawatannya.
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·   Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
·   Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·   Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  :
·   Mengapresiasi karya seni rupa.
·   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

II. Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

2. IPA :
·         Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3.  PKN :
·         Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4.  Matematika :
·         Membilang banyak benda .
·         Mengurutkan banyak benda.
5.  Bahasa Indonesia :
·         Membedakan bunyi bahasa.
·         Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·         Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·         Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..

III.    Indikator  :
1.      IPS :
·         Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan besreta usia.
·         Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·         Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

2.      IPA :
·         Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·         Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·         Menunjukkan cara merewat tubuh.
·         Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

3.      PKN :
·         Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·         Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.

4.      Matematika :
·         Menyebutkan banyak benda.
·         Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·         Membaca dan menulis lambing bilangan.
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·         Membilang loncat 2, 3, dan 4.

5.      Bahasa Indonesia :
·         Mencocokkan gambar dengan informasi.
·         Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·         Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·         Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·         Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
·         Menyebutkan nama anggota

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·         Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.

IV. Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada  di rumahnya.
·         Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya.
·         Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·         Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·         Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·         Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·         Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·         Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·         Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·         Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·         Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·         Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·         Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·         Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·         Siswa dapat menyalin/mencontoh  huruf, suku kata dan kata.
·         Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·         Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
V. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·         Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·         Hidup rukun dalam perbedaan
·         Oprasi hitung.
·         Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·         Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·         Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·         Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·         Membuat karya kerajinan .

VI. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

VII. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
F Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
F Mengamati benda yang diperlihatkan guru (kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll)
F Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa  ( meja, buku, tas, dll )
F Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
F Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F Menyanyikan lagu  “pergi sekolah “
F Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
F Melakukan tanya jawab  tentang  persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.
F Membilang benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
F Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
F Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
F Mengisi  soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F Secara bergiliran memperkenalkan diri.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung beda pada gambar/ model dengan jumlah benda  1 – 10.
F Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.
F Meletakkan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F Seorang siswa meletakkan benda  dan siswa lain menyimpan kartu  bilangan yang tepat
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
F Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
F Contoh :  Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
F Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
F Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
F Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
F Menuliskan lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
F da jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
F Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok benda tersebut.
F Melakukan hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
F Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ Dua mata saya “
F Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
F Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F Menunjukkan dan menyebutkan nama  anggota tubuh melalui tubuh temannya.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.
F Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
F Mengamati gambar anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
F Membuat  aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung ) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
F Membuat gambar yang berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
F Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.