BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Hasil Penelitian
1. Hasil/Temuan
yang Diperoleh
Pada setiap akhir pembelajaran siklus I dan II, selalu diadakan tes evaluasi dan pengamatan.
Hasil tersebut akan disajikan dalam bentuk tabel yang memuat isi keseluruhan
hasil / temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian. Hasil tersebut
diperoleh dari catatan-catatan peneliti sendiri dan catatan-catatan guru
pendamping atau teman sejawat.
Tabel 5 : Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam
|
NO
|
NAMA
SISWA
|
SIKLUS
|
||
|
I
|
II
|
|||
|
1
|
Ailul
Umayah
|
55
|
65
|
|
|
2
|
Badrul
Huda
|
64
|
70
|
|
|
3
|
Bagas
Prasetyo
|
71
|
79
|
|
|
4
|
Deni
Juliansyah
|
73
|
81
|
|
|
5
|
Elya
Maeliza
|
81
|
93
|
|
|
6
|
Laela
Aniyatul Ahida
|
55
|
65
|
|
|
7
|
Feni
Indah Rosita
|
47
|
55
|
|
|
8
|
Monik
Agustina
|
75
|
89
|
|
|
9
|
M.
Iqbal Tajudin
|
82
|
93
|
|
|
10
|
M.
Royan Soib
|
86
|
95
|
|
|
11
|
Rizky
Alwifiyan
|
65
|
75
|
|
|
12
|
Rio
Rizkyawan
|
43
|
56
|
|
|
13
|
Sulton
Aziz
|
75
|
86
|
|
|
14
|
M.
Saifudin
|
77
|
87
|
|
|
15
|
Wahyudi
|
71
|
85
|
|
|
16
|
Aditia
Febriana
|
81
|
84
|
|
|
17
|
Asrul
Fauzaki
|
51
|
65
|
|
|
18
|
Adi
Darmawan
|
55
|
66
|
|
|
19
|
Dimas
Aulia
|
81
|
94
|
|
|
20
|
Febri
Prihantoro
|
74
|
87
|
|
|
JUMLAH
|
1362
|
1570
|
||
|
RATA-RATA
|
68,10
|
78,50
|
||
Sumber : Data Nilai Kelas
2.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam melalui Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning pada siswa
kelas V semester I SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan dapat dilihat
dari hasil ulangan yang dilaksanakan dalam pembelajaran pada siklus I dan siklus
II yang disajikan pada tabel berikut ini :
Tabel 6 : Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam
|
Siklus
|
Jumlah
|
Nilai
|
Jumlah
Nilai
|
Rata-rata
|
|
|
Jumlah
Siswa
|
Prosentase
|
||||
|
I
|
20
|
13
|
65,00 %
|
1362
|
68,10
|
|
II
|
20
|
18
|
90,00 %
|
1570
|
78,50
|
B. Pembahasan
1. Siklus I
Pelaksanaan
siklus I mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Aalam pada hari Kamis tanggal 05 Mei 2011
diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari
15 laki-laki dan 5 anak perempuan. Pertemuan ini berlangsung selama 1 x
pertemuan (2 x 35 menit).
a.
Hasil Belajar
Siswa
Data dari
tes akhir pada siklus I menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas
pada mata pelajaran IPA sebanyak 13 siswa dari 20 siswa atau 65,00 %. Ini
berarti kriteria pada siklus I pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih banyak
kekurangannya untuk memenuhi target yang diharapkan, yaitu siswa yang mendapat nilai
65 keatas sebesar 85 % atau lebih.
b.
Refleksi
Pada akhir siklus I diperoleh hasil belajar siswa belum
memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan
guru teman sejawat terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari
keseluruhan yang diamati yaitu :
1)
Guru perlu
mengoptimalkan dalam memotivasi dan membangun semangat siswa terhadap pelajaranIlmu
Pengetahuan Alam;
2)
Guru
mempertegas dalam pembagian tugas dalam kelompok belajar;
3)
Guru kurang
memperhatikan pemahaman pada siswa tentang pentingnya kerja sama dalam kelompok
untuk menyelesaikan suatu masalah.
4)
Guru belum
optimal dalam menanamkan prinsip cara mengkonstruksi sebuah pemahaman pada
anak, yaitu dengan mengaitkan peristiwa dan pengalaman-pengalaman yang dimiliki
dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru kurang
teliti dalam mengamati siswa yang termasuk harus di remedial dan yang harus
diberi pengayaan;
Pembelajaran yang kurang memuaskan hasilnya itu juga
disebabkan oleh siswa itu sendiri, yaitu :
1)
Sebagian
siswa belum memahami hakikat dan strategi dari pembelajaran yang diikuti;
2)
Dalam
kegiatan pembelajaran, siswa banyak yang ribut dan tidak memperhatikan
penjelasan guru;
3)
Siswa kurang
aktif dalam diskusi kelompok, tanya jawab, maupun kegiatan lain yang seharusnya
dilakukan siswa.
Oleh
karena itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan lagi yang dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, yakni pada siklus II.
2. Siklus II
Pelaksanaan siklus II mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dilaksanakan
pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2011
diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari
15 laki-laki dan 5 anak perempuan.
a.
Hasil Belajar
Siswa
Data dari
tes akhir pada siklus II menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 18 siswa dari 20 siswa atau
90,00 %. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam sudah banyak mengalami kemajuan dan sudah memenuhi target yang
diharapkan, yaitu siswa yang mendapat
nilai 65 keatas sebesar 85 % atau lebih, dan hasil yang diperolehnya telah
sesuai dengan target yang diharapkan.
b.
Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan guru teman sejawat bahwa pada
akhir siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebagai berikut :
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pendekatan pembelajaran
Mastery Learning pada siklus II sudah lebih baik dari siklus I, dan terjadi
peningkatan hasil belajar siswa yakni sudah memenuhi apa yang diharapkan,
karena terbukti hasil yang dicapai siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan nilai lebih dari 65 sebanyak 18 siswa dari
jumlah siswa keseluruhan yaitu 20 anak
atau mencapai 90,00 %.
Hal ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam proses
pembelajaran bukan hanya sebagai pengajar, tetapi lebih ditekankan sebagai
fasilitator dan motivator. Guru memfasilitasi siswa untuk berhasil dengan
memberikan motivasi, dorongan dan pendampingan dalam kegiatan pembelajaran.