BAB III
PELAKSANAAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek Penelitian
1.
Lokasi
Penelitian
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas
V semester SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan
yaitu mulai tanggal 20 April sampai dengan 21 Mei 2011,
dengan 6 jam
pelajaran (3
kali pertemuan). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 20 orang
siswa yang terdiri dari 15 siswa
laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti
(guru bidang study), seorang obsever, dan kepala Sekolah
sebagai penanggung jawab.
Adapun jadwal penelitian ini adalah :
Hari
|
Tanggal
|
Jam Ke
|
Mata Pelajaran
|
Keterangan
|
Kamis
|
28-04-2011
|
3 - 4
|
Ilmu Pengetahuan
Alam
|
Pembelajaran
Orientasi
|
Kamis
|
05-05-2011
|
3 - 4
|
Ilmu Pengetahuan
Alam
|
Pembelajaran
Perbaikan 1
|
Kamis
|
19-05-2011
|
3 - 4
|
Ilmu Pengetahuan
Alam
|
Pembelajaran
Perbaikan 2
|
3.
Mata Pelajaran
Adapun mata pelajaran yang diteliti adalah Ilmu Pengetahuan
Alam.
4.
Kelas
Kelas yang dijadikan tempat
penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.
B.
Deskripsi Pelaksanaan Perbaikan (Per Siklus)
Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini melalui
langkah siklus sebanyak dua siklus, dan
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : Perncanaan (planning),
Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting) (Suharsini
Arikunto, 2006).
1.
Perencanaan
a. Menyusun jadwal
mengajar
a.
Membuat
perangkat pembelajaran
b.
Menyusun
skenario pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan
c.
Mempersiapkan
media pembelajaran yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran
d.
Mempersiapkan
lembar observasi dan catatan lapangan
2.
Pelaksanaan
Tahap ini merupakan pelaksanaan dari tahap
perencanaan, yang meliputi
a. Guru
membuka kegiatan pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yang
dicapai dan membagi kelompok belajar;
b.
Guru
memotivasi siswa agar belajar bersama dalam kelompok dan bertanggung jawab pada
kelompoknya;
c.
Guru
menyampaikan materi yang telah ditentukan dan mengefektifkan diskusi kelompok, demonstrasi
serta bertanya jawab;
d.
Guru bersama
teman sejawat mengamati proses kegiatan diskusi kelompok yang sedang
berlangsung dan guru memberikan bimbingan pada siswa;
e.
Setiap
kelompok mengamati gambar tentang hewan dan alat/organ tubuh hewan untuk
menyesuaikan diri dengan lingkungannya, lalu salah satu siswa mempresentasikan
hasil pengamatannya dan memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
menanggapinya;
f.
Guru bersama
siswa menyimpulkan hasil diskusi dan pengamatannya;
g.
Guru
memberikan tes tertulis secara individu di akhir siklus;
h.
Siswa yang
mendapat nilai kurang dari 60 dan rata-rata nilai yang kurang dari ketentuan
mnimal, maka dilakukan perbaikan dan yang sudah tuntas diberikan tambahan
sebagai pengayaan.
3.
Pengamatan/Pengumpulan
Data
Dalam pengamatan penelitian tindakan kelas ini peneliti bekerja sama dengan guru
(teman sejawat) yaitu seorang
guru dari SD
Negeri 02 Sidomulyo, yang bertugas mengamati selama proses kegiatan
pembelajaran berlangsung. Hasil pengamatan ini dituangkan dalam catatan
lapangan yang telah dipersiapkan.
a.
Lembar
Pengamatan 1 adalah data skunder (data yang berasal dari selain subjek) yang
digunakan untuk menilai kinerja guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
Tabel 2 : Lembar Pengamatan 1 pada Siklus 1
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran
|
|||||||
2
|
Pemilihan materi
ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa)
|
|||||||
3
|
Pengorganisasian
materi (sistematis, logis)
|
|||||||
4
|
Pemilihan
sumber/media pembelajaran
|
|||||||
5
|
Kejelasan
skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, penutup)
|
|||||||
6
|
Kesesuaian teknik
strategi dengan tujuan pembelajaran
|
|||||||
7
|
Kelengkapan
instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
|||||||
Jumlah
Skor
|
||||||||
Prosentase
Kinerja Guru
|
||||||||
Kategori
Kinerja Guru
|
||||||||
Keterangan :
1 = tidak baik; 2 = kurang baik; 3 = baik;
4 = sangat baik;
b.
Lembar
pengamatan 2 adalah data skunder (data yang berasal dari selain subjek) yang
digunakan untuk menilai kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
Tabel 3 : Lembar Pengamatan 2 pada Siklus 1 dan 2
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
I
|
PRA PEMBELAJARAN
|
||||
1
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi
|
||||
2
|
Dengan metode
tanya jawab guru membahas pengetahuan prasyarat tentang Cahaya
|
||||
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||||
1
|
Guru mrnyajikan
ide baru dan perluasan konsep IPA terlebih
dahulu
|
||||
2
|
Siswa diberitahu
tujuan pembelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pelajaran
|
||||
3
|
Penjelasan,
diskusi, demonstrasi dengan contoh konkret yang sifatnya piktorial dan
simbolik
|
||||
4
|
Siswa diminta
merespon satu rangkaian soal sambil guru mengamati kalau terjadi miskonsesi
|
||||
5
|
Guru membimbing
siswa untuk membentuk kelompok
|
||||
6
|
Guru memasukkan
rincian khusus tanggung jawab kelompok dan ganjaran individual ber-dasarkan
pencapaian materi yang dipelajari
|
||||
7
|
Siswa bekerja
dalam kelompok belajar kooperatif
|
||||
8
|
Membimbing siswa
menjadi tutor sebaya
|
||||
9
|
Siswa bekerja
sendiri untuk latihan
|
||||
10
|
Perluasan
mempelajari konsep yang disajikan yang disajikan pada langkah pengembangan
|
||||
III
|
PENUTUP PEMBELAJARAN
|
||||
1
|
Guru menyimpulkan
hasil diskusi
|
||||
2
|
Guru memberikan
PR
|
||||
Jumlah
Skor
|
|||||
Prosentase
Kinerja Guru
|
|||||
Kategori
Kinerja Guru
|
|||||
c.
Lembar
Pengamatan 3 adalah data primer yang digunakan untuk menilai motivasi belajar
siswa pada setiap siklus. Dengan motivasi yang tinggi diharapkan prestasi merekapun
juga tinggi.
Tabel 4 : Lembar Pengamatan 3 pada siklus 1 dan 2
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Memperhatikan
penjelasan guru
|
|||||
2
|
Bertanya kepada
guru
|
|||||
3
|
Mencatat/menyalin/menulis
hasil
|
|||||
4
|
Berdiskusi
mengerjakan LKS
|
|||||
5
|
Menjawab/menanggapi
pertanyaan
|
|||||
6
|
Menyimpulkan
kembali hasil diskusi
|
|||||
7
|
Mengerjakan soal-soal latihan
|
|||||
Jumlah
Skor
|
||||||
Prosentase
Kinerja Guru
|
||||||
Kategori
Kinerja Guru
|
||||||
4.
Refleksi
Refleksi ini merupakan kegiatan dalam menganalisis,
memahami dan membuat kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan dan catatan
lapangan. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil tes dan observasi, serta
menentukan perkembangan kemajuan dan kelemahan yang terjadi, sebagai dasar
perbaikan pada siklus berikutnya.
Pada siklus
I, pelaksanaannya berdasarkan refleksi dari pra siklus dan pelaksanaannya
terdiri dari empat tahap pelaksanaan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Dalam proses kegiatan
pembelajaran siklus I ini telah banyak ditemukan kelemahan-kelemahan dan di
sini diadalan perbaikan.
Pada siklus II, pelaksanaannya berdasarkan refleksi dari
siklus I dan pelaksanaannya pun sama, yaitu terdiri dari empat tahap
pelaksanaan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam proses
kegiatan pembelajaran siklus II ini telah banyak dilakukan
penyempurnaan-penyempurnaan dari kelemahan-kelemahan pada siklus I, sehingga
diharapkan hasil pembelajaran bisa meningkat. Setelah dilakukan uji kompetensi
pada siklus 2 ini ternyata hasilnya sudah mencapai target yang diinginkan Dengan
demikian penelitian diberhentikan pada siklus 2 ini karena sudah memenuhi
target KKM.