BAB III
PELAKSANAAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek Penelitian
1. Lokasi
Penelitian
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas
V semester II SD Negeri 02 Sidomulyo
Kecamatan Air
Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan
yaitu mulai tanggal 20 April sampai dengan 21 Mei 2011,
dengan 6 jam
pelajaran (3
kali pertemuan). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 20 orang
siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki
dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti (guru bidang
study), seorang obsever, dan kepala Sekolah sebagai penanggung jawab.
Adapun jadwal penelitian ini adalah :
Tabel 3 : Jadwal Penelitian Mata
Pelajaran PKn
|
Hari
|
Tanggal
|
Jam Ke
|
Mata Pelajaran
|
Keterangan
|
|
Rabu
|
27-04-2011
|
3 - 4
|
PKn
|
Observasi Kelas
(Pra Siklus)
|
|
Rabu
|
04-05-2011
|
3 - 4
|
PKn
|
Pembelajaran
Perbaikan 1
|
|
Rabu
|
18-05-2011
|
3 -4
|
PKn
|
Pembelajaran
Perbaikan 2
|
3.
Mata Pelajaran
Adapun mata pelajaran yang di teliti adalah PKn.
4.
Kelas
Kelas yang dijadikan tempat
penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.
B.
DeskrPKni Pelaksanaan Perbaikan (Per Siklus)
Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini melalui
langkah siklus sebanyak dua siklus, dan
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : Perncanaan (planning),
Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting)
(Suharsini Arikunto, 2006).
1. Perencanaan
a. Menyusun jadwal
mengajar
b. Membuat perangkat
pembelajaran
c. Menyusun skenario pembelajaran
sesuai dengan materi yang akan disampaikan
d.
Mempersiapkan media pembelajaran yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran
e. Mempersiapkan lembar
observasi dan catatan lapangan
2. Pelaksanaan
Tahap ini merupakan pelaksanaan dari
tahap perencanaan, meliputi :
a. Guru
membuka kegiatan pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yang
dicapai dan membagi kelompok belajar;
b.
Guru memotivasi siswa agar belajar bersama dalam kelompok dan
bertanggung jawab pada kelompoknya;
c.
Guru menyampaikan materi yaitu membuat surat undangan dan mengefektifkan
diskusi kelompok, demonstrasi serta bertanya jawab;
d.
Guru bersama teman sejawat mengamati proses kegiatan diskusi kelompok
yang sedang berlangsung dan guru memberikan bimbingan pada siswa;
e.
Setiap kelompok mengamati contoh
surat undangan yang disiapkan;
g.
Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil diskusi dan pengamatannya
h. Guru
memberikan tes tertulis secara individu di akhir siklus;
i.
Siswa yang
mendapat nilai kurang dari 60 dan rata-rata nilai yang kurang dari ketentuan
mnimal, maka dilakukan perbaikan dan yang sudah tuntas diberikan tambahan
sebagai pengayaan.
3.
Pengamatan/Pengumpulan
Data
Dalam pengamatan penelitian tindakan kelas ini peneliti bekerja sama dengan guru
(teman sejawat) yaitu seorang
guru dari SD
Negeri 02 Sidomulyo, yang bertugas mengamati selama proses kegiatan
pembelajaran berlangsung. Hasil pengamatan ini dituangkan dalam catatan
lapangan yang telah dipersiapkan.
a.
Lembar
Pengamatan 1 adalah data skunder (data yang berasal dari selain subjek) yang
digunakan untuk menilai kinerja guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
Tabel 4 : Lembar Pengamatan 1 pada Siklus 1 dan 2
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|||||
|
|
|
|
|
||||
|
1
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
||
|
2
|
Pemilihan materi
ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa)
|
|
|
|
|
||
|
3
|
Pengorganisasian
materi (sistematis, logis)
|
|
|
|
|
||
|
4
|
Pemilihan
sumber/media pembelajaran
|
|
|
|
|
||
|
5
|
Kejelasan
skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, penutup)
|
|
|
|
|
||
|
6
|
Kesesuaian teknik
strategi dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
||
|
7
|
Kelengkapan
instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
|
|
|
|
||
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||||
|
|
Prosentase
Kinerja Guru
|
|
|||||
|
|
Kategori
Kinerja Guru
|
|
|||||
Keterangan :
1 = tidak baik; 2 = kurang baik; 3 = baik;
4 = sangat baik;
b.
Lembar
pengamatan 2 adalah data skunder (data yang berasal dari selain subjek) yang
digunakan untuk menilai kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
Tabel 5 : Lembar Pengamatan 2 pada Siklus 1 dan 2
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
I
|
PRA PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
||
|
1
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi
|
|
|
|
|
||
|
2
|
Dengan metode
tanya jawab guru membahas pengetahuan prasyarat tentang kemerdekaan
|
|
|
|
|
||
|
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
||
|
1
|
Guru mrnyajikan
ide baru dan perluasan konsep PKn terlebih dahulu
|
|
|
|
|
||
|
2
|
Siswa diberitahu
tujuan pembelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pelajaran
|
|
|
|
|
||
|
3
|
Penjelasan,
diskusi, demonstrasi dengan contoh konkret yang sifatnya piktorial dan
simbolik
|
|
|
|
|
||
|
4
|
Siswa diminta
merespon satu rangkaian soal sambil guru mengamati kalau terjadi miskonsepsi
|
|
|
|
|
||
|
5
|
Guru membimbing
siswa untuk membentuk kelompok
|
|
|
|
|
||
|
6
|
Guru memasukkan
rincian khusus tanggung jawab kelompok dan ganjaran individual ber-dasarkan
pencapaian materi yang dipelajari
|
|
|
|
|
||
|
7
|
Siswa bekerja
dalam kelompok belajar kooperatif
|
|
|
|
|
||
|
8
|
Membimbing siswa
menjadi tutor sebaya
|
|
|
|
|
||
|
9
|
Siswa bekerja
sendiri untuk latihan
|
|
|
|
|
||
|
10
|
Perluasan
mempelajari konsep yang disajikan yang disajikan pada langkah pengembangan
|
|
|
|
|
||
|
III
|
PENUTUP PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
||
|
1
|
Guru menyimpulkan
hasil diskusi
|
|
|
|
|
||
|
2
|
Guru memberikan
PR
|
|
|
|
|
||
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||||
|
|
Prosentase
Kinerja Guru
|
|
|||||
|
|
Kategori
Kinerja Guru
|
|
|||||
c.
Lembar
Pengamatan 3 adalah data primer yang digunakan untuk menilai motivasi belajar
siswa pada setiap siklus. Dengan motivasi yang tinggi diharapkan prestasi
merekapun juga tinggi.
Tabel 6 : Lembar Pengamatan 3 (pada siklus 1 dan 2)
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Memperhatikan
penjelasan guru
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanya kepada
guru
|
|
|
|
|
|
3
|
Mencatat/menyalin/menulis
hasil
|
|
|
|
|
|
4
|
Berdiskusi
mengerjakan LKS
|
|
|
|
|
|
5
|
Menjawab/menanggapi
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
6
|
Menyimpulkan
kembali hasil diskusi
|
|
|
|
|
|
7
|
Mengerjakan
soallatihan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||
|
|
Prosentase
Kinerja Guru
|
|
|||
|
|
Kategori
Kinerja Guru
|
|
|||
4.
Refleksi
Refleksi ini merupakan kegiatan dalam menganalisis,
memahami dan membuat kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan dan catatan
lapangan. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil tes dan observasi, serta
menentukan perkembangan kemajuan dan kelemahan yang terjadi, sebagai dasar
perbaikan pada siklus berikutnya.
Pada siklus I,
pelaksanaannya berdasarkan refleksi dari pra siklus dan pelaksanaannya terdiri
dari empat tahap pelaksanaan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Dalam proses kegiatan
pembelajaran siklus I ini masih banyak ditemukan kelemahan-kelemahannya dan di
sini diadakan perbaikan yaitu siklus II.
Berdasarkan pengamatan dan refleksi dari siklus I, dalam
penelitian ini ternyata pada siklus II telah terjadi peningkatan yang cukup
signifikan, sehingga dengan siklus II ini dirasa telah cukup karena
keberhasilan pembelajaran telah dicapai. Jadi pada silkus ini merupakan siklus
pamungkas dalam perbaikan pembelajaran.