#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Tuesday, March 27, 2012

BAB IV PKP UT Kelas V PKn Oleh Maria

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  A.     DeskrPKni Hasil Penelitian
1.                                                                            Hasil/Temuan yang Diperoleh
Pada setiap akhir pembelajaran baik siklus I, maupun siklus II,  selalu diadakan tes evaluasi dan pengamatan. Hasil tersebut akan disajikan dalam bentuk tabel yang memuat isi keseluruhan hasil / temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian. Hasil tersebut diperoleh dari catatan-catatan peneliti sendiri dan catatan-catatan guru pendamping atau teman sejawat.
Tabel 7 : Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn
NO
NAMA SISWA
SIKLUS
I
II
1
Ailul Umayah
45
65
2
Badrul Huda
54
71
3
Bagas Prasetyo
60
77
4
Deni Juliansyah
62
81
5
Elya Maeliza
74
95
6
Laela Aniyatul Ahida
45
65
7
Feni Indah Rosita
36
55
8
Monik Agustina
65
83
9
M. Iqbal Tajudin
70
90
10
M. Royan Soib
75
93
11
Rizky Alwifiyan
53
74
12
Rio Rizkyawan
35
54
13
Sulton Aziz
66
83
14
M. Saifudin
65
86
15
Wahyudi
61
77
16
Aditia Febriana
72
95
17
Asrul Fauzaki
40
65
18
Adi Darmawan
45
66
19
Dimas Aulia
71
91
20
Febri Prihantoro
66
88
JUMLAH
1160
1554
RATA-RATA
58,00
77,70





Sumber : Data Nilai Kelas

2.                                                                                 Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan dapat dilihat dari hasil ulangan yang dilaksanakan dalam pembelajaran pada siklus I dan siklus II dapat disajikan pada tabel berikut ini :
Tabel 8 : Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn
Siklus
Jumlah
Nilai   65
Jumlah Nilai
Rata-rata
Jumlah Siswa
Prosentase
I
20
9
45,00 %
1160
58,00
II
20
18
90,00 %
1554
77,70


B.       Pembahasan
1.                                                                            Siklus I
Pelaksanaan siklus I mata pelajaran PKn  pada hari Rabu tanggal 04 Mei 2011 diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari  15 laki-laki dan 5 anak perempuan. Pertemuan ini berlangsung selama 1 x pertemuan  (2 x 35 menit).
a.         Hasil Belajar Siswa
Data dari tes akhir pada siklus I menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebanyak 9 siswa   atau 45,00 %. Ini berarti kriteria pada siklus I ini pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan belum memenuhi target bahkan masih jauh dari yang diharapkan, yaitu siswa yang mendapat nilai 65 keatas sebesar 85 % atau lebih.
b.         Refleksi
Pada akhir siklus I diperoleh hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan guru teman sejawat terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari keseluruhan yang diamati yaitu :
1)  Guru belum optimal dalam memberikan motivasi pada  siswa untuk belajar;
2)   Guru kurang tegas dalam pembagian kelompok belajar;
3)   Guru kurang memperhatikan pemahaman pada siswa tentang pentingnya kerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah.
4)   Guru belum optimal dalam menanamkan prinsip cara mengkonstruksi sebuah pemahaman pada anak.
Pembelajaran yang kurang memuaskan hasilnya itu juga disebabkan oleh siswa itu sendiri, yaitu :
1)      Sebagian siswa belum memahami hakikat dari pembelajaran yang diikuti;
2)      Dalam kegiatan pembelajaran, siswa banyak yang ribut dan tidak memperhatikan penjelasan guru;
3)      Siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok, tanya jawab, maupun kegiatan lain yang seharusnya dilakukan siswa.
Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yakni pada siklus II.

2.                Siklus II
Pelaksanaan siklus II mata pelajaran PKn dilaksanakan pada  hari Rabu tanggal 18 Mei 2011 diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari  15 laki-laki dan 5 anak perempuan.
a.         Hasil Belajar Siswa
Data dari tes akhir pada siklus II menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas pada mata pelajaran PKn sebanyak 18 siswa dari 20 siswa atau 90,00 %. Ini berarti kriteria pada siklus II mata pelajaran PKn sudah banyak mengalami kemajuan dan sudah memenuhi  target yang diharapkan, yaitu siswa yang  mendapat nilai 65 keatas sebesar 85 % atau lebih, dan hasil yang diperolehnya telah sesuai dengan target yang diharapkan.
b.         Refleksi
Pada akhir siklus II diperoleh hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan, walaupun masih ada beberapa catatan dari pengamatan guru teman sejawat. Namun secara umum pembelajaran PKn dengan pendekatan pembelajaran Mastery Learning pada siklus II sudah lebih baik dari siklus I, dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yakni sudah memenuhi apa yang diharapkan, karena terbukti hasil yang dicapai siswa pada   mata  pelajaran  PKn dengan  nilai lebih dari 65 sebanyak 18 siswa dari jumlah siswa keseluruhan yaitu 20 anak  atau  mencapai   90,00 %.
Hal ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam proses pembelajaran bukan hanya sebagai pengajar, tetapi lebih ditekankan sebagai fasilitator dan motivator. Guru memfasilitasi siswa untuk berhasil dengan memberikan motivasi, dorongan dan pendampingan dalam kegiatan pembelajaran.