BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
DeskrPKni Hasil Penelitian
1.
Hasil/Temuan yang Diperoleh
Pada
setiap akhir pembelajaran baik siklus I, maupun siklus II, selalu diadakan tes evaluasi
dan pengamatan. Hasil tersebut akan disajikan dalam bentuk tabel yang memuat
isi keseluruhan hasil / temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian.
Hasil tersebut diperoleh dari catatan-catatan peneliti sendiri dan
catatan-catatan guru pendamping atau teman sejawat.
Tabel 7 : Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn
|
NO
|
NAMA SISWA
|
SIKLUS
|
||
|
I
|
II
|
|||
|
1
|
Ailul
Umayah
|
45
|
65
|
|
|
2
|
Badrul
Huda
|
54
|
71
|
|
|
3
|
Bagas
Prasetyo
|
60
|
77
|
|
|
4
|
Deni
Juliansyah
|
62
|
81
|
|
|
5
|
Elya
Maeliza
|
74
|
95
|
|
|
6
|
Laela
Aniyatul Ahida
|
45
|
65
|
|
|
7
|
Feni
Indah Rosita
|
36
|
55
|
|
|
8
|
Monik
Agustina
|
65
|
83
|
|
|
9
|
M.
Iqbal Tajudin
|
70
|
90
|
|
|
10
|
M.
Royan Soib
|
75
|
93
|
|
|
11
|
Rizky
Alwifiyan
|
53
|
74
|
|
|
12
|
Rio
Rizkyawan
|
35
|
54
|
|
|
13
|
Sulton
Aziz
|
66
|
83
|
|
|
14
|
M.
Saifudin
|
65
|
86
|
|
|
15
|
Wahyudi
|
61
|
77
|
|
|
16
|
Aditia
Febriana
|
72
|
95
|
|
|
17
|
Asrul
Fauzaki
|
40
|
65
|
|
|
18
|
Adi
Darmawan
|
45
|
66
|
|
|
19
|
Dimas
Aulia
|
71
|
91
|
|
|
20
|
Febri
Prihantoro
|
66
|
88
|
|
|
JUMLAH
|
1160
|
1554
|
||
|
RATA-RATA
|
58,00
|
77,70
|
||
Sumber : Data Nilai Kelas
2.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui Pendekatan
Pembelajaran Mastery Learning pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri 02 Sidomulyo Kecamatan Air Naningan dapat dilihat
dari hasil ulangan yang dilaksanakan dalam pembelajaran pada siklus I dan siklus II dapat
disajikan pada tabel berikut ini :
Tabel 8 : Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn
|
Siklus
|
Jumlah
|
Nilai
|
Jumlah
Nilai
|
Rata-rata
|
|
|
Jumlah
Siswa
|
Prosentase
|
||||
|
I
|
20
|
9
|
45,00 %
|
1160
|
58,00
|
|
II
|
20
|
18
|
90,00 %
|
1554
|
77,70
|
B. Pembahasan
1.
Siklus I
Pelaksanaan siklus I mata pelajaran PKn pada hari Rabu tanggal 04 Mei 2011 diikuti
oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari
15 laki-laki dan 5 anak perempuan. Pertemuan ini berlangsung selama 1 x
pertemuan (2 x 35 menit).
a.
Hasil Belajar
Siswa
Data dari
tes akhir pada siklus I menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 65 ke atas
pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebanyak 9 siswa atau 45,00 %. Ini berarti kriteria pada
siklus I ini pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan belum memenuhi target
bahkan masih jauh dari yang diharapkan, yaitu siswa yang mendapat nilai 65
keatas sebesar 85 % atau lebih.
b.
Refleksi
Pada akhir siklus I diperoleh hasil belajar siswa belum
memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan
guru teman sejawat terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari
keseluruhan yang diamati yaitu :
1)
Guru belum optimal dalam memberikan motivasi pada siswa untuk belajar;
2) Guru kurang tegas
dalam pembagian kelompok belajar;
3) Guru
kurang memperhatikan pemahaman pada siswa tentang pentingnya kerja sama dalam
kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah.
4) Guru
belum optimal dalam menanamkan prinsip cara mengkonstruksi sebuah pemahaman
pada anak.
Pembelajaran yang kurang memuaskan hasilnya itu juga
disebabkan oleh siswa itu sendiri, yaitu :
1)
Sebagian
siswa belum memahami hakikat dari pembelajaran yang diikuti;
2)
Dalam
kegiatan pembelajaran, siswa banyak yang ribut dan tidak memperhatikan
penjelasan guru;
3)
Siswa kurang
aktif dalam diskusi kelompok, tanya jawab, maupun kegiatan lain yang seharusnya
dilakukan siswa.
Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan yang
dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yakni pada siklus II.
2.
Siklus II
Pelaksanaan siklus II mata pelajaran PKn dilaksanakan
pada hari Rabu tanggal 18 Mei 2011
diikuti oleh 20 siswa kelas V yang terdiri dari
15 laki-laki dan 5 anak perempuan.
a.
Hasil Belajar
Siswa
Data dari tes akhir pada siklus II menunjukkan bahwa siswa
memperoleh nilai 65 ke atas pada mata pelajaran PKn sebanyak 18 siswa dari 20
siswa atau 90,00 %. Ini berarti kriteria pada siklus II mata pelajaran PKn
sudah banyak mengalami kemajuan dan sudah memenuhi target yang diharapkan, yaitu siswa yang mendapat nilai 65 keatas sebesar 85 % atau
lebih, dan hasil yang diperolehnya telah sesuai dengan target yang diharapkan.
b.
Refleksi
Pada
akhir siklus II diperoleh hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria
keberhasilan yang ditetapkan, walaupun masih ada beberapa catatan dari pengamatan
guru teman sejawat. Namun secara umum pembelajaran PKn dengan pendekatan
pembelajaran Mastery Learning pada siklus II sudah lebih baik dari siklus I,
dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yakni sudah memenuhi apa yang
diharapkan, karena terbukti hasil yang dicapai siswa pada mata
pelajaran PKn dengan nilai lebih dari 65 sebanyak 18 siswa dari
jumlah siswa keseluruhan yaitu 20 anak
atau mencapai 90,00 %.
Hal ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam proses
pembelajaran bukan hanya sebagai pengajar, tetapi lebih ditekankan sebagai
fasilitator dan motivator. Guru memfasilitasi siswa untuk berhasil dengan
memberikan motivasi, dorongan dan pendampingan dalam kegiatan pembelajaran.