#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Thursday, April 26, 2012

TEKS KHUTBAH JUMAT (27-04-2012)


Membuka Pintu Rizki Yang Barakah
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. عِبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
Hadirin Rahimakumullah
Predikat iman dan taqwa inilah yang senantiasa kita syukuri,

PKP UT : MATEMATIKA DAN PKn KELAS V SD DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTAL LEARNING


UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA
PELAJARAN MATEMATIKA DAN PKn



(Laporan)








Oleh

AMINAH
NIM : 814 646 137













UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
2009.2

PKP UT IPA IPS SD : MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES



LAPORAN PKP
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES
PADA MATA PELAJARAN IPA DAN IPS



(Laporan)








Oleh

AMIN SRITEGUH WAHYUNI
NIM : 814 745 829













UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
2009.2


LEMBAR PENGESAHAN

1.
Judul Laporan
:
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DI SD NEGERI  1  MEDASARI KEC. RAWAJITU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
2.   Identitas Peneliti                          :

N A M A                                       : AMIN SRITEGUH WAHYUNI
NIM                                               : 814 745 829
PROGRAM STUDI                    : S-1 PGSD
MASA UJIAN                              : 2009.2
KELOMPOK BELAJAR                        : BUMI DIPASENA
 

3.   Lokasi Penelitian                         :

NAMA SEKOLAH                      : SD NEGERI 1 MEDASARI
KELAS                                         : IV (EMPAT)
MATA PELAJARAN                  : IPA  DAN  IPS
ALAMAT                                      : Medasari Kec. Rawajitu Selatan
                                                        Kab. Tulang Bawang
 

4.   Lama Penelitian                        : 1 Bulan (3 Siklus Pembelajaran)


Bumi Dipasena,     Nopember 2009
Mengetahui                                            Mahasiswa
Supervisor



RODIANTO, S.Pd. M.Pd.                     AMIN SRITEGUH WAHYUNI
NIP. 19730515199903 1 004              NIM.  814 745 829

ii

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Tuhan Seru sekalian Alam, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang setia mengagungkan asma-Nya. Atas Rahmat tersebut kami dapat menyelesaikan penelitian dan laporannya dari awal hingga akhir alhamdulillah berjalan lancar, sesuai dengan yang diharapkan.

Tuesday, April 24, 2012

BAB I : PTK KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai makhluk sosial melakukan interaksi dengan lingkungannya, terutama berinteraksi dengan sesama manusia. Dalam melakukan interaksi manusia membutuhkan media interaksi, yaitu komunikasi. Melalui komunikasi, interaksi menjadi lebih bermakna dan mempengaruhi segala aspek kehidupannya. Dengan komunikasi pula manusia dapat menyampaikan segala keinginannya, menyampaikan informasi, berpendapat, baik secara verbal (melalui lisan) maupun secara non verbal.
Hakikat pembelajaran Bahasa Indonesia ialah peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa meliputi empat aspek, yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara.
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman di lapangan diketahui bahwa di antara ke empat aspek tersebut, kemampuan berbicara siswa dalam proses pembelajaran masih rendah terutama bagi siswa kelas rendah sekolah dasar. Hal ini terlihat pada hasil tes awal kemampuan komunikasi lisan dengan nilai rata-rata 5,9 dan tingkat keberhasilannya mencapai 60 %, karena dari 30 siswa kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat terdapat 18 siswa (60%) yang memperoleh hasil sesuai yang ditargetkan, dan 12 siswa (40%) yang memperoleh hasil di bawah standar. Padahal kemampuan berbicara ini sangat penting dimiliki oleh siswa karena sangat mendukung terjadinya proses komunikasi secara lisan. Dengan belajar berbicara siswa dapat belajar berkomunikasi dengan baik, bahkan sebagian besar aktivitas kehidupan manusia membutuhkan dukungan kemampuan berbicara. Oleh karena itu kemampuan berbicara telah diajarkan sejak siswa duduk di kelas I melalui pembelajaran keterampilan berbicara.
Berbicara merupakan suatu proses penyampaian informasi, ide atau gagasan dari pembicara kepada pendengar. Si pembicara berdudukan sebagai komunikator sedangkan pendengar sebagai komunikan. Informasi yang disampaikan secara lisan dapat diterima oleh pendengar apabila pembicara mampu menyampaikannya dengan baik dan benar. Dengan demikian, kemampuan berbicara merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kemahiran seseorang dalam penyampaian informasi secara lisan.
Agar pembicaraan itu mencapai tujuan, pembicara harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Hal ini bermakna bahwa pembicara harus memahami betul bagaimana cara berbicara yang efektif sehingga orang lain (pendengar) dapat menangkap informasi yang disampaikan pembicara secara efektif pula.
Di lingkungan sekolah, interaksi antar siswa dan guru sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Apabila interaksi antara siswa dan guru dapat berjalan dengan baik maka pencapaian hasil belajarnya juga baik. Namun apabila interaksi antara siswa dan guru kurang baik maka akan menyebabkan hasil belajar mereka menjadi rendah.
Salah satu upaya meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan bagi siswa di kelas rendah adalah dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Strategi belajar-mengajar dalam pendekatan komunikatif didasarkan pada cara belajar siswa/mahasiswa aktif, yang sekarang dikenal dengan istilah Student Centered Learning (SCL). Cara belajar aktif merupakan perkembangan dari teori Dewey Learning by Doing (Pannen, dkk.2001:42). Dengan pendekatan komunikatif tersebut diharapkan rendanya kemampuan siswa kelas III SD Negeri 3 Waringinsari dalam berkomunikasi secara lisan dapat ditingkatkan sesuai target standar yang diharapkan. Dalam Kurikulum Sekolah Dasar 2006 (Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006:81) telah menetapkan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah siswa diharapkan memiliki kemampuan, di antaranya yaitu kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.  Atas dasar pemikiran tersebut penulis mengangkat sebuah judul dalam skripsi ini yaitu : “Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Secara Lisan dengan menggunakan Pendekatan Komunikatif pada siswa Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Sukoharjo Pringsewu”.

B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat diidentifikasikan masalah penelitian sebagai berikut:
1.    Pembelajaran yang dilakukan masih dilaksanakan secara terpisah (belum secara holistic).
2.    Guru belum menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
3.    Kemampuan komunikasi secara lisan masih rendah
C.    Pembatasan Masalah
1.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka masalah dalam penelitian ini perlu dibatasi antara lain:
a.  Meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan.
b. Menggunakan pendekatan komunkatif.
2. Rumusan Masalah dan Permasalahan
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan masalah penelitian adalah : “rendahnya kemampuan komunikasi secara lisan siswa kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat”.
Untuk itu permasalahan yang diajukan adalah sebagai berikut :
Apakah  pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan bagi siswa kelas  III  SD  Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo  tahun  pelajaran 2011/2012?

Dengan demikian judul penelitian tindakan kelas ini adalah: Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi secara Lisan dengan Menggunakan Pendekatan komunikatif di Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012.” 
D.  Tujuan Penelitian
Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan: Proses  pembelajaran  Keterampilan berkomunikasi secara lisan siswa  kelas  III  SD  Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo  tahun  pelajaran 2011/2012 menggunakan pendekatan komunikatif.

E.  Manfaat Penelitian
1. Manfaat teoritis
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai:
a.  Bahan kajian dalam meningkatkan kualitas kemampuan komunikasi secara lisan
b. Menerapkan pembelajaran temati.
2.  Manfaat praktis
a.  Bagi siswa
1)  Memberi kemudahan bagi siswa dalam menemukan ide / caraberkomunikasi secara lisan.
2)  Menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
3)  Mengoptimalkan penggunaan pebelajaran tematik.
b.   Bagi guru
1) Mengatasi  kesulitan  pembelajaran  berkomunikasi secara lisan  yang  dialamisiswa.
2)  Menjadi  acuan  bagi  guru  untuk  membuat  pembelajaran keterampilan komuniksasi secara lisan yang kreatif dan inovatif.

c.  Bagi peneliti
1)  Mengaplikasikan teori yang diperoleh.
2)  Menambah   pengalaman   peneliti   dalam   penelitian   yang   terkait dengan pembelajaran keterampilan berkomunikasi secara lisan.




PTK ; PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF


PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU








Disusun oleh :

SUKINAH
1013119076







PROGRAM S-1 PGSD DALAM JABATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012
PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU





SKRIPSI

Sebagai Salah Satu Syarat untuk mencapai Gelar
SARJANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (S.Pd.SD)

Oleh :
SUKINAH


Pada

Program Studi S-1 PGSD
Jurusan Ilmu Pendidikan




PROGRAM S-1 PGSD DALAM JABATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012
ABSTRAK

PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU

Oleh
Sukinah

Rendahnya kemampuan komunikasi secara lisan pada siswa Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu merupakan masalah  yang harus segera dicari jalan keluarnya oleh guru. Salah satu factor penyebabnya adalah metode yang selama ini dilakukan guru dalam pembelajarannya adalah metode konvensional yang berpusat pada guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan melalui pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu,
Penelitiam ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi, dan pada setiap akhir pertemuan dilakukan tes kemampuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang diajarkan.
Metode yang digunakan adalah  metode deskriptif kualitatif artinya data yang dihimpun kemudian disusun secara sistematis lalu diinterpretasikan, dan dianalisa sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan pada Hal ini dapat diketahui pada hasil tes pada setiap siklus. Hasil tes tindakan setiap siklus, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 81. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai ketuntasan sebesar 73,33 %,  dan siklus II mencapai ketuntasan sebesar 93,33%. 
Pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan aktivitas kemampuan komunikasi secara lisan siswa kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Pringsewu pada pembelajaran tematik dengan tema pekerjaan. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas siklus I mencapai 64,25 (71,94%) dan meningkat mrnjadi 78,75 (87,5%) pada siklus II.
LEMBAR PENGESAHAN

Judul
:
PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU
NAMA
:
SUKINAH
NPM
:
1013119076
PROGRAM  STUDY   
:
S-I PGSD  Dalam  Jabatan
FAKULTAS
:
Keguruan dan  Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS  LAMPUNG   







Bandar Lampung,   April 2012
Dosen Pembahas
Dosen Pembimbing





Dra. SASMIATI, M.Hum.
NIP. 19560424 198103 2003





Dr. RISWANTI RINI, M.Si.
NIP. 19600328 198603 2002




SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama                             : SUKINAH
NPM                              : 1013119076
Program studi                :  S-1 PGSD Dalam Jabatan
Fakultas                         : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi           : Universitas Lampung
Judul                     : Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Secara Lisan Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu.

Menyatakan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri, dan sepengetahuan saya tidak berisi materi yang telah dipublikasikan atau ditulis oleh orang lain atau telah digunakan dan diterima sebagai persyaratan penyelesaian studi pada Universitas atau Institut lain.



                                                      Bandar Lampung, 20   April 2012
                                                      Yang Membuat Pernyataan


                                                      SUKINAH
                                                      NPM. 1013119076





RIWAYAT HIDUP

Sukinah, lahir di Waringinsari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu pada tanggal 29 Juni 1962. Anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Ayah Ahmad Dimejdo dan Ibu Juminah.
Pendidikan yang telah ditempuh penulis adalah sebagai berikut :
1.                  Pendidikan Dasar ditempuh di SD Negeri Waringinsari  lulus pada tahun 1976.
2.        Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di SMP Negeri Pringsewu lulus pada tahun1982.
3.        Sekolah Pendidikan Guru (SPG) KH. Gholib Pringsewu lulus pada tahun 1985.
4.        Pendidikan Diploma II (D-II) PGSD Universitas Terbuka selesai pada tahun 2004
5.        Tahun 2010 terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Lampung program S-1 PGSD dalam jabatan.









HALAMAN PERSEMBAHAN

PTK  kupersembahkan kepada :

1.      Suamiku tersayang (Tumiranuddin) dan Anak – anaku tercinta Nur Hidayah, Umi Ma’sum, dan Salwa Azizah yang selalu setia memberi semangat dalam meraih cita-cita hidupku.
2.      Kakak  dan adik – adikku tercinta yang senantiasa memberikan do’a, saran dan dukungan terhadap penulis.
3.      Kepala Sekolah, Guru, dan Pegawai Sekolah SD negeri 3 Waringinsari Barat, yang telah memberikan dorongan semangat dan bantuan untuk menyelesaikan penelitian ini.
4.      Sahabat – sahabat terdekat yang telah memberikan dukungan, saran, semangat, do’a dan motivasi selama proses pembuatan sehingga terciptanya PTK ini.
5.      Almamater tercinta Universitas Lampung.

Semoga PTK ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amin.


                                                                                 Penulis



                                                                                 SUKINAH       
                                                                 







MOTTO

“Jangan jadikan setiap kegagalan menjadi sebuah keterpurukan, melainkan jadikanlah sebagai semangat, karena sesungguhnya kegagalan itu adalah awal datangnya keberhasilan”. (Arsip Pribadi)


















KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala karunia dan kehendak-Nya lah, akhirnya penelitian yang penulis lakukan dapat terselesaikan sebagai upaya peningkatan kualiatas pembelajaran khususnya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan di sekolah, melalui pendekatan komunikatif.
Skripsi yang berjudul “Peningkatan kemampuan komunikasi secara lisan dengan menggunakan Pendekatan Komunikatif di Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat  ini diajukan untuk memenuhi persyaratan meraih gelar Sarjana Pendidikan Program S-1 PGSD dalam jabatan di Universitas Lampung tahun 2012.
Dengan selesainya penyusunan skripsi ini perkenankanlah penulis mengucapakan terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Bapak Dr. Hi. Bujang Rohman, M. Si., selaku Dekan FKIP UNILA
2.      Bapak Drs. Baharuddin Risyak, M.Pd., selaku Ketua Jurusan
3.      Ibu Dr. Riswanti Rini, M,Si , selaku dosen Pembimbing
4.      Ibu Dra. Sasmiati, M.Hum., selaku dosen Pembahas
5.      Bapak Dr. Hi. Darsono, M.Pd. selaku Ketua Program Studi
6.      Bapak Lasiman, A.Ma. dan segenap Dewan Guru dan Karyawan SD negeri 3 Waringinsari Barat
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karenanya kritik dan saran yang konstruktif senantiasa diharapkan demi perbaikannya. Semoga  skripsi yang dipersembahkan penulis dapat memberikan sumbangan bagi dunia pendidikan yang selalu menghadapi tantangan – tantagan seiring dengan tuntutan aman.

                                                                              Pringsewu,  20 April  2012
                                                                              Penulis


                                                                             SUKINAH
     1013119076
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL  ………………………………………………………….
i
ABSTRAK …………………………………………………………………….
ii
LEMBAR PENGEHAHAN ………………………………………….………..
iv
SURAT PERNYATAAN ……………………………………………………...
v
RIWAYAT HIDUP ……………………………………………………………
vi
PERSEMBAHAN ……………………………………………………………..
vii
MOTTO ………………………………………………………………………..
viii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………
ix
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..
x
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………..
xiii
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………….
xv

BAB   I
:
PENDAHULUN



A.
Latar Belakang Masalah ………………………..…..……
1


B.
Identifikasi Masalah …………………………..…………
3


C.
Pembatasan  Masalah …………………………………….
4


D.
Tujuan Penelitian ..……………………………..………..
5


E.
Manfaat Penelitian ……………………………..………..
5

BAB   II
:
KAJIAN PUSTAKA



A.
Belajar dan Pembelajaran …......…………………....……
7



1. Konsep Belajar dan Pembelajaran ……………...……..
7



2. Teori-teori Belajar ………………..…………...………
8



3. Hasil Belajar …………………………………………..
13


B.
Berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia …………...……




1. Komunikasi Lisan ………....……………………..……
15



2. Strategi Berkomunikasi Lisan ………………...……….
18


C.
Pendekatan Komuniktif  ……………………………..…..
26


D.
Penelitian yang relevan …………………………………..
35


E.
Kerangka Berpikir ………………………………….……
37


F.
Hipotesis Tindakan ……………………………….……..
38

BAB   III
:
METODE PENELITIAN



A.
Setting Penelitian …………………………………….…
39



1. Subjek Penelitian ……………………………………..
39



2. Lokasi Penelitian ……………………………….……..
39



3. Waktu ………………………………………………….
39


B.
Sumber Data …………………………………………….
40


C.
Teknik Pengumpulan Data ………………………………
40


D.
Alat Pengumpulan Data ……………………………...….
41


E.
Teknik Analisa Data …………………………………….
41


F.
Prosedur Penelitian ………………………………………
42


G.
Urutan Tindakan Penelitian ………………...………….
44



Siklus I …………………………………...……………..    
44



1. Perencanaan Tindakan ………………………….……
44



2.  Pelaksanaan Tindakan Siklus I …………….……….
44



3. Tahap Pengamatan / Observasi ……………….……..
50



4. Tahap Refleksi ……………………………...…….….
50



Siklus II …………………………………………………
51



1. Perencanaan Tindakan …………………………….…
51



2.  Pelaksanaan Tindakan Siklus II ………………….…   
51



3. Tahap Pengamatan / Observasi ………………....…..
54



4. Tahap Refleksi ……………………………...……….
54


H.
Indikator Kinerja ……………………………...………..
55

BAB   IV
:
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN



A.
Deskripsi Pelaksanaan Tindakan Kelas ………………….
56



1. Gambaran Umum Objek Penelitian …………………..
56



2  Penetapan Kelas dan Waktu Penelitian ……...………..
56


B.
Hasil Penelitian …………………………….……..……..
57



1. Siklus I ……………..……………………...…………..
57



2. Siklus II ……………………………………………….
80


C.
Pembahasan Hasil Penelitian ………………..…………..
94



1. Siklus I ……………………………………..…………
94



2. Siklus II ……………………………..…………..…….
98


D.
Kemampuan Komunikasi secara Lisan Melalui Pendekatan Komunikatif ………………………………..
101

BAB   V
:
KESIMPULAN DAN SARAN



A.
Kesimpulan …………………………………….……….
102


B.
Saran …………………………………………………….
103

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN














DAFTAR TABEL
2.1
:
Peranan Peserta Didik dan Guru dalam Pembelajaran Konstruktivisme ………………………………………..
10




4.1 

Jadwal Kegiatan Penelitian Kelas III SDN 3 Waringinsari ……………………………………………
57




4.2  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1
(Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS)  .................
59




4.3  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1
(Mata Pelajaran Matematika) ..........................................
59




4.4

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan 1 .......................................................
60




4.5 

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 1 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat .
61




4.6

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1 …………………………………………….
62




4.7  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus I Pertemuan 2 (Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS)  .............................
67




4.8  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus I Pertemuan 2        (Mata Pelajaran Matematika) ..........................................
67




4.9

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan II .......................................................
68




4.10

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 2 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat .
69




4.11

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran
Siklus I Pertemuan 2  …………………………………...
70




4.12  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3
(Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS)  ...................
74




4.13  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3
(Mata Pelajaran Matematika)  .........................................
75




4.14

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan 3 .......................................................
75




4.15 

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 3 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ..
77




4.16 

Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Tes Formatif Siklus I (Pertemuan 1, 2, dan 3) Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat  ……………………………………..
77




4.17

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3  ……………………………………………
79




4.18  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus II Pertemuan 1  ............
82




4.19

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus II Pertemuan 1  .....................................................
83




4.20 

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus II Pertemuan 1 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ..
84




4.21

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II Pertemuan 1  ……………………………………………
85




4.22  

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan    Pembelajaran Siklus II Pertemuan 2  ............
89




4.23

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus II Pertemuan 2  .....................................................
89




4.24 

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus II Pertemuan 2 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat 
91




4.25

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II Pertemuan 2 …………………………………………….
92




4.26

Distribusi Peningkatan Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I dan II Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat 
101



DAFTAR GAMBAR

1  :  Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas ………………………     3

 PTK ini diujikan pada Hari Jumat 20-04-2012