SECARA LISAN MELALUI
PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD
NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN
SUKOHARJO PRINGSEWU
Disusun oleh :
SUKINAH
1013119076
PROGRAM S-1
PGSD DALAM JABATAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2012
PENINGKATKAN
KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN
MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD
NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN
SUKOHARJO PRINGSEWU
SKRIPSI
Sebagai Salah
Satu Syarat untuk mencapai Gelar
SARJANA
PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (S.Pd.SD)
Oleh :
SUKINAH
Pada
Program Studi
S-1 PGSD
Jurusan Ilmu
Pendidikan
PROGRAM S-1
PGSD DALAM JABATAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2012
ABSTRAK
PENINGKATKAN
KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN
MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD
NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN
SUKOHARJO PRINGSEWU
Oleh
Sukinah
Rendahnya
kemampuan komunikasi secara lisan pada siswa Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari
Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu merupakan masalah yang harus segera dicari jalan keluarnya oleh
guru. Salah satu factor penyebabnya adalah metode yang selama ini dilakukan
guru dalam pembelajarannya adalah metode konvensional yang berpusat pada guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi secara lisan melalui pendekatan komunikatif dalam
pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Waringinsari Barat
Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu,
Penelitiam
ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali
pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanan, pengamatan, dan refleksi, dan pada setiap akhir pertemuan dilakukan
tes kemampuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai
materi yang diajarkan.
Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif artinya data yang
dihimpun kemudian disusun secara sistematis lalu diinterpretasikan, dan
dianalisa sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala
yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan,
dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian yang diperoleh
adalah bahwa pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan pada
Hal ini dapat diketahui pada hasil tes pada setiap siklus. Hasil tes tindakan setiap siklus, pada siklus I memperoleh nilai
rata-rata 69, dan siklus II memperoleh nilai
rata-rata 81. Keterlaksanaan dari
siklus I mencapai ketuntasan sebesar 73,33 %,
dan siklus II mencapai ketuntasan sebesar 93,33%.
Pembelajaran dengan pendekatan
komunikatif dapat meningkatkan aktivitas kemampuan komunikasi
secara lisan siswa kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat
Pringsewu pada pembelajaran tematik dengan tema
pekerjaan. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas siklus I mencapai 64,25 (71,94%) dan meningkat mrnjadi 78,75 (87,5%) pada siklus II.
LEMBAR
PENGESAHAN
Judul
|
:
|
PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SECARA
LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI
BARAT KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU
|
NAMA
|
:
|
SUKINAH
|
NPM
|
:
|
1013119076
|
PROGRAM STUDY
|
:
|
S-I PGSD Dalam
Jabatan
|
FAKULTAS
|
:
|
Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS LAMPUNG
|
Bandar Lampung,
April 2012
Dosen Pembahas
|
Dosen Pembimbing
|
Dra. SASMIATI, M.Hum.
NIP. 19560424 198103 2003
|
Dr. RISWANTI RINI, M.Si.
NIP. 19600328 198603 2002
|
SURAT
PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama
: SUKINAH
NPM : 1013119076
Program
studi : S-1 PGSD Dalam Jabatan
Fakultas
: Keguruan dan
Ilmu Pendidikan
Perguruan
Tinggi : Universitas Lampung
Judul : Peningkatkan Kemampuan
Komunikasi Secara Lisan Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas III SD Negeri 3
Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu.
Menyatakan
bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri,
dan sepengetahuan saya tidak berisi materi yang telah dipublikasikan atau
ditulis oleh orang lain atau telah digunakan dan diterima sebagai persyaratan
penyelesaian studi pada Universitas atau Institut lain.
Bandar
Lampung, 20 April 2012
Yang
Membuat Pernyataan
SUKINAH
NPM. 1013119076
RIWAYAT HIDUP
Sukinah, lahir di Waringinsari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten
Pringsewu pada tanggal 29 Juni 1962. Anak kelima dari
enam bersaudara dari
pasangan Ayah
Ahmad Dimejdo dan Ibu
Juminah.
Pendidikan yang telah ditempuh penulis adalah sebagai berikut
:
1.
Pendidikan Dasar ditempuh
di SD Negeri Waringinsari lulus pada
tahun
1976.
2.
Pendidikan Menengah Pertama
ditempuh di SMP Negeri Pringsewu lulus
pada tahun1982.
3.
Sekolah Pendidikan Guru (SPG)
KH. Gholib Pringsewu lulus pada tahun 1985.
4.
Pendidikan Diploma II (D-II) PGSD Universitas Terbuka
selesai pada tahun 2004
5.
Tahun 2010 terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Lampung
program S-1 PGSD dalam jabatan.
HALAMAN PERSEMBAHAN
PTK
kupersembahkan kepada :
1.
Suamiku
tersayang (Tumiranuddin) dan Anak – anaku tercinta Nur Hidayah, Umi Ma’sum, dan
Salwa Azizah yang selalu setia memberi semangat dalam meraih cita-cita hidupku.
2.
Kakak dan adik – adikku tercinta yang senantiasa
memberikan do’a, saran dan dukungan terhadap penulis.
3.
Kepala Sekolah,
Guru, dan Pegawai Sekolah SD negeri 3 Waringinsari Barat, yang telah memberikan
dorongan semangat dan bantuan untuk menyelesaikan penelitian ini.
4.
Sahabat –
sahabat terdekat yang telah memberikan dukungan, saran, semangat, do’a dan
motivasi selama proses pembuatan sehingga terciptanya PTK ini.
5.
Almamater
tercinta Universitas Lampung.
Semoga PTK ini dapat
bermanfaat bagi kita semua, Amin.
Penulis
SUKINAH
MOTTO
“Jangan jadikan setiap kegagalan
menjadi sebuah keterpurukan, melainkan jadikanlah sebagai semangat, karena
sesungguhnya kegagalan itu adalah awal datangnya keberhasilan”. (Arsip Pribadi)
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT, atas segala karunia dan kehendak-Nya lah, akhirnya penelitian yang
penulis lakukan dapat terselesaikan sebagai upaya peningkatan kualiatas pembelajaran
khususnya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan di sekolah, melalui
pendekatan komunikatif.
Skripsi yang berjudul
“Peningkatan kemampuan komunikasi secara lisan dengan menggunakan Pendekatan
Komunikatif di Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ini diajukan untuk memenuhi persyaratan
meraih gelar Sarjana Pendidikan Program S-1 PGSD dalam jabatan di Universitas
Lampung tahun 2012.
Dengan selesainya
penyusunan skripsi ini perkenankanlah penulis mengucapakan terima kasih kepada
yang terhormat :
1.
Bapak
Dr. Hi. Bujang Rohman, M. Si., selaku Dekan FKIP UNILA
2.
Bapak
Drs. Baharuddin Risyak, M.Pd., selaku Ketua Jurusan
3.
Ibu
Dr. Riswanti Rini, M,Si , selaku dosen Pembimbing
4.
Ibu
Dra. Sasmiati, M.Hum., selaku dosen Pembahas
5.
Bapak
Dr. Hi. Darsono, M.Pd. selaku Ketua Program Studi
6.
Bapak
Lasiman, A.Ma. dan segenap Dewan Guru dan Karyawan SD negeri 3 Waringinsari
Barat
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan
skripsi ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karenanya
kritik dan saran yang konstruktif senantiasa diharapkan demi perbaikannya.
Semoga skripsi yang dipersembahkan
penulis dapat memberikan sumbangan bagi dunia pendidikan yang selalu menghadapi
tantangan – tantagan seiring dengan tuntutan aman.
Pringsewu, 20 April 2012
Penulis
SUKINAH
1013119076
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………….
|
i
|
ABSTRAK …………………………………………………………………….
|
ii
|
LEMBAR PENGEHAHAN ………………………………………….………..
|
iv
|
SURAT PERNYATAAN ……………………………………………………...
|
v
|
RIWAYAT HIDUP ……………………………………………………………
|
vi
|
PERSEMBAHAN ……………………………………………………………..
|
vii
|
MOTTO ………………………………………………………………………..
|
viii
|
KATA PENGANTAR …………………………………………………………
|
ix
|
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..
|
x
|
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………..
|
xiii
|
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………….
|
xv
|
BAB
I
|
:
|
PENDAHULUN
|
||
A.
|
Latar Belakang Masalah ………………………..…..……
|
1
|
||
B.
|
Identifikasi Masalah …………………………..…………
|
3
|
||
C.
|
Pembatasan Masalah …………………………………….
|
4
|
||
D.
|
Tujuan Penelitian ..……………………………..………..
|
5
|
||
E.
|
Manfaat Penelitian ……………………………..………..
|
5
|
||
BAB
II
|
:
|
KAJIAN PUSTAKA
|
||
A.
|
Belajar dan Pembelajaran …......…………………....……
|
7
|
||
1. Konsep Belajar dan Pembelajaran ……………...……..
|
7
|
|||
2. Teori-teori Belajar ………………..…………...………
|
8
|
|||
3. Hasil Belajar …………………………………………..
|
13
|
|||
B.
|
Berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia …………...……
|
|||
1. Komunikasi Lisan ………....……………………..……
|
15
|
|||
2. Strategi Berkomunikasi Lisan ………………...……….
|
18
|
|||
C.
|
Pendekatan Komuniktif ……………………………..…..
|
26
|
||
D.
|
Penelitian yang relevan …………………………………..
|
35
|
||
E.
|
Kerangka Berpikir ………………………………….……
|
37
|
||
F.
|
Hipotesis Tindakan ……………………………….……..
|
38
|
||
BAB
III
|
:
|
METODE PENELITIAN
|
||
A.
|
Setting Penelitian …………………………………….…
|
39
|
||
1. Subjek
Penelitian ……………………………………..
|
39
|
|||
2. Lokasi Penelitian ……………………………….……..
|
39
|
|||
3. Waktu
………………………………………………….
|
39
|
|||
B.
|
Sumber Data …………………………………………….
|
40
|
||
C.
|
Teknik Pengumpulan Data ………………………………
|
40
|
||
D.
|
Alat Pengumpulan Data ……………………………...….
|
41
|
||
E.
|
Teknik Analisa Data
…………………………………….
|
41
|
||
F.
|
Prosedur Penelitian ………………………………………
|
42
|
||
G.
|
Urutan Tindakan Penelitian ………………...………….
|
44
|
||
Siklus
I …………………………………...……………..
|
44
|
|||
1.
Perencanaan Tindakan ………………………….……
|
44
|
|||
2. Pelaksanaan
Tindakan Siklus I …………….……….
|
44
|
|||
3. Tahap Pengamatan / Observasi ……………….……..
|
50
|
|||
4. Tahap Refleksi ……………………………...…….….
|
50
|
|||
Siklus II …………………………………………………
|
51
|
|||
1. Perencanaan Tindakan …………………………….…
|
51
|
|||
2. Pelaksanaan
Tindakan Siklus II ………………….…
|
51
|
|||
3. Tahap Pengamatan / Observasi ………………....…..
|
54
|
|||
4. Tahap Refleksi ……………………………...……….
|
54
|
|||
H.
|
Indikator Kinerja ……………………………...………..
|
55
|
||
BAB
IV
|
:
|
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
||
A.
|
Deskripsi Pelaksanaan Tindakan Kelas ………………….
|
56
|
||
1. Gambaran Umum Objek Penelitian …………………..
|
56
|
|||
2 Penetapan Kelas dan Waktu Penelitian
……...………..
|
56
|
|||
B.
|
Hasil
Penelitian …………………………….……..……..
|
57
|
||
1. Siklus I ……………..……………………...…………..
|
57
|
|||
2. Siklus II ……………………………………………….
|
80
|
|||
C.
|
Pembahasan Hasil Penelitian ………………..…………..
|
94
|
||
1. Siklus I ……………………………………..…………
|
94
|
|||
2. Siklus II ……………………………..…………..…….
|
98
|
|||
D.
|
Kemampuan
Komunikasi secara Lisan Melalui Pendekatan Komunikatif ………………………………..
|
101
|
||
BAB V
|
:
|
KESIMPULAN DAN SARAN
|
||
A.
|
Kesimpulan
…………………………………….……….
|
102
|
||
B.
|
Saran …………………………………………………….
|
103
|
||
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
2.1
|
:
|
Peranan Peserta Didik dan Guru dalam
Pembelajaran Konstruktivisme ………………………………………..
|
10
|
4.1
|
Jadwal
Kegiatan Penelitian Kelas III SDN 3 Waringinsari ……………………………………………
|
57
|
|
4.2
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1
(Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS) .................
|
59
|
|
4.3
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1
(Mata Pelajaran Matematika) ..........................................
|
59
|
|
4.4
|
Format Penilaian Aktivitas Belajar
Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan 1 .......................................................
|
60
|
|
4.5
|
Distribusi
Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 1 Kelas III SD Negeri 3
Waringinsari Barat .
|
61
|
|
4.6
|
Observasi
Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1 …………………………………………….
|
62
|
|
4.7
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 2 (Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS)
.............................
|
67
|
|
4.8
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 2 (Mata Pelajaran Matematika)
..........................................
|
67
|
|
4.9
|
Format Penilaian Aktivitas Belajar
Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan II
.......................................................
|
68
|
|
4.10
|
Distribusi
Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 2 Kelas III SD Negeri 3
Waringinsari Barat .
|
69
|
|
4.11
|
Observasi
Aktivitas Guru dalam Pembelajaran
Siklus
I Pertemuan 2 …………………………………...
|
70
|
|
4.12
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3
(Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS) ...................
|
74
|
|
4.13
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3
(Mata Pelajaran Matematika)
.........................................
|
75
|
|
4.14
|
Format Penilaian Aktivitas Belajar
Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan 3 .......................................................
|
75
|
|
4.15
|
Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I
Pertemuan 3 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ..
|
77
|
|
4.16
|
Distribusi
Frekuensi Nilai Rata-rata Tes Formatif Siklus I (Pertemuan 1, 2, dan 3) Kelas
III SD Negeri 3 Waringinsari Barat
……………………………………..
|
77
|
|
4.17
|
Observasi
Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3 ……………………………………………
|
79
|
|
4.18
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus II Pertemuan 1 ............
|
82
|
|
4.19
|
Format Penilaian Aktivitas Belajar
Pada Kegiatan Siklus II Pertemuan 1
.....................................................
|
83
|
|
4.20
|
Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus II
Pertemuan 1 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ..
|
84
|
|
4.21
|
Observasi
Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II Pertemuan 1 ……………………………………………
|
85
|
|
4.22
|
Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus II Pertemuan 2 ............
|
89
|
|
4.23
|
Format Penilaian Aktivitas Belajar
Pada Kegiatan Siklus II Pertemuan 2
.....................................................
|
89
|
|
4.24
|
Distribusi
Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus II Pertemuan 2 Kelas III SD Negeri 3
Waringinsari Barat
|
91
|
|
4.25
|
Observasi
Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II Pertemuan 2 …………………………………………….
|
92
|
|
4.26
|
Distribusi
Peningkatan Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I dan II Kelas III SD Negeri
3 Waringinsari Barat
|
101
|
DAFTAR
GAMBAR
1
: Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas
……………………… 3
PTK ini diujikan pada Hari Jumat 20-04-2012