PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD
TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SINARJAYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU
SKRIPSI
Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi
Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
(S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah
OLEH :
ROSDIYAH
NPM : 0911010948
Jurusan : PGMI/PAI
Pembimbing I : Dr.
H. Yahya AD, M.Pd.
Pembimbing II : Dra.
Hj. Nilawati Tajuddin, M.Si.

PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK
Rumusan
masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah
penerapan model cooperative learning tipe Numbered Head Together
(NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran
kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas
Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi
belajar peserta didik dengan model cooperative learning tipe Numbered
Head Together (NHT) pada
mata pelajaran fiqih pokok bahasan Makanan dan Minuman yang halal dan yang
haram kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2012.
Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta
didik kelas V MIS Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran
2010/2012. Analisis data diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan
peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan
keberhasilan pembelajaran melalui pembelajaran cooperative learning tipe
NHT (Numbered Head Together) mata pelajaran fiqih pokok bahasan makanan
dan minuman yang halal dan yang haram.
Penelitian
dilakukan dengan II Siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan yang
ditetapkan adalah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas V MIS
Islamiyah Sinarjaya Banyumas Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2012 dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT (Numbered
Head Together), yang ditandai dengan rata-rata hasil belajar peserta didik
minimal 65 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%.
Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam
menyelesaikan masalah pada materi pokok makanan dan minuman yang halal dan yang
haram. Pada siklus I rata-rata nilai 71,67 dan prosentase ketuntasan klasikal
72,22%. Pada siklus II rata-rata nilai mencapai 83,89 dan prosentase ketuntasan
klasikal mencapai 94,44%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
fiqih dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT), prestasi/hasil belajar
peserta didik dapat ditingkatkan.
.
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I
Bandar Lampung Telp. (0721) 703260
PERSETUJUAN
|
Judul Skripsi
|
:
|
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH
IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SINARJAYA
KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU
|
|
|
|
|
|
Nama Mahasiswa
|
:
|
ROSDIYAH
|
|
NPM
|
:
|
0911010948
|
|
Jurusan
|
:
|
PGMI / PAI
|
|
Fakultas
|
:
|
Tarbiyah
|
MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung
|
Pembimbing I
|
Pembimbing II
|
|
Dr. H. YAHYA AD,, M.Pd.
NIP. 19590920 198703 1 003
|
Dra. Hj. NILAWATI TAJUDDIN, M.Si.
NIP. 19550826 198303 2 002
|
|
|
|
|
Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah
|
|
|
Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.
|
|
|
NIP.
19560611 198803 1001
|
|
KEMENTERIAN
AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS
TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I
Bandar Lampung Telp. (0721) 703260
PENGESAHAN
|
Skripsi dengan judul : “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH
MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA
PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH
ISLAMIYAH SINARJAYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU”, disusun
oleh : ROSDIYAH, NPM : 0911010948,
Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah
diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada Hari / Tanggal :
|
|||
|
TIM PENGUJI
|
|||
|
|
|||
|
Ketua
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Sekretaris
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Penguji I
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Penguji II
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Dekan Fakultas Tarbiyah
|
|
Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
|
|
NIP. 19611109199003 1 003
|
MOTTO
|
*
$tBur
c%x.
tbqãZÏB÷sßJø9$#
(#rãÏÿYuÏ9
Zp©ù!$2
4
wöqn=sù
txÿtR
`ÏB
Èe@ä.
7ps%öÏù
öNåk÷]ÏiB
×pxÿͬ!$sÛ
(#qßg¤)xÿtGuÏj9
Îû
Ç`Ïe$!$#
(#râÉYãÏ9ur
óOßgtBöqs%
#sÎ)
(#þqãèy_u
öNÍkös9Î)
óOßg¯=yès9
crâxøts
ÇÊËËÈ
|
Artinya
:
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya
(ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka
beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk
memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya,
supaya mereka itu dapat menjaga dirinya, (QS. At Taubah : 122).[*]
PERSEMBAHAN
Ku
persembahkan Skripsi ini kepada:
1.
Ayahandaku Tersayang H. Thohir dan ibundaku
tercinta Hj. Bahariyah yang senantiasa menyayangiku.dan membimbingku, tanpa ada
kata lelah dan bosan,
2.
Suamiku
Tersayang (Alip Aliyudin) yang selalu setia mendampingi dan memotivasi dalam
semua suka dukaku.
3.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4.
Teman-temanku
semua senasib seperjuangan di MI Islamiyah, hanya bisa kuucapkan selamat berjuang dan berkarya untuk yang
terbaik…
5.
Almamaterku IAIN
Raden Intan Lampung
6.
Buah hatiku yang
manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….
RIWAYAT HIDUP
Rosdiyah, dilahirkan di
Sinar Bontor, pada tanggal 20 Maret 1977. Anak ke lima dar rnam bersaudara, darei pasangan Ayah
Hi. Tohir dan ibu Hj.
Bahariyah. Pendidikan
dasar ditempuh di SDN 2 Fajarbaru
Kec. Pagelaran lulus pada tahun 1989. Pendidikan
Menengah Pertama ditempuh di SMPN 2 Sukoharjo Pringsewu
lulus pada tahun1993. dan Sekolah Menengah Atas di MAN Pringsewu lulus pada tahun 1997.
Penulis telah menyelesaikan studi D-2
di IAIN lulus pada tahun 2001, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu
pada program S1 PAI
di Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
KATA
PENGANTAR

Syukur
Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa
Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat,
rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan
rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk
merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi
bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi
diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat
lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini
dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama
Islam. Dan pemilihan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Melalui
Metode Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sinarjaya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu”
dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui
metode Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran Fiqh.
Selanjutnya, penulis
menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai
pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada
pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.
Bapak Prof. Drs.
H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2.
Bapak Dr.
Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan
Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3.
Baoak Dr. H.
Yahya HD, M.Pd., dan Ibu Dra. Hj. Nilawati
Tajuddin, M.Si.. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya
untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4.
Ibu Khodijah,
S.Pd.SD, selaku Kepala MI Islamiyah Sinarjaya yang telah memberikan kesempatan
kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5.
Segenap Dewan
Guru MI Islamiyah Sinarjaya yang telah memberikan dukungan dan
kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.
Ayah dan Ibu
tercinta serta suamiku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun
dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa
sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi
ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna
penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal
'Alamin.
Pringsewu,
16 Februari 2012
Penulis,
ROSDIYAH
NPM. 0911010948
DAFTAR ISI
Halaman
|
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK
…………………………………………………………………..
PERSETUJUAN
PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN
…………………………………………………………….
MOTTO
……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN
…………………………………………………………..
RIWAYAT
HIDUP …………………………………………………………
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR
TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR
GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR
LAMPIRAN …………………………………………………….
|
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xvi
xvii
|
|
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN
|
|
||||
|
|
|
A.
|
Penegasan Judul ………………………………..…….…
|
1
|
|||
|
|
|
B.
|
Alasan Memilih Judul …………………………………..
|
1
|
|||
|
|
|
C.
|
Latar Belakang Masalah …………………………….…
|
4
|
|||
|
|
|
D.
|
Rumusan Masalah .………………………..…………….
|
10
|
|||
|
|
|
E.
|
Hipotesis ………………………………………………..
|
10
|
|||
|
|
|
F.
|
Tujuan dan Kegunan Penelitian
…………………………
|
10
|
|||
|
|
|
G.
|
Metodologi Penelitian ..…………………………………
|
11
|
|||
|
BAB II
|
:
|
LANDASAN TEORI
|
|
||||
|
|
|
A.
|
Konsep Belajar ………………….………………………
|
22
|
|||
|
|
|
|
1. Pengertian Belajar
………………….……………...…
|
22
|
|||
|
|
|
|
2. Teori-teori Belajar ……………………………………
|
25
|
|||
|
|
|
|
3. Tujuan Belajar ………………………………………..
|
28
|
|||
|
|
|
|
4. Prestasi Belajar ……………………………………….
|
29
|
|||
|
|
|
B.
|
Konsep Pembelajaran …………………………………...
|
33
|
|||
|
|
|
|
1. Pengertian Pembelajaran ……………………..…….
|
33
|
|||
|
|
|
|
2. Ciri-ciri Pembelajaran ………………………………
|
34
|
|||
|
|
|
|
3. Unsur-unsur Pembelajaran ………………………….
|
35
|
|||
|
|
|
C.
|
Karakteristik Mata Pelajaran Fiqih MI
…………..…….
|
36
|
|||
|
|
|
|
1. Pengertian Mata Pelajaran Fiqih MI
…………………
|
36
|
|||
|
|
|
|
2. Dasar dan Tujuan Mata Pelajaran
Fiqih MI …………
|
37
|
|||
|
|
|
|
3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Fiqih
MI ……………
|
38
|
|||
|
|
|
|
4. SK dan KD Mata Pelajaran Fiqih MI
…………..……
|
39
|
|||
|
|
|
D.
|
Penerapan Metode Kooperatif Tipe Numbered Head
Together ……………………………………………..…
|
39
|
|||
|
|
|
|
1. Pengertian Metode Pembelajaran
Kooperatif ………..
|
39
|
|||
|
|
|
|
2. Langkah-langkah Pembelajaran
Kooperatif NHT …..
|
41
|
|||
|
|
|
|
3.Pembelajaran Kooperatif tipe NHT
…………………..
|
42
|
|||
|
|
|
|
4. Kelebihan dan Kelemahan
Pembelajaran Kooperatif ..
|
49
|
|||
|
BAB III
|
:
|
PENYAJIAN DATA LAPANGAN
|
|
||||
|
|
|
A.
|
Latar Belakang Objek
Penelitian ….……….……………
|
52
|
|||
|
|
|
|
1. Identitas Madrasah
……………………………………
|
52
|
|||
|
|
|
|
2. Sejarah Berdirinya Madrasah
………………...………
|
52
|
|||
|
|
|
|
3. Letak Geografis ………………………………………
|
53
|
|||
|
|
|
|
4. Visi dan Misi Madrasah ………………………………
|
56
|
|||
|
|
|
|
5. Struktur Organisasi …………………………..………
|
56
|
|||
|
|
|
|
6. Keadaan Guru, Karyawan, dan Siswa
………………..
|
57
|
|||
|
|
|
|
7. Sarana dan Prasarana …………………………………
|
58
|
|||
|
|
|
|
8. Kegiatan Pembelajaran ……………………………….
|
61
|
|||
|
|
|
|
9. Kegiatan Ekstrakurikuler
…………………………….
|
61
|
|||
|
|
|
B.
|
Penyajian Data Lapangan
|
62
|
|||
|
|
|
|
1. Paparan Data Sebelum Tindakan
…………………….
|
62
|
|||
|
|
|
|
2.
Penerapan Metode Kooperative tipe NHT dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Fiqih Peserta Didik
|
66
|
|||
|
|
|
|
a.
Siklus I ………………….………….……..………
|
66
|
|||
|
|
|
|
b.
Siklus II …………………………………..………
|
72
|
|||
|
|
|
|
3. Data Aktivitas Guru selama Kegiatan
Pembelajaran Berlangsung
…………………………………………
|
78
|
|||
|
|
|
|
4.Data Prestasi / Hasil Belajar
Peserta Didik …………..
|
83
|
|||
|
BAB IV
|
:
|
PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
|
|
||||
|
|
|
A.
|
Pengolahan Data ……………………………………….
|
90
|
|||
|
|
|
|
1. Aktivitas Peserta Didik selama kegiatan
Pembelajaran Berlangsung …………………..…….
|
90
|
|||
|
|
|
|
a.
Siklus 1
………………………………………….
|
91
|
|||
|
|
|
|
b.
Siklus II
…………………………………..……
|
92
|
|||
|
|
|
|
2. Aktivitas Guru selama Kegiatan Pembelajaran Berlangsung …………………………………………
|
94
|
|||
|
|
|
|
a.
Siklus 1
………………………………………….
|
95
|
|||
|
|
|
|
b.
Siklus II …………………………………………
|
98
|
|||
|
|
|
|
3. Prestasi Belajar
Peserta Didik selama Kegiatan Pembelajaran
Berlangsung …………………………..
|
99
|
|||
|
|
|
|
a.
Siklus 1
………………………………………….
|
99
|
|||
|
|
|
|
b.
Siklus II
…………………………………....……
|
100
|
|||
|
|
|
B.
|
Temuan Penelitian ……………………………………..
|
103
|
|||
|
|
|
|
1. Temuan Siklus I …………………………………….
|
104
|
|||
|
|
|
|
2. Temuan Siklus II ……………………………………
|
104
|
|||
|
|
|
C.
|
Analisa
Data ……………………………………………
|
105
|
|||
|
BAB V
|
:
|
KESIMPULAN DAN PENUTUP
|
|
||||
|
|
|
A.
|
Kesimpulan ……………………………………..………
|
108
|
|||
|
|
|
B.
|
Saran-saran …………………………………………...…
|
109
|
|||
|
DAFTAR KEPUSTAKAAN
……………………………………………….
|
|
||||||
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
………………………………………………...
|
|
||||||
DAFTAR
TABEL
|
Tabel 1
|
:
|
Hasil Ulangan Tes awal Prestasi Belajar Peserta didik
........
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 2
|
:
|
Klasifikasi
hasil persesntase skor prestasi belajar ………...
|
20
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 3
|
:
|
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata pelajara Fiqih MI …………………………………………………
|
39
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 4
|
:
|
Keadan
Guru MI Sinarjaya 2011/2012 …………………
|
57
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 5
|
:
|
Keadan Siswa MI Islamiyah Sinarjaya 2011/201 ………..
|
58
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 6
|
:
|
Data Ruang MI Islamiyah Sinarjaya 2011/2012 ………….
|
59
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 7
|
:
|
Data Sanitasi air bersih Madrasah ……………………...
|
60
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 8
|
:
|
Data
infrastruktur MI Islamiyah Sinarjaya Tahun 2011/2012 ………………
|
60
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 9
|
:
|
Data peralatan
kantor MI Islamiyah
|
60
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 10
|
:
|
Lembar
Penilaian Tes Awal Pelajaran Fiqih Kelas V MI Islamiyah Sinarjaya Melalui
Metode Ceramah ……………
|
62
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 11
|
:
|
Lembar
Penilaian Tes Awal Pelajaran Fiqih Kelas V MI Islamiyah Sinarjaya Melalui
Metode Ceramah ……………
|
64
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 12
|
:
|
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS
Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan I Siklus I
………………………………………………………
|
67
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 13
|
:
|
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS
Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan 2 Siklus I
………………………………………………………
|
69
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 14
|
:
|
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS
Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012 Siklus II ……
|
73
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 15
|
:
|
Distribusi rata-rata aktivitas peserta didik pada
setiap siklus …………………………………………..……………
|
75
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 16
|
:
|
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 1 Siklus 1 ..................
|
78
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 17
|
:
|
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 2 Siklus 1 ..................
|
80
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 18
|
:
|
Skor Aktivitas Guru pada Siklus II ......................................
|
82
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 19
|
:
|
Hasil
Belajar Fiqih Peserta didik pada Materi Makanan dan
Minuman yang Halal dan Haram Pada Siklus I …………..
|
84
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 20
|
:
|
Hasil
Belajar Fiqih Peserta didik pada Materi Makanan dan
Minuman yang Halal dan Haram Siklus II ………………..
|
85
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 21
|
:
|
Peninglkatan
Prestasi Belajar Fiqih Peserta didik
pada Materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram pada Tes Awal, Siklus I,
dan Siklus II …………………………..
|
87
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 22
|
:
|
Perbandingan
Hasil Penilain Prestasi Belajar Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan
Siklus II Mata Pelajaran Fiqih Melalui Pembelajaran NHT MI Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran
2011/2012 ………………………………………..
|
106
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 23
|
:
|
Peningkatan
Hasil Tes Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata
Pelajaran Fiqih MI Islamiyah Sinarjaya Tahun Pelajaran 2011/2012
………………………………...
|
106
|
DAFTAR
GAMBAR
|
Gambar 1
|
:
|
Alur pelaksanan
Tindakan dalam PTK
|
13
|
|
Gambar 2
|
:
|
Letak Geografis Madrasah
Ibtidaiyah Sinarjaya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu ……………
|
55
|
DAFTAR
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Surat
Ijin Penelitian
2.
Struktur
organisasi MI Islamiyah Sinarjaya
3.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 1
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 2
5.
Kartu
Konsultasi
Judul ini masih menunggu Munaqasyah
di Fak Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung