http://www.4shared.com/rar/1sr5PFUM/TUGAS_PKP_MARIA.html
LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
PENINGKATAN
MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
MELALUI
PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V
SD NEGERI 2 SIDOMULYO
DAN
PENINGKATAN
MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
MELALUI
PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING
PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V
SD NEGERI 2 SIDOMULYO
TAHUN 2010/2011
Oleh :
N A M A : MARIA
N I M : 819 007 286

PROGRAM
S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT
BANDAR LAMPUNG
2011
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)
LAPORAN
TUGAS AKHIR TUTORIAL
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Oleh :
N A M A : MARIA
N I M : 819 007 286
PROGRAM STUDY : S-1 PGSD
MASA UJIAN : 2011.1
POKJAR : ADILUWIH
PROGRAM
S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT
BANDAR LAMPUNG
2011
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)
LAPORAN
TUGAS AKHIR TUTORIAL
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN
Oleh :
N A M A : MARIA
N I M : 819 007 286
PROGRAM STUDY : S-1 PGSD
MASA UJIAN : 2011.1
POKJAR : ADILUWIH
PROGRAM
S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN
UPBJJ-UT
BANDAR LAMPUNG
2011
LEMBAR
IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN
HASIL PERBAIKAN
MATA
PELAJARAN Pendidikan Kewarganegaraan
(IPS)
Nama Mahasiswa : MARIA
NIM :
819 007 286
Program Studi : S 1 PGSD
Tempat Mengajar : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Jumlah Pembelajaran : 3 x Pertemuan
Tempat dan Tanggal
Pelaksanaan : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Pra
Siklus,
Hari Rabu, 27
April 2011
Siklus 1,
Hari Rabu Tanggal 04
Mei
2011
Siklus 2,
Hari Rabu Tanggal 18
Mei
2011
Masalah yang Merupakan
Fokus Perbaikan :
1. Metode pembelajaran
kurang variatif
2. Rendahnya minat
belajar siswa dalam pembelajaran IPS
3. Hasil belajar siswa
rendah
LEMBAR
IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN
HASIL PERBAIKAN
MATA
PELAJARAN ilmu pengetahuan ALAM
(IPA)
Nama Mahasiswa : MARIA
NIM :
819 007 286
Program Studi : S 1 PGSD
Tempat Mengajar : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Jumlah Pembelajaran : 3 x Pertemuan
Tempat dan Tanggal
Pelaksanaan : SD Negeri 02 Sidomulyo Kec. Air Naningan
Pra
Siklus,
Hari Kamis, 28 April 2011
Siklus 1,
Hari Kamis, Tanggal 05
Mei
2011
Siklus 2,
Hari Kamis, Tanggal 19
Mei
2011
Masalah yang Merupakan
Fokus Perbaikan :
1. Metode pembelajaran
kurang variatif
2. Rendahnya minat
belajar siswa dalam pembelajaran IPA
3. Hasil belajar siswa
rendah
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto
Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan
Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar,
1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Haryanto, 2008, Sains
untuk Sekolah Dasar Kelas V, Penerbit Erlangga, Jakarta
Mikarsa Hera
Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas
Terbuka
Slameto, 1995, Belajar
dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am,
2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
The Liang Gie,
1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Wilis Dahar
Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin
S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto
Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan
Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar,
1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Mikarsa Hera
Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas
Terbuka
Slameto, 1995, Belajar
dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am,
2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
The Liang Gie,
1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Widihastuti,
Setiati dan Fajar Rahayuningsih, 2008, Pendidikan Kewarganegaraan,
SD/MI Kelas 5, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta
Wilis Dahar Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT
Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin
S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto
Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan
Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar,
1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Haryanto, 2008, Sains
untuk Sekolah Dasar Kelas IV, Penerbit Erlangga, Jakarta
Mikarsa Hera
Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas
Terbuka
Slameto, 1995, Belajar
dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am,
2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
The Liang Gie,
1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Wilis Dahar
Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin
S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto
Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta
Dimyati dan
Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jaklarta
Hamalik Oemar,
1990, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Tarsito Bandung
Mikarsa Hera
Lestari, dkk., 2007, Pendidikan Anak di SD, Universitas
Terbuka
Slameto, 1995, Belajar
dan faktor-faktor yang mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta
Sardiman, Am,
2006, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta
Sulistiawati,
Endang dan Linda S. Limbong, 2008, Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI
Kelas 4, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
The Liang Gie,
1981, Proses Belajar Mengajar, Tarsito Bandung
Wilis Dahar
Ratna, 1989, Teori-teori Belajar, PT Gelora Aksara Pratama
Winataputra Udin
S., 2005, Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Seru
sekalian Alam, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada
hamba-hamba-Nya yang setia menyebut dan mengagungkan asma-Nya. Hanya atas
rahmat dan ridho-Nya jua lah penulis dapat menyelesaikan penelitian dan Laporan
Pemantapan Kemampuan Profesional ini
dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, tanpa mengalami kendala
yang berarti.
Laporan yang
amat sederhana ini disusun sebagai tugas akhir perkuliahan Universitas Terbuka
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program S-1 PGSD pada mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Dengan
selesainya laporan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Pengelola S-1 PGSD Kelompok
Belajar (Pokjar) Bandungbaru yang telah menyediakan fasilitas dan kesempatan untuk melaksanakan
perkuliahan dan penelitian untuk laporan ini.
2.
Para Dosen UPBJJ-UT Bandar Lampung selaku Pembimbing kegiatan PKP yang
telah memberikan bimbingannya dalam penelitian dan penulisan laporan ini..
3.
Kepala SD Negeri 02 Sidomulyo beserta segenap Dewan Guru dan Teman
Sejawat yang telah memberikan respon positif
untuk melaksanakan penelitian.
4. Rekan-rekan Mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Bandungbaru
sebagai rekan diskusi dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan laporan
ini.
Kami menyadari
sepenuhnya bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami
mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca dan kami berharap kiranya
laporan ini ada manfaatnya, khususnya bagi kami pribadi dan umumnya kepada
segenap pembaca sekalian. Amin.
Bandungbaru, Mei 2011
Penulis,
M A R I A
NIM. 819 007 286
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Seru
sekalian Alam, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada
hamba-hamba-Nya yang setia menyebut dan mengagungkan asma-Nya. Hanya atas
rahmat dan ridho-Nya jua lah penulis dapat menyelesaikan penelitian dan Laporan
Pemantapan Kemampuan Profesional ini
dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, tanpa mengalami kendala
yang berarti.
Laporan yang
amat sederhana ini disusun sebagai tugas akhir perkuliahan Universitas Terbuka
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program S-1 PGSD pada mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Dengan
selesainya laporan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1. Pengelola S-1 PGSD Kelompok
Belajar (Pokjar) Bandungbaru yang telah menyediakan fasilitas dan kesempatan untuk melaksanakan
perkuliahan dan penelitian untuk laporan ini.
2.
Para Dosen UPBJJ-UT Bandar Lampung selaku Pembimbing kegiatan PKP yang
telah memberikan bimbingannya dalam penelitian dan penulisan laporan ini..
3.
Kepala SD Negeri 02 Sidomulyo beserta segenap Dewan Guru dan Teman
Sejawat yang telah memberikan respon positif
untuk melaksanakan penelitian.
4. Rekan-rekan Mahasiswa S-1 PGSD Pokjar
Bandungbaru sebagai rekan diskusi dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan
laporan ini.
Kami menyadari
sepenuhnya bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami
mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca dan kami berharap kiranya
laporan ini ada manfaatnya, khususnya bagi kami pribadi dan umumnya kepada
segenap pembaca sekalian. Amin.
Bandungbaru, Mei 2011
Penulis,
M A R I A
NIM. 819 007 286
HALAMAN
PENGESAHAN
Nama : MARIA
N
I M :
819 007 286
Program
Studi : S-1 PGSD
Tempat
Mengajar : SD Negeri 02
Sidomulyo
Jumlah
Siklus : 2 Siklus
Tempat
Pelaksanaan : SD Negeri 02 Sidomulyo
Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus
Tanggal
Pelaksanaan : 20 April s.d. 21
Mei 2011
Masalah
yang merupakan fokus perbaikan :
1.
Siswa kurang
memahami penjelasan Guru;
2.
Hasil belajar
siswa rendah;
3.
Rendahnya minat
siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
4.
Strategi dan
metode pembelajaran kurang variatif dan
berpusat pada murid.
Bandungbaru, Mei 2011
Peneliti,
MARIA
NIM 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,
Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
HALAMAN
PENGESAHAN
Nama : MARIA
N
I M :
819 007 286
Program
Studi : S-1 PGSD
Tempat
Mengajar : SD Negeri 02
Sidomulyo
Jumlah
Siklus : 2 Siklus
Tempat
Pelaksanaan : SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus
Tanggal
Pelaksanaan : 20 April s.d.
21 Mei 2011
Masalah
yang merupakan fokus perbaikan :
1.
Siswa kurang
memahami penjelasan Guru;
2.
Hasil belajar
siswa rendah;
3.
Rendahnya minat
siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
4.
Strategi dan
metode pembelajaran kurang variatif dan
berpusat pada murid.
Bandungbaru, Mei 2011
Peneliti,
MARIA
NIM
: 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,
Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama : MARIA
N
I M :
819 007 286
Program
Studi : S-1 PGSD
Tempat
Mengajar : SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Jumlah
Siklus : 2 Siklus
Waktu
Pelaksanaan : 20 April s.d.
21 Mei 2011
Tempat
Pelaksanaan : SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus
Masalah
yang merupakan fokus perbaikan :
1. Siswa
kurang memahami penjelasan Guru;
2. Hasil
belajar siswa rendah;
3. Rendahnya
minat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran IPA
4. Strategi
dan metode pembelajaran kurang variatif
dan berpusat pada murid.
Sidomulyo, Mei
2011
Peneliti,
MARIA
NIM
: 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,
Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama : MARIA
N
I M :
819 007 286
Program
Studi : S-1 PGSD
Tempat
Mengajar : SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Jumlah
Siklus : 2 Siklus
Waktu
Pelaksanaan : 20 April
s.d. 21 Mei 2011
Tempat
Pelaksanaan : SD Negeri 02
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus
Masalah
yang merupakan fokus perbaikan :
1. Siswa
kurang memahami penjelasan Guru;
2. Hasil
belajar siswa rendah;
3. Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran
mata pelajaran PKn
4. Strategi dan metode pembelajaran kurang variatif dan berpusat
pada murid.
Sidomulyo, Mei
2011
Peneliti,
MARIA
NIM
: 819 007 286
Mengetahui
Supervisor,
Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
SISTEMATIKA
LAPORAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas :
V (lima)
Waktu :
Tanggal 20 April s.d. 21 Mei 2011
Masalah Yang Akan
Diatasi :
1. Rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan
Alam pada siswa
2. Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
pada siswa
3. Siswa cepat merasa bosan pada pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam
4. Siswa kurang berminat untuk mengetahui dan
menyelidiki hal-hal baru
Cara Mengatasi :
Guru
berupaya melakukan :
- Variasi gaya mengajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
- Variasi dalam pola interaksi belajar Ilmu Pengetahuan Alam
- Penggunaan alat bantu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Hasil :
Setelah
dilakukan upaya perbaikan :
- Siswa tidak merasa cepat bosan dalam kegiatan pembelajaran
- Motivasi belajar siswa meningkat
- Variasi gaya belajar siswa yang beraneka ragam dapat terlayani
- Siswa terlibat dalam proses pembelajaran secara aktif
- Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan
SISTEMATIKA
LAPORAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
V (lima)
Waktu :
Tanggal 20 April s.d. 21 Mei 2011
Masalah Yang Akan
Diatasi :
1. Rendahnya
minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa
2. Rendahnya hasil belajar Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa
3. Siswa cepat merasa bosan pada pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
4. Siswa kurang berminat untuk mengetahui dan
menyelidiki hal-hal baru
Cara Mengatasi :
Guru
berupaya melakukan :
1.
Variasi gaya mengajar dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
2. Variasi dalam pola interaksi belajar Pendidikan
Kewarganegaraan
3. Penggunaan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Hasil :
Setelah
dilakukan upaya perbaikan :
1. Siswa tidak merasa cepat bosan dalam kegiatan
pembelajaran
2. Motivasi belajar siswa meningkat
3. Variasi gaya belajar siswa yang beraneka
ragam dapat terlayani
4. Siswa terlibat dalam proses pembelajaran
secara aktif
5. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan
LEMBAR OBSERVASI
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
: V
(Lima)
Hari/Tanggal
: Kamis,
19 Mei
2011
Fokus
Observasi :
Keterampilan Variasi Pembelajaran
|
No.
|
Aspek yang Diopservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
|
Ada
|
Tidak
|
|||
|
1
|
Variasi
Suara
|
|
|
|
|
2
|
Pemusatan
perhatian
|
|
|
|
|
3
|
Kesenyapan
kelas
|
|
|
|
|
4
|
Mengadakan
Kontak pandang
|
|
|
|
|
5
|
Gerakan
Badan dan Mimik
|
|
|
|
|
6
|
Prubahan
Posisi Guru
|
|
|
|
|
7
|
Kegiatan
Klasikal
|
|
|
|
|
8
|
Kegiatan
Kelompok Kecil
|
|
|
|
|
9
|
Kegiatan
Berpasangan
|
|
|
|
|
10
|
Kegiatan
perorangan
|
|
|
|
|
11
|
Alat
Bantu Pengajaran yang Dapat :
|
|
|
|
|
|
a.
Dilihat
|
|
|
|
|
|
b.
Didengar
|
|
|
|
|
|
c.
Diraba dan dimanipulasi
|
|
|
|
Pengamat,
ANDRIANSYAH,
S.Pd.
NIP 19851216 201101 1 004
LEMBAR OBSERVASI
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaran
Kelas
: V
(Lima)
Hari/Tanggal
: Rabu, 18 Mei
2011
Fokus
Observasi :
Keterampilan Variasi Pembelajaran
|
No.
|
Aspek yang Diopservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
|
Ada
|
Tidak
|
|||
|
1
|
Variasi
Suara
|
|
|
|
|
2
|
Pemusatan
perhatian
|
|
|
|
|
3
|
Kesenyapan
kelas
|
|
|
|
|
4
|
Mengadakan
Kontak pandang
|
|
|
|
|
5
|
Gerakan
Badan dan Mimik
|
|
|
|
|
6
|
Prubahan
Posisi Guru
|
|
|
|
|
7
|
Kegiatan
Klasikal
|
|
|
|
|
8
|
Kegiatan
Kelompok Kecil
|
|
|
|
|
9
|
Kegiatan
Berpasangan
|
|
|
|
|
10
|
Kegiatan
perorangan
|
|
|
|
|
11
|
Alat
Bantu Pengajaran yang Dapat :
|
|
|
|
|
|
a.
Dilihat
|
|
|
|
|
|
b.
Didengar
|
|
|
|
|
|
c.
Diraba dan dimanipulasi
|
|
|
|
Pengamat,
ANDRIANSYAH,
S.Pd.
NIP 19851216 201101 1 004
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UPBJJ BANDAR LAMPUNG
LEMBAR KONSULTASI LAPORAN PKP
|
1.
|
Judul Laporan
|
:
|
PENINGKATAN MOTIVASI
DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN
MASTERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA
DAN PKn KELAS V SD NEGERI 2 SIDOMULYO TAHUN
PELAJARAN 2010/2011
|
2. Identitas Peneliti :
N A M
A :
MARIA
NIM :
819 007 286
PROGRAM
STUDI : S-1 PGSD
MASA
UJIAN : 2011.1
KELOMPOK
BELAJAR : ADILUWIH
|
NO
|
HARI
/
TANGGAL
|
HAL-HAL
YANG DIBICARAKAN
|
PARAF
|
|
|
|
|
|
Bandungbaru,
Mei 2011
Supervisor,
Dra. SITI
AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama : MARIA
NIM : 819
007 286
Program
Studi : S-1 PGSD
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Masa
Ujian : 2011.1
|
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
Maksimal
|
Skor
Yang Diperoleh
|
|
1
|
Pendahuluan
|
5
|
|
|
2
|
Perencanaan Perbaikan Pembelajaran
|
|
|
|
a. Identifikasi Masalah
|
8
|
|
|
|
b. Analisis dan Perumusan Masalah
|
8
|
|
|
|
c. Rencana Perbaikan
|
10
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
|
|
|
|
a. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
|
3
|
|
|
|
b. Prosedur Pelaksanaan
|
15
|
|
|
|
c. Hal-hal yang Unik
|
5
|
|
|
|
4
|
Temuan (Hasil yang Diperoleh)
|
|
|
|
a. Hasil Pengolahan Data
|
8
|
|
|
|
b. Deskripsi Temuan dan Refleksi
|
10
|
|
|
|
c. Pembahasan
|
15
|
|
|
|
5
|
Kesimpulan dan Saran Tindak Lanjut
|
|
|
|
a. Kesimpulan
|
6
|
|
|
|
b. Saran Tindak Lanjut
|
7
|
|
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Bandungbaru, Mei 2011
Penilai,
Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama : MARIA
NIM : 819
007 286
Program
Studi : S-1 PGSD
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Masa
Ujian : 2011.1
|
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
Maksimal
|
Skor
Yang Diperoleh
|
|
1
|
Pendahuluan
|
5
|
|
|
2
|
Perencanaan Perbaikan Pembelajaran
|
|
|
|
a. Identifikasi Masalah
|
8
|
|
|
|
b. Analisis dan Perumusan Masalah
|
8
|
|
|
|
c. Rencana Perbaikan
|
10
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
|
|
|
|
a. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
|
3
|
|
|
|
b. Prosedur Pelaksanaan
|
15
|
|
|
|
c. Hal-hal yang Unik
|
5
|
|
|
|
4
|
Temuan (Hasil yang Diperoleh)
|
|
|
|
a. Hasil Pengolahan Data
|
8
|
|
|
|
b. Deskripsi Temuan dan Refleksi
|
10
|
|
|
|
c. Pembahasan
|
15
|
|
|
|
5
|
Kesimpulan dan Saran Tindak Lanjut
|
|
|
|
a. Kesimpulan
|
6
|
|
|
|
b. Saran Tindak Lanjut
|
7
|
|
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Bandungbaru, Mei 2011
Penilai,
Dra. SITI AMINAH
NIP 19600806 198511 2 001
FORMAT KESEDIAAN SEBAGAI TEMAN SEJAWAT
DALAM PENYELESAIAN PKP
Kepada Yth.
Kepala UPBJJ UT Lampung
Di
Bandar Lampung
Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan
bahwa :
Nama :
ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP : 19851216
201101 1 004
Tempat Mengajar : SD Negeri 2 Sidomulyo
Alamat
Sekolah :
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Telepon : -
Menyatakan
bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PKP atas
nama :
Nama : M A R
I A
NIM : 819
007 286
Program Studi : S1 PGSD
Tempat Mengajar : SD Negeri 2 Sidomulyo
Alamat
Sekolah :
Sidomulyo Kecamatan Air Naningan
Telepon : -
Demikian agar surat ini dapat dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Sidomulyo,
02 Mei 2011
Mengetahui
Teman Sejawat
Kepala Sekolah
ZAINAL ABIDIN, S.Pd.
ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP
19680318 199103 1 004 NIP
19851216 201101 1 004
SURAT PERNYATAAN
Nama : M A R I A
NIM : 819 007
286
UPBJJ
UT : Bandar Lampung
Menyatakan
bahwa
Nama :
ANDRIANSYAH, S.Pd.
Tempat
Mengajar : SD Negeri 2
Sidomulyo Kec. Air Naningan
Guru
Kelas : V
(Lima)
Adalah
teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang
merupakan tugas mata kuliah PDGK 4501 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Demikian
pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Sidomulyo, 02 Mei 2011
Teman Sejawat
Yang Membuat Pernyataan
ANDRIANSYAH, S.Pd. M A
R I A
NIP 19851216 201101 1 004 NIM 819 007
286
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ................................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN ..................................................................................... ii
LAPORAN
HASIL PERBAIKAN ..................................................................... iii
SISTEMATIKA
LAPORAN ............................................................................. iv
KATA
PENGANTAR ....................................................................................... v
DAFTAR
ISI .................................................................................................... vi
DAFTAR
TABEL.............................................................................................. viii
BAB I : PENDAHULUN
A. Latar Belakang Masalah ......................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................. 5
C. Tujuan Penelitian ................................................... 5
D. Manfaat Penelitian ................................................. 6
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A.
Pengertian Motivasi Belajar................................... 7
B.
Pengertian Prestasi Belajar .................................... 8
C.
Pengertian Pendekatan Mastery Learning ............ 9
BAB III : PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Subjek Penelitian ........................................................... 12
B. Deskripsi Pelaksanaan Penelitian Per Siklus .......... 13
vi
BAB IV
: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Hasil Penelitian ....................................... 19
1. Hasil Temuan yang Diperoleh ........................... 19
2.
Peningkatan Hasil Belajas Siswa ......................... 20
B.
Pembahasan ............................................................ 20
1.
Siklus I ............................................................... 20
2. Siklus II .............................................................. 22
BAB V : KESIMPULAN DAN TINDAK
LANJUT
A. Kesimpulan .......................................................... 24
B. Saran
dan Tindak Lanjut......................................... 25
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
vii
DAFTAR
TABEL
TABEL
1 : DATA NILAI ULANGAN HARIAN PRA SIKLUS ............... 4
TABEL
2 : LEMBAR PENGAMATAN 1 .................................................... 15
TABEL
3 : LEMBAR PENGAMATAN 2 .................................................... 16
TABEL
4 : LEMBAR PENGAMATAN 3 .................................................... 17
TABEL
5 : NILAI HASIL BELAJAR IPA
SISWA
SIKLUS 1 – 2
............ 19
TABEL
6 : PROSENTASE HASIL BELAJAR IPA
SISWA
...................... 20
TABEL
7 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA
SISWA
................... 19
viii
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................. ii
LAPORAN HASIL PERBAIKAN ............................................................... iii
SISTEMATIKA LAPORAN ......................................................................... iv
KATA PENGANTAR .................................................................................... v
DAFTAR ISI .................................................................................................. vi
DAFTAR TABEL............................................................................................ viii
BAB
I : PENDAHULUN
A. Latar Belakang Masalah ....................................... 1
B. Rumusan Masalah ................................................. 4
C. Tujuan Penelitian .................................................. 4
D. Manfaat Penelitian ................................................ 5
BAB
II : KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian
Motivasi Belajar.................................. 6
B. Pengertian
Prestasi Belajar .................................. 6
C. Pengertian
Pendekatan Mastery Learning .......... 7
BAB
III : PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Subjek Penelitian .......................................................... 9
B. Deskripsi Pelaksanaan Penelitian Per Siklus ........ 10
vi
BAB
IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Hasil Penelitian ...................................... 16
1. Hasil Temuan yang Diperoleh .......................... 16
2.
Peningkatan Hasil Belajas Siswa ....................... 17
B.
Pembahasan ........................................................... 17
1.
Siklus I ............................................................... 17
2.
Siklus II ............................................................. 19
BAB
V : KESIMPULAN
DAN TINDAK LANJUT
A. Kesimpulan .......................................................... 21
B. Saran dan Tindak Lanjut....................................... 22
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
vii
DAFTAR
TABEL
TABEL
1 : DATA NILAI ULANGAN HARIAN PKN PRA
SIKLUS ................................................................ 2
TABEL
2 : RENTANG NILAI PKN PRA SIKLUS ................ 3
TABEL
3 : JADWAL PENELITIAN MAPEL PKn ................. 9
TABEL
4 : LEMBAR PENGAMATAN 1 ............................... 12
TABEL
5 : LEMBAR PENGAMATAN 2 ............................... 12
TABEL
6 : LEMBAR PENGAMATAN 3 ............................... 14
TABEL
7 : NILAI HASIL BELAJAR PKn SISWA
SIKLUS 1 – 2 ...................................................... 16
TABEL
8 : PROSENTASE HASIL BELAJAR PKn SISWA .. 17
TABEL
9 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA 21
viii
LAMPIRAN-LAMPIRAN :