RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/
Pertama
Standar
Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A.
Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B.
Indikator
§ Mendengarkan
pembacaan teks
§ Melengkapi
pernyataan yang sesuai dengan
teks
§ Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§ Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal
penting/ pokok
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan
pembacaan teks
§ Siswa dapat Melengkapi
pernyataan yang sesuai dengan
teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang
didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan
hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Teks Bacaan
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan
yang akan didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks
F Melengkapi pernyatan
yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks
yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca buku lain yang relevan dengan Materi
pelajaran
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode
: Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa dapat
mendengarkan pembacaan teks
· Siswa dapat
melengkapi pernyataan yang sesuai
dengan teks
· Siswa dapat
menentukan hal-hal penting dari teks
yang didengarkan
· Siswa dapat
meringkas teks yang didengarkan
berdasar-kan hal-hal penting/ pokok
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks!
· Ringkaslah teks
yang didengar-kan berdasar-kan
hal-hal penting / pokok!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi :1. Mendengarkan
Memahami
tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu :
2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A.
Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang
dibacakan.
B.
Indikator
§ Mendengarkan cerita anak
§ Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§ Menentukan tokoh
dan sifat tokoh cerita
§ Menentukan latar cerita
§ Menceritakan
kembali cerita yang didengar
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang
didengar
§ Siswa dapat Menentukan
tokoh dan sifat tokoh cerita
§ Siswa dapat Menentukan latar cerita
§ Siswa dapat Menceritakan
kembali cerita yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Cerita anak
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita anak
F Menjawab pertanyaan sesuai
dengan cerita yang didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F Menentukan latar
cerita
F Menceritakan kembali cerita
yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca buku cerita anak
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
· Siswa dapat
mendengarkan cerita anak
· Siswa dapat
menjawab pertanyaan sesuai
dengan cerita yang didengar
· Siswa dapat
menentukan tokoh dan sifat tokoh
cerita
· Siswa dapat
menentukan latar cerita
· Siswa dapat
menceritakan kembali cerita yang didengar
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Uraian
|
· Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita
yang didengar!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
2. Memberikan informasi dan tanggapan
secara lisan
Waktu :
2 X 35 menit
BERBICARA
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menyam-paikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang
runtut,baik dan benar
B.
Indikator
§ Memahami berbagai
jenis iklan
§ Menyampaikan isi iklan secara lisan
§ Mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa
dapat memahami berbagai
jenis iklan
§ Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
§ Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian
menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Teks Iklan
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang iklan
yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami aneka
jenis iklan
F Menyampaikan isi iklan secara
lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari iklan dari surat
kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun iklan
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa dapat
memahami berbagai
jenis iklan
· Siswa dapat
menyampaikan isi iklan secara lisan
· Siswa dapat mencari
iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Carilah iklan di surat kabar kemudian menyampaikan
isinya!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|