#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Friday, April 6, 2012

RPP EEK KELAS VI BAHASA INDONESIA (BERKARAKTER)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   1. Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu  Teks yang dibacakan/didengarkan

B.     Indikator
§  Mendengarkan  pembacaan teks
§  Melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
§  Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§  Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan  pembacaan teks
§  Siswa dapat Melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
§  Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§  Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Teks Bacaan

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan didengar

§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks           
F Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan  pembacaan teks
·  Siswa dapat melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan     teks
·  Siswa dapat menentukan hal-hal  penting dari teks yang  didengarkan
·  Siswa dapat meringkas teks yang  didengarkan berdasar-kan hal-hal    penting/ pokok
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Lengkapi-lah    pernyataan yang sesuai dengan     teks!
·  Ringkaslah teks yang  didengar-kan berdasar-kan hal-hal    penting / pokok!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001

                                                                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi :1.        Mendengarkan
                                          Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.2       Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

B.     Indikator
§  Mendengarkan cerita anak
§  Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§  Menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
§  Menentukan latar cerita
§  Menceritakan  kembali cerita   yang didengar

C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§  Siswa dapat Menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
§  Siswa dapat Menentukan latar cerita
§  Siswa dapat Menceritakan  kembali cerita   yang didengar

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Cerita anak

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita anak       
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F Menentukan latar  cerita
F Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku cerita anak

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan cerita anak
·  Siswa dapat menjawab             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
·  Siswa dapat menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
·  Siswa dapat menentukan latar cerita
·  Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan
Tertulis
Penugasan
Uraian
·  Jawablah             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.1   Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
B.     Indikator
§  Memahami berbagai  jenis iklan
§  Menyampaikan isi iklan secara lisan
§  Mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
C.    Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat memahami berbagai  jenis iklan
§  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
§  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.    Materi Pokok
§  Teks Iklan
E.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami aneka  jenis iklan
F Menyampaikan isi iklan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun iklan

F.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami berbagai                              jenis iklan
·  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
·  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Carilah  iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MI Miftahul Ulum Wr.sari



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
Waringinsari Barat,       Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP  19660718 200501 1 001