RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/
Pertama
Standar
Kompetansi : 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit
BERBICARA
A.
Kompetensi Dasar
2.2 Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu hal disertai alas an yang jelas dengan
menggunakan bahasa yang santun
B.
Indikator
§ Memperagakan
percakapan bersama teman
§ Membuat
kalimat pujian
§ Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
§ Memperagakan percakapan yang telah dibuat
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memperagakan
percakapan bersama teman
§ Siswa dapat Membuat
kalimat pujian
§ Siswa dapat Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan yang telah dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Kalimat pujian
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau
didengarnya
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting
dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa dapat memperagakan perca-kapan bersama teman
· Siswa dapat membuat
kalimat pujian
· Siswa dapat membuat
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
· Siswa dapat
memperagakan percakapan yang telah
dibuat
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah beberapa
kalimat pujian !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/
Pertama
Standar
Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A.
Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskrifsikan
isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
B.
Indikator
§ Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami
bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§ Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§ Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami
bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan
pengamatan
§ Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§ Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Laporan hasil pengamatan
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan yang akan dibaca
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan
bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca laporan hasil pengamatan
F Membahas isi laporan
hasil pengamatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca laporan hasil
pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa dapat membaca
laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat
dalam teks laporan tersebut
· Siswa dapat
menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
· Siswa dapat menyusun
laporan kegiatan sesuai kerangka
· Siswa dapat
melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan
berdasarkan isi laporan pengama-tan !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|