UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA
DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN
KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN AL
QURAN HADITS KELAS VI MADRASAH
IBTIDAIYAH MIFTAHUL
ULUM WARINGINSARI BARAT SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SKRIPSI
Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi
Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
(S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah
OLEH :
ASLIHATUN
NPM : 0911010890
Jurusan : PGMI/PAI
Pembimbing I : Drs. H. ALINIS ILYAS,
M.Ag.
Pembimbing II : Dra.
Y E T R I, M.Pd.

PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK
Al Quran
merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim, yang wajib dijalankan dalam praktek
kehidupan sehari-hari. Untuk bisa mengamalkan secara utuh, baik, dan benar apa
yang terkandung dalam al Quran, maka setiap muslim dituntut untuk mengetahui
isi dan kandungan al Quran. Untuk pembelajaran memahami isi dan kandungan al
Quran telah dilaksanakan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah yaitu pemahaman isi
dan kandungan al Quran surat-surat pendek.
Rumusan masalah
yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah
penerapan model cooperative learning tipe Student Team
Achievement Division (STAD) dapat
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran
2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan model cooperative learning tipe Student
Team Achievement Division (STAD) pada mata
pelajaran al Quran Hadits pokok bahasan memahami isi dan kandungan surat ad
Duha kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta
didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo
Tahun Pelajaran 2011/2012. Analisis data diolah dengan analisis deskriptif
untuk menggambarkan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk
menggambarkan keberhasilan pembelajaran melalui pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) mata pelajaran
al Quran Hadits pokok bahasan memahami isi dan kandungan surat ad Duha.
Penelitian
dilakukan dengan II Siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan yang
ditetapkan adalah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012
dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Student
Team Achievement Division (STAD), yang ditandai
dengan rata-rata prestasi/hasil belajar peserta didik 72,00 pada siklus I dan
meningkat menjadi 85,25 pada siklus II. Demikian pula ketuntasan belajarnya 75%
pada siklus I menjadi 90% pada siklus II.
Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam
menyelesaikan masalah pada materi pokok memahami isi dan kandungan surat ad
Duha. Pada siklus I ke siklus II naik sebesar 13,25, dan prosentase ketuntasan
klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15%. Terdapat dua peserta
didik yang tidak tuntas dikarenakan tidak mencapai skor minimal yang tentukan
yaitu 65.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran al
Quran Hadits dengan menggunakan model cooperative
learning tipe Student Team Achievement Division
(STAD) prestasi/hasil
belajar peserta didik dapat ditingkatkan.
.
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I
Bandar Lampung Telp. (0721) 703260
PERSETUJUAN
|
Judul Skripsi
|
:
|
UPAYA
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT
TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS
VI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM
WARINGINSARI BARAT SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
|
|
|
|
|
|
Nama Mahasiswa
|
:
|
ASLIHATUN
|
|
NPM
|
:
|
0911010890
|
|
Jurusan
|
:
|
PGMI / PAI
|
|
Fakultas
|
:
|
Tarbiyah
|
MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung
|
Pembimbing I
|
Pembimbing II
|
||
|
Drs. H. ALINIS ILYAS, M.Ag.
NIP. 19571115 199203 1001
|
Dra. Y E T R I, M.Pd.
NIP. 19651215 199403 2001
|
||
|
|
|
||
|
Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah
|
|||
|
Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.
|
|||
|
NIP.
19560611 198803 1001
|
|||
KEMENTERIAN
AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS
TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I
Bandar Lampung Telp. (0721) 703260
PENGESAHAN
|
Skripsi dengan judul : “UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA
DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN
KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN
AL QURAN HADITS KELAS VI MADRASAH
IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN
2011/2012”, disusun oleh :ASLIHATUN, NPM
: 0911010890, Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah
pada Hari / Tanggal :
|
|||
|
TIM PENGUJI
|
|||
|
|
|||
|
Ketua
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Sekretaris
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Penguji I
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Penguji II
|
:
|
|
(……………………)
|
|
Dekan Fakultas Tarbiyah
|
|
Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
|
|
NIP. 19611109199003 1 003
|
MOTTO
|
äí÷$#
4n<Î)
È@Î6y
y7În/u
ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/
ÏpsàÏãöqyJø9$#ur
ÏpuZ|¡ptø:$#
(
Oßgø9Ï»y_ur
ÓÉL©9$$Î/
}Ïd
ß`|¡ômr&
4
¨bÎ)
y7/u
uqèd
ÞOn=ôãr&
`yJÎ/
¨@|Ê
`tã
¾Ï&Î#Î6y
(
uqèdur
ÞOn=ôãr&
tûïÏtGôgßJø9$$Î/
ÇÊËÎÈ
|
|
Artinya : Serulah (manusia) kepada
jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka
dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui
tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui
orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS An Nahl : 125).[*]
|
PERSEMBAHAN
Ku
persembahkan Skripsi ini kepada:
1.
Ayah dan ibundaku tercinta (Ngadiman dan Purniati)
yang senantiasa menyayangiku.dan membimbingku, tanpa ada kata lelah dan bosan,
2.
Suamiku
Tersayang (Wahidin) yang selalu setia mendampingi dan memotivasi dalam semua
suka dukaku.
3.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4.
Teman-temanku
semua senasib seperjuangan di MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat, hanya bisa
kuucapkan selamat berjuang dan berkarya untuk yang terbaik…
5.
Almamaterku tercinta
IAIN Raden Intan Lampung
6.
Buah hatiku yang
manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….
RIWAYAT HIDUP
Aslihatun, dilahirkan di
Srimulyo, pada tanggal 15 Juni 1975.
Anak
dari pasangan Ayah
Ngadiman dan ibu Purniati.
Pendidikan dasar ditempuh di SDN 2 Srimulyo Kecamatan Kalirejo lulus
pada tahun 1989. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh
di MTs lulus pada tahun1992. dan Sekolah Menengah Atas di MA lulus pada tahun 1996.
Penulis telah menyelesaikan studi D-2
di IAIN lulus pada tahun 2001, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu
pada program S1 PAI
di Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
Yang membuat
ASLIHATUN
KATA
PENGANTAR

Syukur
Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa
Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat,
rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan
rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk
merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi
bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi
diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat
lupa, lemah dan lalai.
Penulisan
ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama
Islam. Dan pemilihan judul “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa
Melalui Metode Pembelajaran Koperatif
Tipe Student Team Achievement Division Pada Mata Pelajaran Al Quran
Hadits Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Ulum Waringinsari Barat Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012”
dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui
metode Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits..
Selanjutnya, penulis
menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan
berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga
kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.
Bapak Prof. Drs.
H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2.
Bapak Dr.
Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan
Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3.
Bapak Drs. H.
Alinis Ilyas, M.Ag., dan Ibu Dra. Yetri, M.Pd..
selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan
mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4.
Ibu Dra. Etiek
Jukhaeni, selaku Kepala MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat yang telah
memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah
tersebut.
5.
Segenap Dewan
Guru MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat yang telah memberikan dukungan dan
kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.
Ayah dan Ibu
tercinta serta suamiku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun
dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa
sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi
ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna
penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya
Rabbal 'Alamin.
Pringsewu,
16 Februari 2012
Penulis,
ASLIHATUN
NPM. 0911010890
DAFTAR ISI
Halaman
|
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK
…………………………………………………………………..
PERSETUJUAN
PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN
…………………………………………………………….
MOTTO
……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN
…………………………………………………………..
RIWAYAT
HIDUP …………………………………………………………
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR
TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR
GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR
LAMPIRAN …………………………………………………….
|
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xv
xvii
xviii
|
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Penegasan Judul
………………………………….………… 1
B.
Alasan Memilih
Judul ……………………………….……... 3
C.
Latar Belakang
Masalah …………………………….……… 3
D.
Rumusan Masalah
……………………………………..……. 7
E.
Tujuan dan
Kegunaan Penelitian ……………………….…… 7
F.
Metodologi Penelitian
………………………………….…… 8
BAB
II : LANDASAN TEORI
A. Konsep Belajar dan Pembelajaran …………………….……. 20
1. Pengertian Belajar dan Pembelajaran ………….……….
20
2. Prinsip-prinsip Belajar ……………………….………….. 21
3.
Teori-teori
Belajar ……………………………….………
24
4.
Pandangan Islam tentang Belajar ……………………….
26
B. Prestasi Belajar …………………………………….………… 28
1. Pengertian Prestasi Belajar ………………………………. 28
2. Aspek-aspek Prestasi Belajar
……………………………. 29
3. Faktor – faktor yang
Mempengaruhi Prestasi Belajar …… 31
4. Cara Menentukan Prestasi Belajar
………………………. 33
C.
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Division
……………………………………………….……… 33
1. Pengertian Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams
Achievement
Division (STAD) ………………………….
33
2. Komponen-komponen
Pembelajaran Koperatif tipe
Teams Achievement
Division (STAD) ………….……….. 34
3. Langkah-langkah Pembelajaran
Koperatif tipe
Student Team Achievement Division …………….………. 37
D.
Pembelajaran Al Quran Hadits Madrasah Ibtidaiyah …….….. 38
1.
Pengertian Mata pelajaran
Al-Qur’an-Hadits di
Madrasah
Ibtidaiyah …………………………………….. 38
2. Tujuan Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah
Ibtidaiyah …………………………………….………….. 40
3. Ruang Lingkup Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits
di Madrasah
Ibtidaiyah …………………….…………….
40
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ..................... 41
BAB III : PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A.
Latar Belakang Objek Penelitian ………………………….. 42
1.
Identitas Madrasah
……………………………………… 42
2.
Sejarah Berdirinya MIS
Miftahul Ulum Waringinsari
Barat Pringsewu
…………………………………….…… 42
3. Letak Geografis
…………………………………….…… 44
4. Visi dan Misi …………………………………………… 46
5.
Struktur Organisasi …………………………………….. 47
6.
Keadaan Guru, Karyawan dan Peserta didik ………….…
47
7.
Sarana dan Prasarana …………………………………… 49
8.
Kegiatan Pembelajaran ………………………….…….. 51
9. Kegiatan Ekstrakurikuler ……………………………… 52
B. Penyajian Data Lapangan …………………………………. 52
1. Paparan Data Sebelum
Tindakan ……………………….. 52
2.
Penerapan Metode Pembelajaran Koperatif tipe
Student Team Achievement Division (STAD)
dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Peserta
Didik pada Mata Pelajaran Al Quran
Hadits
…………… 57
a. Siklus I …………………………………….………… 57
b. Siklus II …………………………………….………. 63
3. Data Aktivitas Guru selama Kegiatan
Pembelajaran……... 70
4. Data Prestasi/Hasil Belajar Peserta Didik …………...….. 75
BAB IV : PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
A. Pengolahan Data ……………………………………….…… 82
1. Data Aktivitas Peserta Didik selama Kegiatan
Pembelajaran
……………………………………....…… 82
a. Siklus 1
…………………………………………….…. 83
b. Siklus II …………………………………………….… 84
2. Data Aktivitas Guru dalam Pembelajaran ………….…… 86
a. Siklus I ……………………………………….……… 87
b.
Siklus II ………………………………………….….. 90
3. Prestasi Belajar Peserta Didik ………………………….. 90
a. Siklus 1 …………………………………………….. 91
b. Siklus II ……………………………………………. 92
B. Analisa Data ………………………………………….……. 96
BAB V : KESIMPULAN DAN PENUTUP
A. Kesimpulan
……………………………… ……………….. 99
B. Saran ………………………………………………….…... 100
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
|
Tabel 1
|
:
|
Hasil Tes Awal pra siklus Mata
pelajaran asl Quran Hadits Kelas VI MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat
2011/2012
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 2
|
:
|
Klasifikasi Persentase Skor
Prestasi Belajar Peserta Didik ..
|
19
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 3
|
:
|
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar mata pelajaran Al Quran Hadits…………………………………………….
|
41
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 4
|
:
|
Keadaan Guru MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan
Sukoharjo Pringsewu Tahun 2011/2012 ……..
|
48
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 5
|
:
|
Keadaan Siswa MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan
Sukoharjo Pringsewu Tahun 2011/2012 ……..
|
49
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 6
|
:
|
Data Ruang MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012
…………….
|
50
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 7
|
:
|
Data Sanitasi Air Bersih MIS
Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu
2011/2012 ………
|
50
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 8
|
:
|
Data Peralatan Kantor MIS
Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu
2011/2012 ………
|
51
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 9
|
:
|
Lembar Penilaian Peserta Didik
pada Pre Test Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas VI MIS Miftahul Ulum
Waringinsari Barat Sukoharjo Pringsewu …………………
|
53
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 10
|
:
|
Distribusi Skor Pre Test Mata
Pelajaran Al Quran Hadits Kelas VI MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat
Pringsewu Tahun 2011/2012 ………………………………
|
55
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 11
|
:
|
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS
Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan I Siklus
I …………………………………. ……..
|
59
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 12
|
:
|
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS
Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Pertemuan 2 Siklus
I …………………………………………
|
61
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 13
|
:
|
Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta Didik MIS
Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Siklus II
………………………………………………………
|
65
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 14
|
:
|
Distribusi rata-rata aktivitas peserta didik pada
setiap siklus……………………………………………………….
|
67
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 15
|
:
|
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 1 Siklus 1 ..................
|
70
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 16
|
:
|
Skor Aktivitas Guru pada pertemuan 2 Siklus 1 ..................
|
71
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 17
|
:
|
Skor Aktivitas Guru pada Siklus II ......................................
|
73
|
|
|
|
|
|
|
Tabel
18
|
:
|
Hasil
Belajar Al Quran Hadits Peserta didik pada Materi Memahami
Isi Kandungan Surat Ad Duha Siklus I ……….
|
75
|
|
|
|
|
|
|
Tabel
19
|
:
|
Hasil
Belajar Al Quran Hadits Peserta didik pada Materi Memahami
Isi Kandungan Surat Ad Duha Siklus II ………
|
77
|
|
|
|
|
|
|
Tabel
20
|
:
|
Hasil
Belajar Al Quran Hadits Peserta didik pada Materi Memahami
Isi Kandungan Surat Ad Duha ……………….
|
79
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 21
|
:
|
Perbandingan Hasil Penilain Prestasi Belajar
Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Quran
Hadits Melalui Pembelajaran STAD MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun
Pelajaran 2011/2012 ……………
|
97
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 22
|
:
|
Peningkatan Hasil Tes Peserta Didik antara Pre
Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Quran Hadits Melalui Pembelajaran
STAD MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 ………………………………..
|
97
|
DAFTAR
GAMBAR
|
Gambar 1
|
:
|
Alur pelaksanan
Tindakan dalam PTK …………………….
|
9
|
|
Gambar 2
|
:
|
Letak Geografis Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten
Pringsewu …………………………………………………
|
45
|
DAFTAR
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Surat
Ijin Penelitian
2.
Struktur
organisasi MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat
3.
Jadwal
Kegiatan Penelitian
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 1
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 2
6.
Kartu
Konsultasi