PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN AL
QURAN HADITS KELAS IV
MADRASAH
IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN
SRIKATON
KECAMATAN ADILUWIH
KABUPATEN
PRINGSEWU
SKRIPSI
Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi
Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
(S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah
OLEH :
SITI MUHIMATUL ALIYAH
NPM : 0911010925
Jurusan : PGMI/PAI
Pembimbing I : Dra. ISTIHANA,
M.Pd.
Pembimbing II : Dra.
Hj. ETI HADIATI, M.Pd

PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK
Siti
Muhimatul Aliyah, 2012.
”Peningkatan Prestasi
Belajar Melalui Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al
Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu”.
Al Quran Hadits, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
IAIN
Raden Intan Lampung. Pembimbing :Dra.
Istihana, Pd., dan Dra. Hj. Eti Hadiati, M.Pd.
Pembelajaran yang selama ini kita lihat masih
banyak menganut
model
pembelajaran konvensional,
yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu
pula kemampuan peserta
didik untuk aktif
dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajar tidak akan tampak. Pembelajaran konvensional
menganggap guru adalah satu-satunya sumber belajar yang dianggap serba tahu. Hal ini diperkuat oleh hasil observasi yang telah dilkukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian., dan
terbukti saat
pelajaran dimulai banyak peserta
didik yang ngobrol sendiri dan
kelihatan sekali mereka merasa bosan dengan metode yang dilakukan
oleh guru mata
pelajaran.
Hal ini
di duga akan mempengaruhi
prestasi belajar peserta
didik di dalam kelas.
Berangkat
dari permasalahan
di atas maka
dirumuskan
masalah dalam penelitian
ini
yaitu ”Peningkatan
Prestasi Belajar Melalui Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al
Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu”.
Proses pelaksanaan
model pembelajaran melalui metode Talking Stick untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al
Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Hidayatul Mubtadiin Srikaton.
Proses penilaian pembelajaran melalui metode Talking Stick adalah
untuk meningkatkan prestasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Srikaton
Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.
Penelitian ini merupakan PTK. Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi:
perencanaan,
pelaksanaan,
observasi,
dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi;
pengukuran tes hasil
belajar; dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan
disimpulkan bahwa penerapan
metode Talking stick dapat meningkatkan
Prestasi belajar
peserta didik
Dari
hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode Talking Stick dapat meningkatkan prestasi
belajar
peserta didik khususnya
pada mata pelajaran Al Quran Hadits.ini terbukti Pada pre
test rata-rata nilai siswa 62,4 dan pada siklus I menjadi 71,6, yang berarti prestasi
belajar peserta didik meningkat sebesar 9,2. Dan pada siklus II rata nilai peserta
didik 82,4, yang berarti dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar
10,8. Demikian juga tingkat ketuntasan belajarnya, dimana pada tes awal
ketuntasan belajarnya mencapai 45 %, pada siklus I sebesar 80%, dan pada siklus
II sebesar 92 %. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick dalam
pembelajaran al Quran Hadits mampu meningkatkan prrestasi belajar peserta
didik.
MOTTO

|
äí÷$#
4n<Î)
È@Î6y
y7În/u
ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/
ÏpsàÏãöqyJø9$#ur
ÏpuZ|¡ptø:$#
(
Oßgø9Ï»y_ur
ÓÉL©9$$Î/
}Ïd
ß`|¡ômr&
4
¨bÎ)
y7/u
uqèd
ÞOn=ôãr&
`yJÎ/
¨@|Ê
`tã
¾Ï&Î#Î6y
(
uqèdur
ÞOn=ôãr&
tûïÏtGôgßJø9$$Î/
ÇÊËÎÈ
|
Serulah (manusia)
kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka
dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui
tentang
siapa yang tersesat
dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih
mengetahui orang-orang yang
mendapat petunjuk.
(QS. An Nahl 125).[1]
PERSEMBAHAN
Dengan ketulusan dan kerendahan hati
ku persembahkan karya ini
Untuk sepasang mutiara hati yang memancarkan cinta kasih yang tak pernah usai, yang selalu mengasihiku
setulus hati dan sesuci do’a (ayahku dan Ibuku) Restumu yang slalu menyertai setiap langkahku dari jerih payahmu kesuksesanku berasal, demi meniti masa depan.
Suamiku
Tersayang ………yang selalu setia mendampingi dan memotivasi dalam semua suka
dukaku.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
Teman-temanku
semua senasib seperjuangan, hanya bisa kuucapkan selamat berjuang dan berkarya untuk yang
terbaik…
Buah hatiku yang manis kau Anakku
yang ku sayang dan ku banggakan….
Almamaterku Tercinta… I Love you
full……..
RIWAYAT HIDUP
SitiMuhimatul
Aliyah, dilahirkan di
Srikaton, pada tanggal 20 Februari 1975. Anak dari pasangan Ayah
Muhammad Jalaludin dan
ibu
Siti Syarifah. Pendidikan dasar ditempuh di MI Hidayatul Mubtadiin
Srikaton Kec. Adiluwih
lulus pada tahun 1988. Pendidikan
Menengah Pertama ditempuh di MTs. Roudlotus Sholihin Purwosari
Lampung Tengah lulus pada tahun1992. dan Sekolah Menengah Atas di Madrasah Aliyah Al Hidayah Adiluwih Pringsewu lulus pada tahun1995.
Penulis telah menyelesaikan studi D2
di IAIN Raden Intan Lampung lulus pada tahun 2000, kemudian melanjutkan ke
jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1
PAI
Program Dual Mode System di
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
KATA
PENGANTAR
Syukur
Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa
Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat,
rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan
rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk
merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skrripsi
ini bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan
introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat
dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini
dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama
Islam. Dan pemilihan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode
Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al
Quran Hadits Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Hidayatul Mubtadiin Srikaton Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu”
dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui
metode talking stick Pada Mata Pelajaran
Al Quran Hadits.
Selanjutnya, penulis
menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan
berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga
kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.
Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd.
selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan
Lampung.
2.
Ibu Dra. Istihana, M.Pd. dan Ibu Dra. Hj. Eti Hadiati, M.Pd., selaku dosen
pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan
penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
3.
Bapak Dr. H. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
4.
Bapak Sulaiman, A.Ma.Pd. selaku Kepala MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton yang
telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di
Madrasah tersebut.
5.
Segenap Dewan Guru MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton yang telah memberikan
dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.
Ayah dan Ibu tercinta yang selalu berdoa untuk kesuksesan anaknya.
7.
Suamiku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku, tanpa mengenal lelah
selalu mendampingiku di kala suka maupun duka, pemberi semangat dan kehangatan
yang tiada tara.
7. Kakak-kakakku dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku
dan semua teman dari jurusan PAI maupun dari jurusan lain yang tidak dapat
disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa
sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini
masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna
penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya
Rabbal 'Alamin.
Pringsewu,
16 Februari 2012
Penulis,
SITI MUHIMATUL
ALIYAH
NPM. 0911010925
DAFTAR ISI
Halaman
|
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK
…………………………………………………………………..
PERSETUJUAN
PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN
…………………………………………………………….
MOTTO
……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN
…………………………………………………………..
RIWAYAT
HIDUP …………………………………………………………
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR
TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR
GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR
LAMPIRAN …………………………………………………….
|
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xv
xvi
|
|
BAB
I
|
:
|
PENDAHULUAN
|
1
|
|
|
|
|
A.
|
Penegasan Judul …………………………………….……
|
1
|
|
|
|
B.
|
Alasan Memilih Judul …………………………………...
|
3
|
|
|
|
C.
|
Latar Belakang Masalah …………………………………
|
4
|
|
|
|
D.
|
Rumusan Masalah .………………………..……………..
|
9
|
|
|
|
E.
|
Tujuan dan Kegunan Penelitian
…………………………
|
9
|
|
|
|
F.
|
Metodologi Penelitian ..…………………………………
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
II
|
:
|
LANDASAN TEORI
|
23
|
|
|
|
|
A.
|
Tinjauan Tentang Prestasi Belajar
………………………
|
23
|
|
|
|
|
1. Pengertian Prestasi Belajar
……………………………
|
23
|
|
|
|
|
2. Aspek-aspek Prestasi Belajar
…………………………
|
25
|
|
|
|
|
3. Teori-teori Belajar ……………………………………
|
27
|
|
|
|
|
4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar …
|
30
|
|
|
|
|
5. Indikator Prestasi Belajar
…………………………….
|
32
|
|
|
|
B.
|
Tinjauan
Tentang Metode Pembelajaran…………………
|
32
|
|
|
|
|
1. Pengertian
Metode Pembelajaran.................................
|
32
|
|
|
|
|
2. Metode
Dalam Perspektif Islam...................................
|
35
|
|
|
|
|
3. Metode Talking
Stick .................................................
|
41
|
|
|
|
|
a.
Pengertian Metode Talking Stick ….……….……..
|
41
|
|
|
|
|
b.
Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Talking Stick …. ……………….…………………………
|
41
|
|
|
|
|
c. Kelebihan
dan Kekurangan Metode Talking Stick ..
|
42
|
|
|
|
|
4. Pelaksanaan
Metode Pembelajaran..............................
|
42
|
|
|
|
C.
|
Pembelajaran
Al Quran Hadits MI ......................................
|
43
|
|
|
|
|
1. Pengertian
Al Quran Hadits MI.......................................
|
43
|
|
|
|
|
2. Tujuan Mata
Pelajaran Al Quran Hadits MI......... ………
|
44
|
|
|
|
|
3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Al
Quran Hadits di MI ...
|
45
|
|
|
|
|
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar …. ………..
|
45
|
|
BAB
III
|
:
|
PENYAJIAN DATA LAPANGAN
|
47
|
|
|
|
|
A.
|
Latar Belakang Objek Penelitian
….……….……………
|
47
|
|
|
|
|
1. Identitas Madrasah
……………………………………
|
47
|
|
|
|
|
2. Sejarah Singkat Berdirinya MIS
Hidayatul Mubtadiin Srikaton
…………………………………………………
|
48
|
|
|
|
|
3. Visi, Misi, dam Tujuan MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton …………………………………………………
|
48
|
|
|
|
|
4. Struktur Organisasi …………………………………..
|
49
|
|
|
|
|
6. Keadaan Guru, Karyawan, dan Peserta
Didik ………..
|
50
|
|
|
|
B.
|
Penyajian Data Lapangan ……………………………….
|
52
|
|
|
|
|
1. Penyajian Data Sebelum Tindakan
…………………
|
52
|
|
|
|
|
2. Penyajian Data Siklus I
………………………………
|
55
|
|
|
|
|
3. Penyajian Data Siklus II
……………………………..
|
68
|
|
BAB IV
|
:
|
PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
|
|
|
|
|
|
A.
|
Aktivitas Peserta Didik Selama
Kegiatan Kegiatan Berlangsung ……………………..………………………
|
83
|
|
|
|
|
1.
Siklus I
…………………………………………..
|
84
|
|
|
|
|
2.
Siklus 2
………………………………………….
|
86
|
|
|
|
B.
|
Prestasi Belajar Peserta Didik
…………..……….……...
|
88
|
|
|
|
|
3.
Siklus I
…………………………………………..
|
88
|
|
|
|
|
4.
Siklus 2
………………………………………….
|
89
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB V
|
:
|
KESIMPULAN DAN PENUTUP
|
94
|
|
|
|
|
A.
|
Kesimpulan ……………………………………………
|
94
|
|
|
|
B.
|
Saran-saran ……………………………………………
|
94
|
|
DAFTAR KEPUSTAKAAN …………………………………………………
|
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN …………………………………………………
|
|
DAFTAR
TABEL
|
Tabel 1
|
:
|
Data awal Prestasi Belajar
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 2
|
:
|
Klasifikasi
Hasil Prestasi persentase skor
prestasi belajar peserta didik
|
21
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 3
|
:
|
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran Al Quran Hadits MI
|
45
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 4
|
:
|
Keadaan
Guru MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton
|
50
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 5
|
:
|
Keadaan siswa MIS Hidayatul Mubtadiin Srikaton
|
51
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 6
|
:
|
Lembar
Penilaian peserta didik pada pre tes
|
53
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 7
|
:
|
Distribusi skor pre tes
|
55
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 8
|
:
|
Lembar observasi aktivitas peserta
didik
|
60
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 9
|
:
|
Format lembar
observasi aktivitas guru siklus I
|
63
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 10
|
:
|
Lembar
penilaian hasil belajar peserta didik siklus I
|
64
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 11
|
:
|
Lembar
observasi aktivitas siswa siklus II
|
73
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 12
|
:
|
Format lembar aktivitas guru siklus II
|
76
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 13
|
:
|
Lembar penilaian hasil belajar peserta didik siklus II
|
76
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 14
|
:
|
Hasil belajar Al Quran hadits
|
79
|
|
|
|
|
|
DAFTAR
GAMBAR
|
Gambar 1
|
:
|
Langkah-langkah
Penelitian Tindakan Kelas Model Lewin ..
|
12
|
DAFTAR
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Surat
Ijin Penelitian
2.
Struktur
Organisasi Madrasah
3.
Jadwal
Kegiatan Penelitian
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Silus 1
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Silus 2
6.
Kartu
Konsultasi