#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Sunday, April 1, 2012

PTK (METODE MORAL REASONING)


PENERAPAN  METODE  MORAL  REASONING  DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN  KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUT TAUFIQ ENGGALREJO 
KECAMATAN ADILUWIH PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah


OLEH :

S I T A M
NPM : 0911010831

Jurusan : PGMI / Pendidikan Agama Islam

Pembimbing I          : Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
Pembimbing II         : Drs. THOMAS HELMY, M.Ag.



PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M





ABSTRAK


Inti pokok ajaran Islam adalah Iman, Islam, Ihsan. Ketiga aspek tersebut saling kait mengkait yang tidak bias terpisahkan  antara yang satu dengan yang lainnya. Iman yang kuat akan menumbuhkan semangat yang tinggi untuk beribadah, dan ibadah yang benar akan menumbuhkan akhlak atau perilaku yang baik pula. Maka itu apabila ketiga aspek tersebut mampu dijalankan oleh seorang hamba dengan baik dan benar berarti ia telah berada dalam kesadaran beragama yang benar, dan kesadaran seperti ini yang wajib dijalankan oleh setiap hamba Allah SWT. Begitu pentingnya kesadaran beragama oleh seorang muslim, maka perlu ditanamkan kepada anak-anak dan generasi muda kita melalui jalur madrasah.
Tujuan diadakan penelitian di MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode moral reasoning pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas III MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas III MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan sejak pertemuan pra siklus dan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode moral reasoning dapat meningkatkan prestasi menigkatkan kesadaran beragama siswa kelas III MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu. Ini terbukti dengan adanya peningkatan kesadaran beragama yang ditinjau dari tiga aspek yaitu kogbitif, afektif, dan psikomotor serta observasi keaktifan siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan kesadaran siswa pada pra siklus yaitu 65,51% meningkat menjadi 74,60% pada siklus I dan 82,94% pada siklus II.
Dari hasil penelitian tersebut dapat ditegaskan bahwa pembelajaran dengan  moral reasoning dapat menbingkatkan kesadaran beragama melalui kisah Nabi Ismail AS. Hal ini tampak dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal seperti yang dipaparkan di atas. Adanya variasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat diperlukan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya metode moral reasoning siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran dan aktif mengikuti pembelajaran.









KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PERSETUJUAN
Judul Skripsi
:
PENERAPAN  METODE  MORAL  REASONING  DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN  KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUT TAUFIQ ENGGALREJO KECAMATAN ADILUWIH PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012



Nama Mahasiswa
:
S  I T A M
NPM
:
0911010831
Jurusan
:
Tarbiyah
Fakultas
:
PGMI / PAI

MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung

Pembimbing I
Pembimbing II



Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611091990031003



Drs. THOMAS HELMY, M.Ag. NIP.19511121197021001



Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah




Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.

                                           NIP. 195606111988031001











KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PENGESAHAN
Skripsi dengan judul : “PENERAPAN  METODE  MORAL  REASONING  DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN  KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUT TAUFIQ ENGGALREJO KECAMATAN ADILUWIH PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012”, disusun oleh : S I T A M, NPM : 0911010831, Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada :
Hari / Tanggal :

TIM PENGUJI


Ketua
:

(……………………)
Sekretaris
:

(……………………)
Penguji I
:

(……………………)
Penguji II
:

(……………………)

Dekan Fakultas Tarbiyah




Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611109199003 1 003




MOTTO


y7¯RÎ)ur 4n?yès9 @,è=äz 5OŠÏàtã ÇÍÈ

dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi
pekerti yang agung. (QS. Al Qalam : 4).[1]




























PERSEMBAHAN


Ku persembahkan Skripsi ini kepada:
1.   Ayahandaku Tersayang dan Ibundaku tercinta yang senantiasa menyayangiku. membimbingku, dan melindungiku tanpa ada kata lelah, letih dan bosan,
2.     Istriku Tersayang yang selalu setia mendampingi dan memotivasiku dalam semua suka dukaku, serta memberikan kedamaian dan kehangatan dalam hidupku
3.      Kakak-kakakku dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4.      Teman-temanku semua senasib seperjuangan di MI Islamiyah, hanya bisa kuucapkan  selamat berjuang dan berkarya untuk yang terbaik…
5.      Almamaterku IAIN Raden Intan Lampung
6.      Buah hatiku yang manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….












RIWAYAT HIDUP


Sitam, dilahirkan di Enggalrejo, pada tanggal 13 Januari 1970. Anak ke lima dari tujuh bersaudara, dari pasangan Ayah Sarjono dan ibu Warisah. Pendidikan dasar ditempuh di SDN 1 Enggalrejo Kec. Adiluwih lulus pada tahun 1984. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di SMP Bhakti Karya Adiluwih Pringsewu lulus pada tahun1987. dan Sekolah Menengah Atas di  MA Darul A’mal Metro lulus pada tahun 1995.

Penulis telah menyelesaikan studi D-2 di Universitas Terbuka UPBJJ Bandar Lampung lulus pada tahun 2008, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1 PAI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung angkatan 2009 melalui Program Dual Mode system (DMS).












KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat, rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama Islam dan pemilihan judul “Penerapan  Metode  Moral  Reasoning  dalam mata pelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan  Kesadaran Beragama Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilut Taufiq Enggalrejo Kecamatan Adiluwih Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012 ” dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kesadaran beragama peserta didik melalui metode mpral rasoning Pada Mata  Pelajaran Akidah Akhlak

Selanjutnya, penulis menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.      Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2.      Bapak Dr. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3.      Baoak Prof. Dr. H. Syaiful Anwar, M.Pd., dan Bapak Drs. Thomas Helmy, M.Ag. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4.      Bapak Sarwono, S.Pd.I, selaku Kepala MI Sabilut Taufiq Enggalrejo yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5.      Segenap Dewan Guru MI Sabilut Taufiq Enggalrejo yang telah memberikan dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.      Ayah dan Ibu tercinta serta Istriku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7.      Kakak-kakakku dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal 'Alamin.


Pringsewu, 16 Februari 2012
Penulis,           


S I T A M
0911010831










DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK …………………………………………………………………..
PERSETUJUAN PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN …………………………………………………………….
MOTTO ……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN …………………………………………………………..
RIWAYAT HIDUP …………………………………………………………
KATA PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………….
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xvi
xvii

BAB I        : PENDAHULUAN
A.        Penegasan Judul ………………………………………….      1
B.        Alasan Memilih Judul  …………………………………...      3
C.        Latar Belakang Masalah ………………………………….     4
D.        Rumusan Masalah ………………………………………..      9
E.         Tujuan dan Kegunaan Penelitian …………………………     9
F.   Metodologi  Penelitian …………………………………………     10
BAB II       : LANDASAN TEORI
   A. Tinjauan tentang Metode Pembelajaran ……………………     20
1. Pengertian Metode Pembelajaran ………...……………..     20
2. Metode Dalam Perspektif Islam ……………..……….….    22
3. Metode Moral Reasoning ………………………..…….…….    27
a. Pengertian Moral Reasoning………………………………   27
b. Kelebihan Metode Moral Reasoning ……………………    28
c. Langkah-Langkah Metode Moral Reasoning ……..…     29
4. Pelaksanaan Metode Pembelajaran ………………..……     30
   B. Tinjauan Tentang Belajar dan Pembelajaran ……………….     31
1.  Pengertian Belajar dan Pembelajaran …………..…….     31
2. Teori-teori Belajar ……………………………..………     32
3. Pandangan Islam tentang Belajar …………………..….     35
  C. Tinjauan Tentang Kesadaran Beragama ……………………      37
1.    Pengertian Kesadaran Beragama …………………….      37
2.         Ciri-Ciri Kesadaran Beragama ………………………      39
3.         Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran beragama  41
  D. Hakikat Pembelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah …   43
1. Pengertian Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI …………..    43
2. Tujuan Pembelajaran Akidah Akhlak MI ………………..    43
3. Ruang Lingkup ……………………………………………  44
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar …………….    45


BAB    III        : PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A. Deskripsi Lokasi Penelitian  49
1. Identitas Madrasah Ibtidaiyah Sabilut Taufiq Enggalrejo .. 49
2. Sejarah Berdirinya MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ………  49
3. Visi dan Misi MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ……………   51
4. Struktur Organisasi MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ……..   51
5. Data Guru MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ………………   51
6. Data Peserta didik MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ………   52
B. Penyajian Data Sebelum Tindakan …………………………...   53
  C. Siklus Penelitian ………………………………………………  65
1. Siklus I …………………………………………………..     65
2. Siklus II …………………………………………………      84
D. Temuan Penelitian  ………………………………………….   102
BAB    IV        : PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA 
A. Pengolahan Data …………………………………………….   104
1. Pengolahan Data Hasil Pre Test …………………………  105
2. Pengolahan Data Siklus I  ……………………………….   105
3. Pengolahan Data Siklus II  ………………………………  106
B. Temuan Penelitian …………………………………………….    108
1. Temuan Siklus I …………………………………………   108
2. Temuan Siklus II ………………………………………..   109
C. Analisa Data  ………………………………………………    109
BAB    V         : KESIMPULAN DAN PENUTUP  
A.      Kesimpulan  ………………………………………………     112
B.    Saran ………………………………………………………    112
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN





















DAFTAR TABEL
Tabel 1
Rentang Nilai Pra Siklus Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MI
Sabilut Taufiq Enggalrejo ………………………………………………..………      6

Tabel 2
Klasifikasi Hasil Persentase Skor Prestasi Belajar Peserta didik ..........................     18

Tabel 3
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Madrasah Ibtidaiyah Kelas III ……     45

Tabel 4
Nama-nama Pendiri MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ………………….…………    50

Tabel 5
Nama Pejabat Kepala Madrasah Ibtidaiyah Sabilut Taufiq Enggalrejo ………....     50

Tabel 6
Data Guru MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ………………………………………     51

Tabel 7
Jumlah Murid MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo …………………………….…….     52

Tabel 8
Data Kelas III MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo tahun 2011/2012 ………….…….     53

Tabel 9
Penilaian Aspek Kognitif Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS Pra Siklus ……………………………………….     57

Tabel 10
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra Siklus  ………………………….     58

Tabel 11
Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran Terhadap Akhlak Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra Siklus ……………………………………….    59

Tabel 12
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra Siklus ………………….……….     60

Tabel 13
Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra Siklus ………………………………………     61
Tabel 14
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra Siklus ………………………….      61

Tabel 15
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS.   Pra Siklus ….…..     63

Tabel 16
Penilaian Aspek Kognitif Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS Siklus I ……………………………………….….    72

Tabel 17
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus I  …………………..…………    72

Tabel 18
Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran Terhadap Akhlak Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus I …………………………………….……    73

Tabel 19
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus I ………………………..…….    74

Tabel 20
Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus I  …………………………………..……..    75

Tabel 22
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus I ……………………...………    76

Tabel 22
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS.
Siklus I …………………………………………………………………..……….    77

Tabel 23
Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Siklus I …………………….………..       80

Tabel 24
Penilaian Aspek Kognitif Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS Siklus II  ……………………………………..…      90

Tabel 25
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus II ……………………..……..      90


Tabel 26
Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran Terhadap Akhlak Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus II ………………………………….…….      92

Tabel 27
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus II ……………………….…..       93

Tabel 28
Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus II ………………………………….……       94

Tabel 29
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus II …………………….……..       94


Tabel 30
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus II …………     96

Tabel 31
Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Siklus II ………………………………     99

Tabel 32
Perbandingan Hasil Penilain Prestasi Kesadaran Beragama Peserta Didik
antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI
Sabilut Taufiq Enggalrejo Tahun Pelajaran 2011/2012  …………………………     110

Tabel 33
Peningkatan Hasil Tes prestasi meningkatkan kesadaran beragama Peserta
Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Akidah Akhlak
MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Tahun Pelajaran 2011/2012  ……………………..     111

























DAFTAR GAMBAR


Gambar 1
:
Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Model Lewin ..
12
























DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      Surat Ijin Penelitian
2.      Struktur Organisasi MI Sabilut Taufiq Enggalrejo
3.      Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Penelitian
4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Silus 1
5.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Silus 2
6.      Kartu Konsultasi




 Bagian Isi Skripsi belum diupload karena masih menunggu PENGESAHAN aja...
 Bagi yang berminat SMS ke : 081369648840