PENERAPAN METODE
MORAL REASONING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK
MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA
DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUT TAUFIQ ENGGALREJO
KECAMATAN ADILUWIH
PRINGSEWU
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
SKRIPSI
Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi
Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
(S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah
OLEH :
S I T A M
NPM : 0911010831
Jurusan : PGMI / Pendidikan Agama Islam
Pembimbing I :
Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
Pembimbing II :
Drs. THOMAS HELMY, M.Ag.

PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433
H. / 2012 M
ABSTRAK
Inti pokok ajaran Islam
adalah Iman, Islam, Ihsan. Ketiga aspek tersebut saling kait mengkait yang
tidak bias terpisahkan antara yang satu
dengan yang lainnya. Iman yang kuat akan menumbuhkan semangat yang tinggi untuk
beribadah, dan ibadah yang benar akan menumbuhkan akhlak atau perilaku yang
baik pula. Maka itu apabila ketiga aspek tersebut mampu dijalankan oleh seorang
hamba dengan baik dan benar berarti ia telah berada dalam kesadaran beragama
yang benar, dan kesadaran seperti ini yang wajib dijalankan oleh setiap hamba
Allah SWT. Begitu pentingnya
kesadaran beragama oleh seorang muslim, maka perlu ditanamkan kepada anak-anak
dan generasi muda kita melalui jalur madrasah.
Tujuan diadakan
penelitian di MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu ini adalah mendeskripsikan
penggunaan metode moral reasoning
pada pembelajaran Akidah
Akhlak di kelas III MI Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu dalam meningkatkan
kesadaran beragama peserta didik. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas III MI
Sabilut Taufiq Enggalrejo Pringsewu dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, dan dokumentasi
selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan sejak
pertemuan pra siklus dan setelah pemberian tindakan pada masing-masing
siklus yang telah dilakukan.Dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode moral
reasoning dapat meningkatkan prestasi menigkatkan
kesadaran beragama siswa kelas III MI Sabilut Taufiq Enggalrejo
Pringsewu. Ini terbukti dengan
adanya peningkatan kesadaran beragama yang ditinjau dari tiga aspek yaitu kogbitif,
afektif, dan psikomotor serta observasi keaktifan siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan kesadaran siswa pada pra siklus
yaitu 65,51% meningkat menjadi 74,60% pada siklus I dan 82,94%
pada siklus II.
Dari hasil penelitian tersebut dapat ditegaskan
bahwa pembelajaran dengan moral
reasoning dapat menbingkatkan kesadaran beragama melalui kisah Nabi Ismail AS. Hal ini
tampak dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal
seperti yang dipaparkan di atas.
Adanya variasi guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran sangat diperlukan
sehingga dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa. Dengan adanya metode
moral reasoning siswa menjadi
tertarik dengan pembelajaran dan aktif mengikuti pembelajaran.
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I
Bandar Lampung Telp. (0721) 703260
PERSETUJUAN
Judul Skripsi
|
:
|
PENERAPAN METODE
MORAL REASONING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK
MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA
PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUT TAUFIQ ENGGALREJO KECAMATAN
ADILUWIH PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012
|
Nama Mahasiswa
|
:
|
S I T A M
|
NPM
|
:
|
0911010831
|
Jurusan
|
:
|
Tarbiyah
|
Fakultas
|
:
|
PGMI / PAI
|
MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung
Pembimbing I
|
Pembimbing II
|
||
Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611091990031003
|
Drs. THOMAS HELMY, M.Ag. NIP.19511121197021001
|
||
Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah
|
|||
Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.
|
|||
NIP.
195606111988031001
|
|||
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I
Bandar Lampung Telp. (0721) 703260
PENGESAHAN
Skripsi dengan judul : “PENERAPAN METODE
MORAL REASONING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK
MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA
PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUT TAUFIQ ENGGALREJO KECAMATAN
ADILUWIH PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012”, disusun oleh : S I T A M, NPM : 0911010831, Jurusan :
Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan
dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada :
Hari
/ Tanggal :
|
|||
TIM PENGUJI
|
|||
Ketua
|
:
|
(……………………)
|
|
Sekretaris
|
:
|
(……………………)
|
|
Penguji I
|
:
|
(……………………)
|
|
Penguji II
|
:
|
(……………………)
|
|
Dekan Fakultas Tarbiyah
|
Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
|
NIP. 19611109199003 1 003
|
MOTTO
y7¯RÎ)ur 4n?yès9 @,è=äz 5OÏàtã ÇÍÈ
|
dan Sesungguhnya kamu
benar-benar berbudi
PERSEMBAHAN
Ku
persembahkan Skripsi ini kepada:
1. Ayahandaku Tersayang dan Ibundaku tercinta
yang senantiasa menyayangiku. membimbingku, dan melindungiku tanpa ada kata
lelah, letih dan bosan,
2. Istriku Tersayang
yang selalu setia mendampingi dan memotivasiku dalam semua suka dukaku, serta
memberikan kedamaian dan kehangatan dalam hidupku
3.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4.
Teman-temanku
semua senasib seperjuangan di MI Islamiyah, hanya bisa kuucapkan selamat berjuang dan berkarya untuk yang
terbaik…
5.
Almamaterku IAIN
Raden Intan Lampung
6.
Buah hatiku yang
manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….
RIWAYAT HIDUP
Sitam, dilahirkan di
Enggalrejo, pada tanggal 13 Januari 1970. Anak ke lima dari tujuh bersaudara, dari pasangan Ayah
Sarjono dan ibu Warisah. Pendidikan dasar ditempuh di SDN 1 Enggalrejo Kec. Adiluwih
lulus pada tahun 1984. Pendidikan
Menengah Pertama ditempuh di SMP Bhakti Karya Adiluwih Pringsewu
lulus pada tahun1987. dan Sekolah Menengah Atas di MA Darul A’mal Metro lulus
pada tahun 1995.
Penulis telah menyelesaikan studi D-2
di Universitas Terbuka UPBJJ Bandar Lampung lulus pada tahun 2008, kemudian melanjutkan
ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1
PAI
di Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung angkatan 2009 melalui Program Dual Mode
system (DMS).
KATA
PENGANTAR
Syukur
Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa
Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat,
rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan
rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk
merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi
bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi
diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat
lupa, lemah dan lalai.
Penulisan
ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan
agama Islam dan pemilihan judul “Penerapan
Metode Moral Reasoning
dalam mata pelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Kesadaran Beragama Peserta Didik di Madrasah
Ibtidaiyah Sabilut Taufiq Enggalrejo Kecamatan Adiluwih Pringsewu Tahun
Pelajaran 2011/2012 ” dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kesadaran
beragama peserta didik melalui metode mpral rasoning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Selanjutnya, penulis
menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan
berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga
kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:
1.
Bapak Prof. Drs.
H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2.
Bapak Dr.
Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan
Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3.
Baoak Prof. Dr.
H. Syaiful Anwar, M.Pd., dan Bapak Drs. Thomas
Helmy, M.Ag. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya
untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4.
Bapak Sarwono, S.Pd.I,
selaku Kepala MI Sabilut Taufiq Enggalrejo yang telah memberikan kesempatan
kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5.
Segenap Dewan
Guru MI Sabilut Taufiq Enggalrejo yang telah memberikan dukungan dan
kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6.
Ayah dan Ibu
tercinta serta Istriku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7.
Kakak-kakakku
dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun
dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa
sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi
ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna
penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya
Rabbal 'Alamin.
Pringsewu,
16 Februari 2012
Penulis,
S I T A M
0911010831
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK
…………………………………………………………………..
PERSETUJUAN
PEMBIMBING ………………………………………...
PENGESAHAN
…………………………………………………………….
MOTTO
……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN
…………………………………………………………..
RIWAYAT
HIDUP …………………………………………………………
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………...
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR
TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR
GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR
LAMPIRAN …………………………………………………….
|
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xvi
xvii
|
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Penegasan Judul
…………………………………………. 1
B.
Alasan Memilih
Judul …………………………………... 3
C.
Latar Belakang
Masalah …………………………………. 4
D.
Rumusan Masalah
……………………………………….. 9
E.
Tujuan dan
Kegunaan Penelitian ………………………… 9
F. Metodologi
Penelitian ………………………………………… 10
BAB
II :
LANDASAN TEORI
A. Tinjauan
tentang Metode Pembelajaran …………………… 20
1. Pengertian Metode Pembelajaran ………...…………….. 20
2. Metode Dalam Perspektif Islam ……………..……….…. 22
3. Metode Moral Reasoning ………………………..…….……. 27
a. Pengertian Moral Reasoning……………………………… 27
b. Kelebihan Metode Moral Reasoning …………………… 28
c. Langkah-Langkah Metode Moral Reasoning ……..… 29
4. Pelaksanaan Metode Pembelajaran ………………..…… 30
B. Tinjauan Tentang Belajar dan Pembelajaran
………………. 31
1. Pengertian Belajar dan Pembelajaran …………..…….
31
2. Teori-teori Belajar ……………………………..……… 32
3.
Pandangan Islam tentang Belajar …………………..….
35
C. Tinjauan Tentang Kesadaran Beragama …………………… 37
1. Pengertian
Kesadaran Beragama ……………………. 37
2.
Ciri-Ciri Kesadaran Beragama ……………………… 39
3.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran
beragama 41
D. Hakikat Pembelajaran Akidah Akhlak
Madrasah Ibtidaiyah … 43
1. Pengertian
Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI ………….. 43
2. Tujuan
Pembelajaran Akidah Akhlak MI ……………….. 43
3. Ruang Lingkup ……………………………………………
44
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ……………. 45
BAB III :
PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A.
Deskripsi Lokasi Penelitian 49
1. Identitas Madrasah Ibtidaiyah Sabilut Taufiq Enggalrejo .. 49
2.
Sejarah Berdirinya MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ……… 49
3.
Visi dan Misi MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo …………… 51
4.
Struktur Organisasi MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo …….. 51
5.
Data Guru MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ………………
51
6.
Data Peserta didik MIS Sabilut Taufiq Enggalrejo ……… 52
B.
Penyajian Data Sebelum Tindakan …………………………...
53
C. Siklus Penelitian ……………………………………………… 65
1.
Siklus I ………………………………………………….. 65
2.
Siklus II ………………………………………………… 84
D.
Temuan Penelitian …………………………………………. 102
BAB IV : PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
A.
Pengolahan Data ……………………………………………. 104
1. Pengolahan Data Hasil Pre Test ………………………… 105
2. Pengolahan Data Siklus I ………………………………. 105
3.
Pengolahan Data Siklus II ……………………………… 106
B.
Temuan
Penelitian ……………………………………………. 108
1.
Temuan Siklus I ………………………………………… 108
2.
Temuan Siklus II ……………………………………….. 109
C. Analisa Data ……………………………………………… 109
BAB V :
KESIMPULAN DAN PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………… 112
B. Saran ……………………………………………………… 112
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Tabel
1
Rentang
Nilai Pra Siklus Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MI
Sabilut
Taufiq Enggalrejo ………………………………………………..………
6
Tabel 2
Klasifikasi Hasil Persentase Skor Prestasi Belajar Peserta
didik .......................... 18
Tabel
3
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Madrasah Ibtidaiyah Kelas III …… 45
Tabel 4
Nama-nama Pendiri MIS Sabilut
Taufiq Enggalrejo ………………….………… 50
Tabel 5
Nama Pejabat Kepala Madrasah
Ibtidaiyah Sabilut Taufiq Enggalrejo ………....
50
Tabel 6
Data Guru MIS Sabilut Taufiq
Enggalrejo ……………………………………… 51
Tabel 7
Jumlah Murid MIS Sabilut Taufiq
Enggalrejo …………………………….……. 52
Tabel 8
Data Kelas III MIS Sabilut Taufiq
Enggalrejo tahun 2011/2012 ………….…….
53
Tabel 9
Penilaian Aspek Kognitif
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS Pra
Siklus ………………………………………. 57
Tabel
10
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif
Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Pra Siklus …………………………. 58
Tabel
11
Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran
Terhadap Akhlak Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra
Siklus ………………………………………. 59
Tabel
12
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Afektif
Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Pra Siklus ………………….………. 60
Tabel
13
Penilaian Aspek Psikomotor
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Pra
Siklus ……………………………………… 61
Tabel
14
Distribusi Hasil Penilaian Aspek
Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Pra Siklus …………………………. 61
Tabel
15
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif,
Afektif, dan Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua Melalui Kisah
Nabi Ismail AS. Pra Siklus ….….. 63
Tabel 16
Penilaian Aspek Kognitif
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS Siklus
I ……………………………………….…. 72
Tabel
17
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif
Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Siklus I …………………..………… 72
Tabel
18
Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran
Terhadap Akhlak Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus
I …………………………………….…… 73
Tabel
19
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Afektif
Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Siklus I ………………………..……. 74
Tabel
20
Penilaian Aspek Psikomotor
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus
I …………………………………..…….. 75
Tabel
22
Distribusi Hasil Penilaian Aspek
Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Siklus I ……………………...……… 76
Tabel
22
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif,
Afektif, dan Psikomotor
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang
Tua Melalui Kisah Nabi Ismail AS.
Siklus I
…………………………………………………………………..………. 77
Tabel 23
Lembar
Observasi Aktivitas Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Siklus I …………………….……….. 80
Tabel 24
Penilaian Aspek Kognitif
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS Siklus
II ……………………………………..… 90
Tabel
25
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif
Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Siklus II ……………………..…….. 90
Tabel
26
Penilaian Aspek Afektif Pembelajaran
Terhadap Akhlak Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus
II ………………………………….……. 92
Tabel
27
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Afektif
Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Siklus II ……………………….….. 93
Tabel
28
Penilaian Aspek Psikomotor
Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua
Melalui Kisah Nabi Ismail AS. Siklus
II ………………………………….…… 94
Tabel
29
Distribusi Hasil Penilaian Aspek
Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap
Orang Tua Melalui Kisah Nabi Ismail
AS. Siklus II …………………….…….. 94
Tabel
30
Distribusi Hasil Penilaian Aspek Kognitif,
Afektif, dan Psikomotor Pembelajaran Akhlak Terhadap Orang Tua Melalui Kisah
Nabi Ismail AS. Siklus II ………… 96
Tabel 31
Lembar
Observasi Aktivitas Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Siklus II ……………………………… 99
Tabel
32
Perbandingan
Hasil Penilain Prestasi Kesadaran Beragama Peserta Didik
antara
Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI
Sabilut
Taufiq Enggalrejo Tahun Pelajaran 2011/2012
………………………… 110
Tabel
33
Peningkatan
Hasil Tes prestasi meningkatkan kesadaran beragama Peserta
Didik
antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Akidah Akhlak
MI
Sabilut Taufiq Enggalrejo Tahun Pelajaran 2011/2012 ……………………..
111
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1
|
:
|
Langkah-langkah
Penelitian Tindakan Kelas Model Lewin ..
|
12
|
DAFTAR
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Surat
Ijin Penelitian
2.
Struktur
Organisasi MI Sabilut Taufiq Enggalrejo
3.
Jadwal
Kegiatan Pelaksanaan Penelitian
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Silus 1
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Silus 2
6.
Kartu
Konsultasi
Bagian Isi Skripsi belum diupload karena masih menunggu PENGESAHAN aja...
Bagi yang berminat SMS ke : 081369648840