RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
3. Memahami teks dengan membaca intensif
dan membaca sekilas
Waktu :
2 X 35 menit
MEMBACA
A.
.Kompetensi Dasar
3.2 Menanggapi
informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )
B.
Indikator
§ Membaca intensif teks bacaan
§ Menyatakan pernyataan
yang sesuai dengan isi bacaan
§ Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§ Menanggapi isi bacaan
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§ Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari
bacaan
§ Siswa dapat Menanggapi isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Teks Bacaan
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan
yang akan dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F Mencatat informasi penting dari bacaan
F Menanggapi isi bacaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa membaca intensif
teks bacaan
· Siswa menyatakan
pernyataan yang sesuai dengan isi
bacaan
· Siswa mencatat
informasi- informasi penting dari bacaan
· Siswa menanggapi
isi bacaan
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah pernyataan yang sesuai dengan
isi bacaan !
· Buatlah catatan
informasi- informasi penting dari bacaan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/
Pertama
Standar
Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A.
Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir (
pendaftaran , kartu anggota, wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll )
dengan benar
B.
Indikator
§ Memahami
penulisan wesel pos
§ Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang sudah ditentukan
§ Memahami kalimat anjuran
§ Memilih kalimat
anjuran yang tepat
§ Membuat kalimat
anjuran
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami
penulisan wesel pos
§ Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan
yang sudah ditentukan
§ Siswa dapat Memahami kalimat anjuran
§ Siswa dapat Memilih kalimat anjuran yang tepat
§ Siswa dapat Membuat kalimat anjuran
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Wesel pos
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami cara
penulisan wesel pos
F Memahami kalimat anjuran
yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang sudah
ditentukan
F Membuat kalimat
anjuran
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Mengisi blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat
teman,saudara ,atau orang tua
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa dapat memahami penulisan wesel pos
· Siswa dapat mengisi wesel pos berdasar-kan keterangan yang sudah
ditentukan
· Siswa dapat memahami kalimat anjuran
· Siswa dapat memilih kalimat anjuran yang tepat
· Siswa dapat membuat kalimat anjuran
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Isilah
wesel pos berdasar-kan
keterangan yang sudah ditentukan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/
Pertama
Standar
Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A.
Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan
dari teks yang dibaca atau didengar
B.
Indikator
§ Membaca cerita
pendek
§ Menjawab
pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§ Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§ Meringkas cerita
yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§ Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
§ Mencari antonym
kata yang terdapat dalam bacaan
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca cerita pendek
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§ Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§ Siswa dapat Meringkas cerita yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§ Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim
yang terdapat dalam teks bacaan
§ Siswa dapat Mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Teks Cerita pendek
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Apersepsi dan Motivasi :
Kegiatan Awal :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca cerita pendek
F Menjawab pertanyaan
berdasrkan cerita pendek yang
dibaca
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
F Meringkas cerita pendek yang dibaca
F Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam
ceriota yang dibaca
F Mencari antonym kata-kata
yang terdapat dalam cerita yang dibaca
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi
ceritanya
F Menentukan antonym dan
sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
F.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode :
Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi
metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
G.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Siswa dapat membaca cerita pendek
· Siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasar-kan cerita yang dibaca
· Siswa dapat menentukan urutan peristiwa
cerita pendek
· Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca
berdasar-kan urutan peristiwa
· Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata
bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
· Siswa dapat mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan berdasar-kan
cerita yang di baca!
· Buatlah ringkasan
cerita yang dibaca berdasar-kan urutan
peristiwa!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
|
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
|
Mengetahui,
Kepala
MI Miftahul Ulum Wr.sari
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
|
|
Waringinsari Barat, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP
19660718 200501 1 001
|