#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Sunday, April 1, 2012

Analisis Cerita Rakyat


ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH TUNGGUL PAWENANG






Oleh
SULAIMAN




Makalah


Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan
Pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

LOGO STKIP ASLI




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2012



ABSTRAK

ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH TUNGGUL PAWENANG

Sulaiman

Kemampuan memahami cerita rakyat perlu terus dikembangkan pada siswa khususnya siswa SMA/MA, karena salah satu tujuan pengajaran sastra di sekolah menengah yang tidak mudah dicapai adalah pemahaman dan penghargaan siswa terhadap sastra. Dalam proses pembelajaran, membaca dapat dijadikan sebagai modal awal setiap siswa untuk memahami dan mengapresiasi. Cerita rakyat yang merupakan warisan budaya bangsa, kini kurang digemari oleh generasi muda. Mereka lebih menyukai hal-hal yang berbau modern, sementara cerita rakyat dianggap tradisional. Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Penelitian makalah ini bersifat deskriptif analitis yang dilakukan di kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang mengenai kemampuan pemahaman terhadap cerita rakyat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan cara menganalisis hasil uji kompetensi mengenai kemampuan siswa dalam memahami cerita rakyat ”Buaya Perompak”. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa prosentase keberhasilan siswa secara keseluruhannya yakni dari jumlah siswa kelas X sebanyak 34 siswa, ada 24 siswa (70,59 %) siswa yang telah tuntas, sementara ada 10 siswa (29,41 %) yang tidaktuntas. dengan nilai rata-rata kemampuan memahami cerita rakyat “Buaya Perompak” sebesar 75,74.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di disimpulakan bahwa kemampuan memahami cerita rakyat pada siswa kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang masih tergolong rendah, karena masih banyak siswa yang belum tuntas dalam belajarnya. Adapun cara yang tepat menyikapi hal tersebut adalah : (1) perlunya guru menggunakan metode yang sesuai yaitu metode penemuan atau inquiri dan dengan penerapan Model  Pembelajaran Kooperatif Tipe Group  Investigation  (GI); (2) perlunya pendekatan psikologi sastra oleh guru; (3) perlunya merancang aktivitas menyimak yang melibatkan para pembelajar secara pribadi dan diberi umpan balik yang jelas, serta lebih berfokus pada pengajaran dari pada evaluasi; (4) perlunya menyusun skenario pembelajaran yang tepat sesuai dengan indikator ketercapaian dan sesuai pula dengan karakter pembelajaran.




Judul Makalah                     

ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH TUNGGUL PAWENANG



Nama Mahasiswa

SULAIMAN
No. Pokok Mahasiswa

06020124
Program studi

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Seni






Menyetujui
1. Komisi Pembimbing


Pembimbing                                                    Ketua Jurusan





Drs. Muntazir, M.M.                                                Drs. Muntazir, M.M.           
NIP 19571207 198703 1 001                         NIP 19571207 198703 1 001                                    





MENGESAHKAN




1.  Tim Penguji


Ketua           : 1.                   …………………….


Sekretaris     : 2.                                           …………………….


Penguji        : I.  Drs. Muntazir, M. M.                               …………………….


             II.  Drs. H. Wanawir, M.M.                           …………………….





2. Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu





Dr. Tri Yuni Hendrowati, M.Pd
NIP. 19660626 199102 2 001




Tanggal Lulus Ujian Makalah : 03 Maret 2012


PERSEMBAHAN


Makalah ini kupersembahkan  kepada :

1.      Ayah Musa dan Ibu Sumiati  tercinta yang selalu membimbing dan mendo’akan atas keberasilanku.
2.      Istriku tersayang, Yuliana. yang selalu memotivasi dan mendoakan keberhasilanku.
3.      Anakku tercinta Hawa Yuliana Sifa selalu menghibur di kala pikiran lagi jenuh.
4.      Teman-temank seperjuangan di MA Al Hidayah dan MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton Adiluwih yang selalu memberi dukungan akan keberhasilanku.
5.      Almamaterku STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampun


                                 MOTTO
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS Al Mujadalah (58) : 11)





RIWAYAT HIDUP
Penulis lahir di Palas Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 20 Mei 1979 anak dari Ayah Musa dan Ibu Sumiati. Status sudah menikah dengan Yuliana, S.Pd. dan kini telah dikaruniai seorang anak bernama Hawa Yuliana Sifa.

Riwayat Pendidikan
Pendidikan yang pernah penulis tempuh adalah:
1.      SD Negeri 6 Bangunan tamat tahun 1991
2.      Madrasah Tsanawiyah GUPPI 05 Bumirestu tamat tahun 1995
3.      Madrasah Aliyah Ma,arif Bumirestu lulus tahun 1998
4.      Diploma II Univesitas Lampung selesai tahun 2001
5.      Kuliah di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Muhammadiyah Pringsewu  Lampung, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia masuk tahun 2009 hingga sekarang


KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini, namun penulis menyadari dalam penulisan makalah ini baik kajian maupun bentuknya masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan guna perbaikan penulisan di masa yang akan datang.
Makalah ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana pendidikan  pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
Dalam menyelesaikan makalah ini penulis banyak dibantu oleh berbagai pihak. Untuk itu penulis sampaikan terima kasih kepada:
1.      Dr. Tri Yuni Hendrowati, M.Pd., selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
2.      Drs. Muntazir, M.M., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, pada STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, yang sekaligus sebagai pembimbing penulisan makalah ini  .
3.      Bapak dan Ibu Dosen, serta staf karyawan STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
4.      Semua pihak yang telah turut serta membantu dalam penyusunan makalah ini.
Semoga semua amal baik Bapak, Ibu dan Saudara dibalas Allah SWT, dengan pahala yang setimpal. Penulis berharap mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi pembaca umumnya.

                                                                                                              Pringsewu,   Februari 2012 
                                                                                                              Penyusun,

                                                                                                              SULAIMAN


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ………………………………………………………
i
ABSTRAK …………………………………………………………………
ii
HALAMAN PERSETUJUAN …………………………………………….
iii
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………...
iv
HALAMAN PERSEMBAHAN ……………………………………………
v
MOTTO …………………………………………………………………….
vi
RIWAYAT HIDUP ………………………………………………………...
vii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………..
viii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………….
x
DAFTAR TABEL ………………………………………………………….
xii


BAB   I
:
PENDAHULUAN



A.
Latar Belakang Masalah ……………………..…..……
1


B.
Rumusan Masalah …..…………………………………
5


C.
Tujuan dan Kegunaan Penulisan Masalah …………….
5

BAB   II
:
KAJIAN TEORI DAN PEMBAHASAN



A.
Kajian Teori ………………......………………....……
6



1. Hakikat Analisis Kemampuan Memahami …….…..
6



2. Hakikat Memahami Cerita Rakyat …………………
7




a. Pengertian Memahami …………………….……..
7




b. Pengertian Cerita Rakyat ………………….……..
9




c. Jenis-jenis Cerita Rakyat ………………….……..
10




d. Fungsi Cerita Rakyat …………………….………
13




e. Contoh Cerita Rakyat ……………………………
14




f. Kriteria Memahami Cerita Rakyat ………………
16


B.
Pembahasan  …………………………………………..
17



1. Poses Pengumpulan Data ………………………….
17



2. Instrumen Penelitian ……………………………….
18




3. Penyajian Data ………………………………………
20



4. Analisa Data ………………………………………..
22

BAB   III
:
PENUTUP



A.
Simpulan .…………..…………….……………………
23


B.
Saran  ……….…………………………....……………
24

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN





DAFTAR TABEL


Tabel 1
:
Kriteria Penilaian Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Way Linti Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Tahun 2011/2012 ……
18
Tabel 2
:
Penilaian Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Way Linti Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Tahun 2011/2012…………………………………………………..
20
Tabel 3
:
Data Kemampuan Memahami Cerita Rakyat “Way Linti” Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Kecamatan Adiluwih Tahun Pelajaran  2011/2012 …………
22



Halaman Depan Makalah
Bagian Isi belum diupload 
Send me : gurumimu.belajar@gmail.com 
                081369648840