ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT SISWA KELAS
X MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH TUNGGUL PAWENANG
Oleh
SULAIMAN
Makalah
Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan
Pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2012
ABSTRAK
ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT SISWA KELAS
X MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH TUNGGUL PAWENANG
Sulaiman
Kemampuan memahami cerita rakyat perlu terus
dikembangkan pada siswa khususnya siswa SMA/MA, karena salah satu tujuan
pengajaran sastra di sekolah menengah yang tidak mudah dicapai adalah pemahaman
dan penghargaan siswa terhadap sastra. Dalam proses pembelajaran, membaca dapat
dijadikan sebagai modal awal setiap siswa untuk memahami dan mengapresiasi. Cerita
rakyat yang merupakan warisan budaya bangsa, kini kurang digemari oleh generasi
muda. Mereka lebih menyukai hal-hal yang berbau modern, sementara cerita rakyat
dianggap tradisional. Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Kemampuan
Memahami Cerita Rakyat Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian makalah ini bersifat
deskriptif analitis yang dilakukan di kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang
mengenai kemampuan pemahaman terhadap cerita rakyat. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan penulis dengan cara menganalisis hasil uji kompetensi
mengenai kemampuan siswa dalam memahami cerita rakyat ”Buaya Perompak”. Hasil
analisis tersebut menunjukkan bahwa prosentase keberhasilan siswa secara
keseluruhannya yakni dari jumlah siswa kelas X sebanyak 34 siswa, ada 24 siswa
(70,59 %) siswa yang telah tuntas, sementara ada 10 siswa (29,41 %) yang tidaktuntas.
dengan nilai rata-rata kemampuan memahami cerita rakyat “Buaya Perompak”
sebesar 75,74.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di disimpulakan bahwa kemampuan
memahami cerita rakyat pada siswa kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang masih
tergolong rendah, karena masih banyak siswa yang belum tuntas dalam belajarnya.
Adapun cara yang tepat menyikapi hal tersebut adalah : (1) perlunya guru
menggunakan metode yang sesuai yaitu metode penemuan atau inquiri dan dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
(GI); (2) perlunya pendekatan psikologi sastra oleh guru; (3) perlunya
merancang aktivitas menyimak yang melibatkan para pembelajar secara pribadi dan
diberi umpan balik yang jelas, serta lebih berfokus pada pengajaran dari pada
evaluasi; (4) perlunya menyusun skenario pembelajaran yang tepat sesuai dengan
indikator ketercapaian dan sesuai pula dengan karakter pembelajaran.
Judul Makalah
|
ANALISIS
KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH
TUNGGUL PAWENANG
|
|
Nama Mahasiswa
|
SULAIMAN
|
|
No. Pokok
Mahasiswa
|
06020124
|
|
Program studi
|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
|
Jurusan
|
Pendidikan Bahasa dan Seni
|
Menyetujui
1. Komisi Pembimbing
Pembimbing Ketua
Jurusan
Drs. Muntazir, M.M. Drs. Muntazir, M.M.
NIP 19571207 198703 1 001 NIP 19571207 198703 1 001
MENGESAHKAN
1. Tim Penguji
Ketua : 1. …………………….
Sekretaris : 2. …………………….
Penguji : I. Drs. Muntazir, M.
M. …………………….
II.
Drs. H. Wanawir, M.M. …………………….
2. Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu
Dr. Tri Yuni Hendrowati, M.Pd
NIP. 19660626 199102 2 001
Tanggal Lulus Ujian Makalah : 03 Maret 2012
PERSEMBAHAN
Makalah ini kupersembahkan kepada :
1.
Ayah Musa dan Ibu Sumiati tercinta
yang selalu membimbing dan mendo’akan
atas keberasilanku.
2.
Istriku tersayang, Yuliana. yang selalu memotivasi dan
mendoakan keberhasilanku.
3.
Anakku tercinta Hawa Yuliana Sifa
selalu menghibur di kala pikiran lagi jenuh.
4.
Teman-temank seperjuangan di MA Al
Hidayah dan MI Hidayatul Mubtadiin Srikaton Adiluwih yang selalu memberi
dukungan akan keberhasilanku.
5.
Almamaterku STKIP Muhammadiyah
Pringsewu Lampung
MOTTO
MOTTO
Allah
akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang
diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS Al Mujadalah (58) : 11)
RIWAYAT HIDUP
Penulis
lahir di Palas Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 20 Mei 1979
anak dari Ayah Musa dan Ibu Sumiati.
Status sudah menikah dengan Yuliana, S.Pd. dan kini telah dikaruniai seorang
anak bernama Hawa Yuliana Sifa.
Riwayat
Pendidikan
Pendidikan
yang pernah penulis tempuh adalah:
1.
SD Negeri 6 Bangunan tamat tahun
1991
2. Madrasah Tsanawiyah
GUPPI 05 Bumirestu tamat tahun 1995
3. Madrasah Aliyah
Ma,arif Bumirestu lulus tahun
1998
4. Diploma II Univesitas
Lampung selesai tahun 2001
5. Kuliah di Sekolah
Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Muhammadiyah Pringsewu Lampung,
Jurusan Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia masuk tahun 2009 hingga sekarang
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan
hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini, namun penulis menyadari
dalam penulisan makalah ini baik kajian maupun bentuknya masih jauh dari
sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis
harapkan guna perbaikan penulisan di masa yang akan datang.
Makalah ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana
pendidikan pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
Dalam menyelesaikan makalah ini penulis banyak
dibantu oleh berbagai pihak. Untuk itu penulis sampaikan terima kasih kepada:
1. Dr. Tri Yuni
Hendrowati, M.Pd., selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
2. Drs. Muntazir, M.M., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, pada STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, yang sekaligus
sebagai pembimbing penulisan makalah ini
.
3. Bapak dan Ibu Dosen,
serta staf karyawan STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
4. Semua pihak yang
telah turut serta membantu dalam penyusunan makalah ini.
Semoga semua amal baik Bapak, Ibu dan
Saudara dibalas Allah SWT, dengan pahala yang setimpal. Penulis berharap
mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi
pembaca umumnya.
Pringsewu, Februari 2012
Penyusun,
SULAIMAN
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………
|
i
|
ABSTRAK …………………………………………………………………
|
ii
|
HALAMAN PERSETUJUAN
…………………………………………….
|
iii
|
HALAMAN PENGESAHAN
……………………………………………...
|
iv
|
HALAMAN PERSEMBAHAN
……………………………………………
|
v
|
MOTTO …………………………………………………………………….
|
vi
|
RIWAYAT HIDUP
………………………………………………………...
|
vii
|
KATA PENGANTAR
……………………………………………………..
|
viii
|
DAFTAR ISI
……………………………………………………………….
|
x
|
DAFTAR TABEL
………………………………………………………….
|
xii
|
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN
|
||
A.
|
Latar
Belakang Masalah ……………………..…..……
|
1
|
||
B.
|
Rumusan Masalah
…..…………………………………
|
5
|
||
C.
|
Tujuan
dan Kegunaan Penulisan Masalah …………….
|
5
|
||
BAB II
|
:
|
KAJIAN TEORI
DAN PEMBAHASAN
|
|||
A.
|
Kajian
Teori ………………......………………....……
|
6
|
|||
1. Hakikat
Analisis Kemampuan Memahami …….…..
|
6
|
||||
2. Hakikat
Memahami Cerita Rakyat …………………
|
7
|
||||
a.
Pengertian Memahami …………………….……..
|
7
|
||||
b.
Pengertian Cerita Rakyat ………………….……..
|
9
|
||||
c.
Jenis-jenis Cerita Rakyat ………………….……..
|
10
|
||||
d. Fungsi
Cerita Rakyat …………………….………
|
13
|
||||
e. Contoh
Cerita Rakyat ……………………………
|
14
|
||||
f.
Kriteria Memahami Cerita Rakyat ………………
|
16
|
||||
B.
|
Pembahasan
…………………………………………..
|
17
|
|||
1. Poses
Pengumpulan Data ………………………….
|
17
|
||||
2. Instrumen
Penelitian ……………………………….
|
18
|
||||
3.
Penyajian Data ………………………………………
|
20
|
||||
4. Analisa
Data ………………………………………..
|
22
|
||||
BAB III
|
:
|
PENUTUP
|
||
A.
|
Simpulan .…………..…………….……………………
|
23
|
||
B.
|
Saran ……….…………………………....……………
|
24
|
||
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 1
|
:
|
Kriteria Penilaian Kemampuan
Memahami Cerita Rakyat Way Linti Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang
Tahun 2011/2012 ……
|
18
|
Tabel 2
|
:
|
Penilaian Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Way Linti
Siswa Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Tahun 2011/2012…………………………………………………..
|
20
|
Tabel 3
|
:
|
Data Kemampuan Memahami Cerita Rakyat “Way Linti” Siswa
Kelas X MA Al Hidayah Tunggul Pawenang Kecamatan Adiluwih Tahun
Pelajaran 2011/2012 …………
|
22
|
Halaman Depan Makalah
Bagian Isi belum diupload
Send me : gurumimu.belajar@gmail.com
081369648840