RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
|
:
|
MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
Kelas / Semester
|
:
|
VI/I (Enam / Satu)
|
Pertemua Ke
|
:
|
2 (Dua)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 35 menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami hubungan antara
cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
I.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bebek) dan lingkungan hidupnya
II. Indikator
1.
Secara
kreatif siswa dapat menggabungkan
kartu/gambar hewan yang diberikan
2.
Secara
kritis siswa dapat menuliskan nama hewan yang diamati
3.
Secara
cerdas siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri khusus hewan yang diamati
4.
Secara
kooperatif siswa dapat mendiskusikan lingkungan hidup hewan yang diamati
III. Materi
A.
Materi Pokok
Ciri-ciri
khusus pada Hewan
B.
Uraian Materi
Makhluk hidup memerlukan tempat
tinggal yang disebut lingkungan. Setiap makhluk hidup mempunyai lingkungan yang
berbeda-beda sesuai cirri-ciri khusus yang dimilikinya. Lingkungan yang sesuai
itulah yang menyebabkan ia dapat hidup dengan baik.
1.
Hewan
kelelawar
Untuk dapat terbang dengan arah yang
benar, kelelawar menggunakan system sonar. Sonar berguna memancarkan gelombang suara.
Sonar mengeluarkan getaran dari celah
kecil dan tipis. Getaran tersebut dapat didengar kembali ketika mengenai benda
di depannya dan menghasilkan gelombang pantulan sebagai gema. Gelombang
pantulan ditangkap oleh telinga kelelawar sehingga dapat menentukan lokasi mangsanya
dan ia dapat menghindari benda yang menghalanginya.
Ciri-ciri Hewan kelelawar :
-
Memiliki
sonar
-
Memiliki
selaput kulit yang tipis di antara tulang-tulang lengannya
-
Ujung-ujung
sayap terdapat ibu jari yang mirip cakar
-
Termasuk
nocturnal
-
Seluruh
badannya berbulu
-
Mamalia
yang bisa terbang
2.
Hewan
cecak
Ciri-ciri khusus
hewan cecak adalah :
-
Memiliki
alat perekat pada kakinya
-
Memiliki
lidah yang relative panjang sehungga mudah menangkap mangsanya
-
Mempunyai
kemampuan memutus ekornya untuk mengelabuhi musuh yang disebut autotomi
3.
Hewan
bebek
Ciri-ciri khusus
hewan bebek adalah :
-
Mempunyai
kaki berselaput, sehingga memudahkan untuk berenang
-
Mempunyai
paruh lebar dan dilengkapi dengan selaput yang berguna untuk menyaring makanan
yang ada di lumpur
-
Memiliki
bulu berlapis lilin sehingga tidak basah terkena air
IV. Metode Pembelajaran
-
Inquiry,
-
Kooperatif
tipe STAD (Student Team Achievement Division)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Pendahuluan (waktu 10 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengecek kehadiran siswa
3.
Mengajak berdoa
4.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.
Apersepsi : bertanya kepada siswa tentang hewan yang bisa terbang,
|
1.
Menjawab salam
2.
Memperhatikan
3.
Berdoa
4.
Menyimak
5.
Menjawab
|
Religious
Tertib
Religious
Ingin tahu
Cermat, cerdas
|
B. Kegiatan Inti
(waktu 50 menit)
B.1
Eksplorasi (waktu 10 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
1. Menjelaskan
cirri-ciri khusus hewan kelelawar, cecak, dan bebek
2. Membagi kelas
menjadi 3 kelompok
3. Membagi kartu
gambar potongan hewan dan kertas kerja siswa
|
1. Memperhatikan
dan mencatat penjelasan guru
2. Berkumpul bersama kelompoknya
3. Mengamati kartu gambar potongan
|
Ingin tahu
Kebersamaan
Kritis
|
B.2
Elaborasi (waktu 30 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
1. Meminta masing-masing kelompok siswa untuk
mendiskusikan dan menggabungngkan kartu gambar potongan hewan
2. Meminta masing-masing kelompok siswa untuk
mendiskusikan dan menuliskan nama hewan yang diamati dari kartu gambar hewan
3. Meminta masing-masing kelompok siswa untuk
mengidentifikasi cirri-ciri khusus hewan yang diamati dan lingkungan hidupnya
4. Meminta masing-masing kelompok siswa menyiapkan juru
bicaranya untuk mempresentasikan hasil diskusinya
5. Meminta wakil dari kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas
6. Meminta kelompok siswa yang lain untuk menyimak dan
mengkritisi
7. Memberi penguatan pada hasil presentasi siswa
|
1. Berdiskusi menggabungkan kartu gambar hewan yang
diterima
2. Berdiskusi dan menuliskan nama hewan yang diamati dari
kartu gambar hewan
3. Mengidentifikasi cirri-ciri khusus hewan yang diamati
dan lingkungan hidupnya
4. Menyiapkan calon juru bicaranya
5. Mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan
kelas
6. Menyimak dan mengkritisi presentasi kelompok lain
7. Memperhatikan
|
Kooperatif
kreatif
Cermat
Kooperatif
Kooperatif
Cerdas
Cermat
Tanggung jawab
Berani mengambil resiko
Kritis
Ingin tahu
Ceria
|
B.3
Konfirmasi (waktu 5 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
1. Menjawab kepada
siswa tentang hal-hal yang belum diketahui
2. Bersama siswa
meluruskan dan mengklarifikasi jika terjadi kesalahan persepsi atau pemahaman
|
1. Bertanya kepada
guru tentang ha-hal yang belum diketahui
2. bersama guru meluruskan pemahaman atau konsep yang
mungkin kurang tepat
|
Ingin tahu
Kritis
Cerdas
|
C.
Penutup (waktu 5 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
1. Bersama siswa membuat kesimpulan
2. Memberikan pesan moral tentang ke Maha Kuasaan Allah
yang telah menciptakan cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan
3. Memberikan PR
|
1. Bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
2. Menyimak
3. Menerima
|
Cerdas
Kritis
Religious
Tanggung jawab
|
VI. Sumber, Media
Pembelajaran
1. Buku
Paket IPA Kelas VI SD/MI oleh Haryanto Penerbit Erlangga Jakarta
2. Buku
LKS IPA Kelas VI Penerbit CV. Ar Rahman Solo
3.
Kartu gambar hewan
VII. Penilaian
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.
|
Menggabungkan kartu gambar hewan
|
Tes
|
Essay
|
Gabungkan potongan gambar hewan ini menjadi bentuk gambar
hewan
|
2.
|
Menuliskan nama hewan yang diamati
|
Tes
|
Essay
|
Tuliskan nama hewan yang diamati
|
3.
|
Mengidentifikasi cirri-ciri khusus pada hewan yang diamati
|
Tes
|
Essay
|
Identifikasikan cirri-ciri khusus pada hewan yang diamati
|
4.
|
Mendiskusikan lingkungan hidup hewan yang diamati
|
Non-Tes
|
Unjuk kerja
|
Diskusikan mendiskusikan lingkungan hidup hewan yang diamati
|
Pringsewu,
Mei 2012
|
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP. -
|
Guru Mata Pelajaran
Drs. KABUL RIFAI, S.Pd. SD
NIP.196607182005011001
|
LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk : Kerjakan Secara Kelompok!
Kelompok ..........
|
Anggota :
|
|
1.
|
.......................................
|
|
2.
|
.......................................
|
|
3.
|
.......................................
|
|
Amatilah kartu potongan
hewan yang Anda terima dan isilah table di bawah ini !
NO
|
NAMA HEWAN
|
LINGKUNGAN TEMPAT
TINGGAL
|
CIRI-CIRI KHUSUS YANG
DIMILIKI
|
1.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
||
2.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
||
3.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
Kolom Penilaian
|
Paraf
|
|||
Tertulis
|
Lisan
|
Praktik
|
Guru
|
Orang Tua
|
LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk : Kerjakan Secara Kelompok!
Kelompok ..........
|
Anggota :
|
|
1.
|
.......................................
|
|
2.
|
.......................................
|
|
3.
|
.......................................
|
|
Amatilah kartu potongan
hewan yang Anda terima dan isilah table di bawah ini !
NO
|
NAMA HEWAN
|
LINGKUNGAN TEMPAT
TINGGAL
|
CIRI-CIRI KHUSUS YANG
DIMILIKI
|
1.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
||
2.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
||
3.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
Kolom Penilaian
|
Paraf
|
|||
Tertulis
|
Lisan
|
Praktik
|
Guru
|
Orang Tua
|
LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk : Kerjakan Secara Kelompok!
Kelompok ..........
|
Anggota :
|
|
1.
|
.......................................
|
|
2.
|
.......................................
|
|
3.
|
.......................................
|
|
Amatilah kartu potongan
hewan yang Anda terima dan isilah table di bawah ini !
NO
|
NAMA HEWAN
|
LINGKUNGAN TEMPAT
TINGGAL
|
CIRI-CIRI KHUSUS YANG
DIMILIKI
|
1.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
||
2.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
||
3.
|
1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..
|
Kolom Penilaian
|
Paraf
|
|||
Tertulis
|
Lisan
|
Praktik
|
Guru
|
Orang Tua
|



Ciri-ciri Hewan kelelawar :
-
Memiliki
sonar
-
Memiliki
selaput kulit yang tipis di antara tulang-tulang lengannya
-
Ujung-ujung
sayap terdapat ibu jari yang mirip cakar
-
Termasuk
nocturnal aktif malam hari
-
Seluruh
badannya berbulu
-
Mamalia
yang bisa terbang
Ciri-ciri khusus
hewan cecak/tokek adalah :
-
Memiliki
alat perekat pada kakinya
-
Memiliki
lidah yang relative panjang sehungga mudah menangkap mangsanya
-
Mempunyai
kemampuan memutus ekornya (autotomi)
-
Kemampuan
regenerasi (tumbuhnya ekor kembali)
Ciri-ciri khusus
hewan bebek adalah :
-
Mempunyai
kaki berselaput, sehingga memudahkan untuk berenang
-
Mempunyai
paruh lebar
-
Memiliki
alat penyaring makanan yang ada di lumpur
-
Memiliki
bulu berlapis lilin sehingga tidak basah terkena air
Cirri-ciri khusus hewan / ikan lele :
-
Mengeluarkan kelenjar cairan (labirin)
-
Mampu bertahan di lumpur
-
Memiliki alat penusuk (patel)
-
Memiliki kumis untuk mendeteksi mangsa
-
Memiliki ekor yang lebar
Cirri-ciri khusus
burung elang :
-
Memiliki sayap lebar
-
Memiliki kaki yang kokoh
-
Memiliki kuku yang kuat dan tajam
-
Paruh yang besar berbentuk bengkok
-
Penglihatan yang tajam
Cirri-ciri khusus hewan kucing :
-
Memiliki kuku yang tajam
-
Penglihatan yang tajam pada malam hari
-
Memiliki taring
-
Memiliki penciuman yang tajam
-
Berbulu tebal dan halus