Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
SIKLUS
II
Nama
Sekolah : SD Negeri 3 Waringinsari Barat
Tema : Pekerjaan
Sub
Tema : Petani
Kelas/Semester : III
/ II
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
|
||
I.
|
Matematika
|
|
3.
|
Memahami
pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
|
II.
|
IPS
|
|
-
|
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
|
II. Kompetensi Dasar
1. Matematika :
3.1
Mengenal pecahan sederhana
3. IPS :
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
III. INDIKATOR
1 Membaca lambang bilangan pecahan
,
,
, 
2. Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
:
iv. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membaca lambang bilangan pecahan
,
,
, 
2. Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk
gambar
3. Siswa dapat
menjelaskan 3 ciri orang yang memiliki
semangat kerja
V. Materi
Pokok
§
Pecahan
§
Semangat
kerja
VI. MetodE Pembelajaran
Metode :
Pengamatan,
Diskusi Kelompok, Role Playing, Demonstrasi dan Tanya Jawab.
VII. Langkah-langkah pembelajaran
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alat / sumber
|
Penilai-an
|
1. Siswa dapat membaca lambang bilangan pecahan
2. Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan
berbagai bentuk gambar
-
Siswa dapat menjelas-kan ciri orang
yang memiliki semangat kerja
|
Pembukan
·
Guru memberi salam
·
Anak diajak berdoa sebelum melakukan kegiatan
·
Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
Inti
Pertemuan pertama :
·
Guru
menunjukkan kertas bentuk bangun persegi ibarat sepetak sawah yang ditanami
padi, palawija, kolam dan sebagiannya.
·
Siswa
diminta mengidentifikasi bagian-bagian dari bangun persegi yang diarsir
(diwarnai) sebagai simbul sebuah tanaman. Umpamanya :
kuning adalah tanaman padi, hijau adalah sayuran,
coklat adalah tanaman jagung, warna biru adalah kolam,
merah adalah tanaman tomat, dan putih adalah lahan
kosong.
·
Guru membagi kertas potongan dari bangun berbentuk
persegi dengan berbagai ukuran dan berbagai warna secara acak kepada siswa.
·
Setelah semua siswa dinyatakan telah memegang
potongan kertas lalu diminta berkelompok berdasarkan warna dan ukuran
masing-masing.
·
Siswa diminta menggandeng-kan potongan kertas yang
dipegangnya agar membentuk sebuah bangun persegi utuh.
·
Bagi yang sudah selesai menggandeng potongan
kertas yang dipegangnya dan sesuai dengan gandengannya, anak dalam group itu
diminta segera mengangkat tangan sambil berteriak ”semangat ....yess!”.
Kemudian
anak diminta membacakan bentuk pecahan yang dipegangnya. Kemudian menuliskan
lambang bilangan sesuai bagian pecahan dari bangun yang dipegangnya. Seperti
: pecahan
·
Dalam waktu yang ditentukan ternyata ada kelompok
yang belum selesai maka diberi hukuman untuk menyanyi di depan kelas. Sehabis
menyanyi anak diminta juga berteriak ”semangat....yess!”.
·
Guru bersama siswa membaca lambang bilangan
pecahan berdasarkan jawaban masing-masing kelompok yang ditulis di papan
tulis.
·
Siswa diminta mencermati kembali bentuk potongan
kertas yang dipegangnya, kemudian menyimpulkan bahwa bagian yang dipegangnya adalah
satu bagian dari beberapa bagian yang ada di kelompoknya. Jika kelompoknya
berjumlah 4 berarti ¼, jika kelompoknya 3 berarti 1/3, dan seterusnya.
·
Guru menjelaskan sebuah gambar sepetak sawah yang
dibagi 4 sama rata akan ditanami padi, jagung, sayuran, dan dibuat kolam.
Masing-masing bagian adalah ...(1/4).
Pertemuan Kedua :
·
Guru menjelaskan jenis usaha yang mayoritas di negeri
ini, yaitu pertanian. Jangan berkecil hati jadi petani, banyak petani yang
sukses seperti naik haji, menyekolahkan anak-anaknya sampai perguruan tinggi,
mempunyai mobil, dan sebagainya. Ayo.. siapa tahu apa yang menjadi kunci
sukses seseorang dalam usahanya itu ?
·
Guru menjelaskan arti dan pentingnya semangat
kerja. Semangat kerja itu syaratnya adalah : mencintai pekerjaannya, tanggung
jawab, disiplin, jujur, dan kreatif.
·
Kemudian guru menjelaskan manfaat dari semangat
kerja dan akibat orang yang tidak memiliki semangat kerja.
·
Guru membagikan tugas kepada siswa untuk
mengidentifikasi atau mencatat manfaat memiliki semangat dalam bekerja dan
akibatnya bagi seseorang yang tidak memiliki semangat kerja.
·
Guru
membimbing setiap siswa baik kelompok maupun pribadi dalam mengerjakan
tugasnya.
·
Memotivasi
kepada siswa untuk selalu aktif dalam menyelesaikan tugas.
·
Guru
mengulas kembali materi yang telah dipelajari untuk memantapkan pemahaman
siswa.
Penutup
·
Anak
mencari nama-nama orang sukses dan pekerjaannya yang ada di sekitarnya.
|
Buku Bahasa Indonesia, Aku Bangga Bahasa
Indonesia, Ismoyo, Romiyatun, BSE,
hal. 84 – 89
Buku Matematika, Cerdas Berhitung Matematika 3, Nurfajariyah, Defi
Triratnawati, BSE, hal. 135 - 140
Buku IPS Terpadu Kelas III
SD/MI, Tim Bina Karya Guru, Erlangga, hal. 75 – 101
Gambar orang
bekerja
Gambar
penjual dan pembeli di pasar
Kertas
bentuk lingkaran
|
Obser-vasi
|
VIII. PENILAIAN
Format Penilaian Untuk Keberhasilan
Kegiatan Siklus II
Nama : ........................................... Kelas : III No. Absen : ............
No
|
Kegiatan
|
Kategori
Penilaian
|
||
Berhasil
|
Belum
Berhasil
|
Tidak
berhasil
|
||
1
|
Menggandengkan
potongan-potongan kertas sehingga membentuk bangun persegi yang sempurna
|
|||
2
|
Membaca lambang bilangan pecahan
yang benar
|
|||
3
|
Membaca lambang bilangan pecahan yang nilainya
|
|||
4
|
Menyajikan nilai pecahan yang nilainya
|
|||
5
|
Menjelaskan pentingnya
semangat kerja dalam memenuhi kebutuhan hidup
|
|||
6
|
Menjelaskan ciri-ciri orang
yang memiliki semangat kerja
|
|||
Format Penilaian Aktivitas pada Kegiatan
Siklus II
Nama : ........................................... Kelas : III No. Absen : ............
No
|
Kegiatan
|
Kategori
Penilaian
|
||
Aktif
|
Kurang Aktif
|
Tidak Aktif
|
||
1
|
Keterlibatan saat mengikuti kegiatan
|
|||
2
|
Antusiasme saat mengikuti kegiatan
|
|||
3
|
Keberanian dalam mengemukakan pendapat
|
|||
4
|
Kebersamaan dalam mengerjakan tugas
|
|||
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 3 Waringinsari
LASIMAN, A.Ma.Pd.
NIP
19601010
198010 1 001
|
Waringinsari
Barat, Februari 2012
Peneliti (Guru
Kelas III)
S U K I N A H
NPM 1013119076
|