Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SIKLUS
I
Nama
Sekolah : SD Negeri 3 Waringinsari Barat
Tema : Pekerjaan
Sub
Tema : Petani
Kelas/Semester : III
/ II
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
|
||||
-
|
Bahasa
Indonesia
|
|||
5.
|
Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
|
|||
-
|
Matematika
|
|||
3.
|
Memahami
pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
|||
-
|
IPS
|
|||
-
|
||||
II. Kompetensi Dasar
1. Bahasa Indonesia :
5.2 Menirukan dialek dengan ekspresi yang tepat dari
pembacaan teks drama anak yang didengarnya
2. Matematika :
3.1
Mengenal pecahan sederhana
3. IPS :
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
III. INDIKATOR
- Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan
- Membuktikan pecahan
,
- Membuktikan
pecahan
,
- Menjelas-kan alasan orang harus bekerja
iv. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan
2. Siswa dapat membaca
lambang bilangan pecahan
,
,
, 
3. Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk
gambar
4. Siswa dapat menjelaskan 3 ciri orang yang memiliki semangat kerja
V. Materi
Pokok
§ Penggalan teks drama mengenai kegiatan jual beli di pasar
§ Pecahan
§ Semangat kerja
VI. MetodE Pembelajaran
Metode :
Pengamatan,
Diskusi Kelompok, Role Playing, Demonstrasi dan Tanya Jawab.
VII. Langkah-langkah pembelajaran
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alat / sumber
|
Penilai-an
|
-
Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan
-
Membuktikan pecahan
- Membukti-kan
pecahan
-
Menjelas-kan alasan orang harus bekerja
|
Pembukan
·
Guru memberi salam
·
Anak diajak berdoa sebelum melakukan kegiatan
·
Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
·
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang sesuatu
yang berhubungan dengan pekerjan sebagai apersepsi untuk menggiring pemikiran
dan kesiapan siswa dalam mengikuti tentang pekerjaan.
Inti
Pertemuan Pertama :
·
Membentuk kelompok kerja siswa.
·
Guru menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama.
·
Guru
menunjukkan gambar yang di dalamnya terdapat gambar-gambar beraneka pekerjaan
·
Guru membacakan penggalan teks drama mengenai
kegiatan jual beli di pasar
·
Anak berdiri berpasangan
·
Secara bergiliran masing-masing pasangan
memperagakan atau menirukan kegiatan jual beli di pasar
·
Guru
membagi lembar kerja siswa kepada masing-masing kelompok yaitu melengkapi
teks drama tentang kegiatan penjual dan pembeli
·
Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompoknya.
·
Perwakilan
dari masing-masing kelompok berdiri menyampaikan hasil kerja kelompok yaitu
bermain peran dengan tema/judul penjual dan pembeli
·
Guru
menjelaskan materi tentang kegiatan penjual dan pembeli yang menyebutkan
harga gula
·
Guru
menjelaskan bilangan pecahan sederhana yaitu
·
Guru
menjelaskan kue tar yang berbentuk lingkaran jika dibagai 2 anak (Guru
menunjuk 2 anak A dan B supaya maju) maka pengertiannya adalah 1 dibagi 2.
Jadi bagian A =
·
Guru
membagi kertas bentuk lingkaran ibarat kue tar kepada kelompok yang ditunjuk
yang beranggotakan 3 anak, maka pengertiannya adalah 1 dibagi 3 atau 1 per 3.
·
Guru
membagikan kertas yang berbentuk lingkaran untuk satu kelompok yang
beranggotakan 4 anak. Coba kertas yang berbentuk lingkaran tersebut kalian
bagi sama rata untuk kalian berempat. Hasilnya adalah 1 dibagi 4 atau 1 per
4.
·
Demikian
juga kertas berbentuk lingkaran yang dibagi untuk 6 anak hasilnya adalah 1
dibagi 6 atau 1 per 6.
·
Guru
membagi sejumlah kertas berbentuk lingkaran kepada kelompok yang
beranggotakan 4 anak. Anak diminta untuk mebuktikannya.
·
Dengan
pembagian kelompok beranggotakan 4 anak, berarti ada 2 anak yang tidak
menjadi anggota kelompok. Dua anak ini mengannggur. Coba kalian perhatikan
apa yang diperoleh dari 28 anak yang bekerja dan apa yang diperoleh dari 2
anak yang menganggur tadi.
·
Bagi anak
yang bekerja dia akan mendapatkan bagian atau memperoleh hasil, bagi yang
tidak bekerja maka dia tidak mendapat apa-apa. Itulah gambaran hidup. Apabila
kita mau bekerja pasti kita akan memperoleh hasil, tapi kalau kita
malas-malasan sudah pasti tidak dapat apa-apa. Padahal kebutuhan hidup ini
sangat banyak.
·
Guru
menjelaskan berbagai kebutuhan hidup manusia yaitu sandang, pangan, papan,
pendidikan, dan kesehatan, yang harus terpenuhi. Untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut orang harus bekerja.
·
Guru
membagikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi atau mencatat
macam-macam pekerjaan yang ada di sekitarnya.
Pertemuan Kedua ;
·
Guru
menunjukkan gambar cuplikan dari peristiwa Ulang Tahun teman se kelas
·
Siswa
diminta mengidentifikasi hal-hal penting dari peristiwa yang diinformasikan.
·
Siswa
diminta menceritakan kembali peristiwa yang disimak secara bergantian
mewakili kelompoknya.
·
Bagi
anggota kelompok dipersilakan untuk mencatat di buku catatan.
·
Anak
diminta menghitung jumlah yang hadir dalam acara tersebut.
·
Guru membantu
siswa mengidentifikasi pakaian yang dikenakan bagi tamu yang hadir yaitu :
yang memakai jas dan berdasi ada 4 orang; yang memakai jilbab ada 6 orang;
yang memakai peci hitam ada 2 orang; dan yang memakai kebaya ada 3 orang.
·
Siswa diminta memainkan peran sebagai tamu yang
hadir dan dikelompokkan berdasarkan jenis pakaiannya.
·
Kelompok tamu yang memakai jas dan berdasi
sebanyak 4 orang lalu diberi hidangan berupa kue tar (yaitu kertas berbentuk
lingkaran) supaya dibagi rata, kemudian menuliskan hasilnya yaitu
·
Berdasarkan peragaan yang diperankan anak-anak tersebut, kemudian guru
menjelaskannya sekilas untuk membuktikan hasil kerja siswa yang bertujuan
untuk memantapkan pemahaman dan memberi reward / penghargaan atas
keberhasilannya.
Pertemuan Ketiga :
Berdasarkan pengamatan terhadap gambar yang disampaikan
tentang peristiwa ulang tahun Teman :
·
Guru meminta kepada siswa untuk mengamati lagi bahwa di sana ada beberapa
tamu yang memakai jas dan berdasi,
·
”Siapakah dia?” dan ”kira-kira apakah pekerjaan orang tersebut?”
·
Siswa diminta memberikan pendapatnya.
·
Hasil jawaban siswa di antaranya:
- Orang kaya;
- Para pejabat;
- Tokoh masyarakat, dll;
·
Guru memberikan balikan jawaban bahwa semua
jawaban adalah benar. Mereka itu adalah para pejabat, tokoh masyarakat, dan
seorang lagi adalah seorang pengusaha sukses di desa ini.
·
Coba kalian sebutkan ”apa yang menyebabkan seorang
menjadi sukses?”. Dari jawaban siswa kemudian guru bersama siswa membuat
kriteria persyaratan orang menjadi sukses yaitu : mempunyai semangat kerja.
·
Guru menjelaskan pentingnya semangat kerja agar
kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi
·
Siswa dengan bimbingan guru menuliskan Manfaat
memiliki semangat kerja yang tinggi yaitu seorang tidak akan kehilangan
pekerjaan dan hasilnya maksimal. Sebaliknya orang yang tidak punya semangat
kerja akibatnya dia akan kehilangan pekerjaan, pekerjaan terbengkalai, dan
tidak akan mempunyai penghasilan yang tetap.
·
Guru membagikan tugas kepada siswa untuk
mengidentifikasi atau menngungkapkan kembali manfaat memiliki semangat yang tinggi dalam
bekerja dan akibatnya bagi seseorang yang tidak memiliki semangat kerja.
·
Guru
membimbing dan memotivasi setiap siswa baik kelompok maupun pribadi dalam
mengerjakan tugasnya.
·
Guru
mengulas kembali materi yang telah dipelajari untuk memantapkan pemahaman
siswa.
Penutup
·
Anak
mencari atau menentukan hasil dari nama-nama pekerjaan yang dituliskannya
dalam tabel.
|
Buku Bahasa Indonesia, Aku Bangga Bahasa
Indonesia, Ismoyo, Romiyatun, BSE,
hal. 84 – 89
Buku Matematika, Cerdas Berhitung Matematika 3, Nurfajariyah, Defi
Triratnawati, BSE, hal. 135 - 140
Buku IPS Terpadu Kelas III
SD/MI, Tim Bina Karya Guru, Erlangga, hal. 75 – 101
Gambar orang
bekerja
Gambar
penjual dan pembeli di pasar
Kertas
bentuk lingkaran
|
Obser-vasi
|
VIII. PENILAIAN
Format penilaian Aktivitas Proses Kegiatan
Pembelajaran siklus I
Nama :
...........................................
Kelas : III No. Absen :
.............
No
|
Kegiatan
|
Kategori
Penilaian
|
||
Berhasil
|
Kurang
Berhasil
|
Tidak
Berhasil
|
||
1
|
Menirukan dialog dan gaya
penjual sayuran di pasar
|
|||
2
|
Menirukan dialog dan gaya
pembeli sayuran di pasar
|
|||
3
|
Menceritakan kembali
peristiwa ”Perayaan Ulang Teman” yang diberikan
|
|||
4
|
Mengidentifikasi pakaian yang
dipakai oleh para tamu yang hadir dalam perayaan ulang teman
|
|||
5
|
Menuliskan 5 jenis kebutuhan
pokok sehari-hari
|
|||
6
|
Menuliskan cara-cara atau
langkah-langkah untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya
|
|||
7
|
Menjelaskan pentingnya
semangat kerja dalam memenuhi kebutuhan hidup
|
|||
8
|
Menjelaskan akibat orang yang
tidak memiliki semangat kerja
|
|||
Format Penilaian
Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I
Nama :
...........................................
Kelas : III No. Absen :
.............
No
|
Kegiatan
|
Kategori
Penilaian
|
||
Berhasil
|
Kurang
Berhasil
|
Tidak
Berhasil
|
||
1
|
Membuktikan bilangan pecahan
yang nilainya
|
|||
2
|
Membuktikan bilangan pecahan
yang nilainya
|
|||
3
|
Menuliskan lambang bilangan
pecahan yang nilainya
|
|||
4
|
Menuliskan lambang bilangan
pecahan yang nilainya
|
|||
Format Penilaian Aktivitas Pada
Kegiatan Siklus I
Nama :
...........................................
Kelas : III No.
Absen : .............
No
|
Kegiatan
|
Kategori Penilaian
|
||
Aktif
|
Kurang Aktif
|
Tidak Aktif
|
||
1
|
Keterlibatan saat mengikuti kegiatan
|
|||
2
|
Antusiasme saat mengikuti kegiatan
|
|||
3
|
Keberanian dalam mengemukakan pendapat
|
|||
4
|
Kebersamaan dalam mengerjakan tugas
|
|||
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 3 Waringinsari
LASIMAN, A.Ma.Pd.
NIP
19601010
198010 1 001
|
Waringinsari
Barat, Februari 2012
Peneliti (Guru
Kelas III)
S U K I N A H
NPM 1013119076
|