METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF
Belajar atau pembelajaran adalah
merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan menggapai masa depan yang
cerah,mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang
tinggi.Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa,Negara dan agama.Melihat
peran yang begitu vital dan efisien adalah sebuah keharusan.Dengan harapan
proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan.Di
bawah ini adalah beberapa metode pembelajaran efektif,yang mungkin bisa kita
persiapkan.
<!--more-->
Ø
Metode Debat
Metode debat merupakan salah satu
metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik
siswa.Materi ajar dipilih dan di susun menjadi paket pro dan kontra.Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat
orang.Didalam kelompoknya,siswa (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang
lainnya dalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang di
tugaskan.
Ø
Metode Role Playing
Metode Role Playing adalah suatu
cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan
siswa.Kelebihan metode Role Playing:
1. Melibatkan seluruh siswa dapat berpatisipasi mempunyai
kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerjasama.
2. Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.
3. Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan
dalam situasi dan waktu yang berbeda.
4. guru dapat mengevaluasi pemahaman tiap siswa melalui
pengamatan pada waktu melakukan permainan.
5. Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenabgkan
bagi anak.
Ø
Metode Pemecahan Masalah (Problem
Solving)
Metode Pemecahan Masalah (Problem
Solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan
melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau
perorangan maupun masalah kelompok untuk di pecahkan sendiri atau secara
bersama-sama.Adapun keunggulan metode problem solving sebagai berikut:
1. Melatih siwa untuk mendesain
suatu penemuan.
2.Berpikir dan bertindak kreativ.
3.Memecahkan masalah yang di hadapi
secara realistis.
4.Mengidentifikasi dan melakukan
penyelidikan.
5.Menafsirkan dan mengevaluasi hasil
pengamatan.
Ø
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Problem Based Instruction (PBI)
memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru
menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan
dialog. Langkah-langkahnya:
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar.
- Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
- Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai.
- Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi.
Ø
Cooperative Script
Skrip kooperatif adalah metode
belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan
bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Langkah-langkahnya:
- Guru membagi siswa untuk berpasangan.
- Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
- Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
- Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
- Bertukar peran,semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
Ø
Picture and Picture
Picture and picture adalah suatu
metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan
logis. Langkah-langkahnya:
1. Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai.
- Menyajikan materi sebagai pengantar.
- Guru menunjukan/memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi.
- Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
- Guru menanyakan alas an/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengfan kompetensi yang ingin dicapai.
- Kesimpulan/rangkuman.
Inilah metode pembelajaran yang bisa
kita terapkan agar proses pembelajaran tidak membosankan dan anak didik kita
terpacu dan semangat dalam belajar.
Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/08/metode-pembelajaran-efektif/