#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Wednesday, August 19, 2015

RRP BAHASA ARAB KELAS VI AN NUZHAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan                       : MI Miftahul Ulum Wrsari
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas/ Semester         :  VI/II
Materi Pokok                        : النزهة
Jam Pertemuan          : 1 x 35

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD(
I.                   Kompetensi Inti (KI)
KI – 1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam.
KI -  2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan   percaya diri     dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
KI – 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan            rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda          benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan     tempat bermain.
KI – 4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan    logis, dalam     karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam   tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


II.                Kompetensi Dasar (KD) Dan Indikator
1.1.Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab.
1.2.Meresapi anugerah Allah SWT atas terciptanya bahasa yang beragam
2.1       Memiliki kepedulian, rasa ingin tahu dan percaya diri dalam berkomunikasi         dengan menggunakan media bahasa Arab yang dimiliki

2.2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi      dengan keluarga, teman, tetangga dan guru dengan menggunakan media bahasa                 Arab yang dikuasai.
3.1.      Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait   topik : النـزهة     baik secara lisan maupun tertulis
3.1.1. melafalkan mufrodat tentang  النـزهة
3.1. 2. melafalkan teks qira’ah tema النـزهة

3.2.      Menemukan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait    topik : النـزهة
3.2.1. menterjemahkan teks النـزهة
3.2.2. Menyebutkan aktivitas kegiatan sehari hari  النـزهة

4.4.      Mengungkapkan kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait         topik: النـزهة  dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.4.1. melafalkan teks hiwar tentang ا النـزهة
4.4.2. mendemonstrasikan teks hiwar tentang النـزهة
4.4.3. membiasakan melakukan hiwar tentang النـزهة

III.         Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu melakukan :
1.      Melafalkan teks qiraah   النـزهة dengan baik.
2.      Menterjemahkan teks dengan benar.
3.      Mempraktekkan bacaan teks qiraah dengan benar.
4.      Menyebutkan mufradat tentang pekerjaan rumah dengan benar.
5.      Menyebutkan contoh pekerjaan rumah  dengan benar
6.      melakukan kegiatan sesuai dengan kalimat yang didengarnya dengan baik
7.      menjawab pertanyaan yang didengarkannya dengan benar
8.      mempraktekkan pernyataan yang didengarnya dengan baik
9.      menyempaikan kembali pesan yang didengarkannya dengan benar


IV.             Materi Pokok
Qiroah
فِى شَهْرٍ يُوْلِيو رَحَلَتْ فَاطِمَة إِلَى جَاكَرْتَا مَعَ أُسْرَتِهَا بِالطَّائِرَةِ . ذَهَبَتْ فَاطِمَة إِلَى جَاكَرْتَا لِزِيَارَةِ عَمِّهَا.كَانَ  بَيْتُ عَمِّهَا قَرِيْبٌ مِنْ "تَمَانْ مِيْنِى إِنْدُونِسِيَا إِنْدَهْ" قَالَتْ فَاطِمَة: هذِهِ فُرْصَةٌ جَمِيْلَةٌ، سَأَذْهَبُ إِلَى "تَمَانْ مِيْنِى إِنْدُونِسِيَا إِنْدَهْ".
فِى يَوْمِ اْلأَحَدِ ذَهَبَتْ فَاطِمَة إِلَى  "تَمَانْ مِيْنِى إِنْدُونِسِيَا إِنْدَهْ"    ثُمَّ دَخَلَتْ إِلَى المَتْحَفِ بَيْتِ الْقُرْآنِ . فِى بَيْتِ الْقُرْآنِ مَصَاحِفُ كَثِيْرَةٌ . مِنْهَا مُصْحَف اْلاِسْتِقْلاَلِ وَمُصْحَفُ وَنُوْصُوبُوا وَغَيْرُهَا . هُنَاكَ  مَصَاحِفُ كَبِيْرَةٌ وَ مَصَاحِفُ صَغِيْرَةٌ. كَتَبَتْ فَاطِمَة اَشْيَاءً مُهِمَّةً وَأَحْيَانًا سَأَلَتْ إِلَى الْمُوَظِّفِ اِنْ لَمْ تَفْهَمْ. خَرَجَتْ فَاطِمَة مِنْ المَتْحَفِ وَنَظَرَتْ مَنَاظِرَ جَمِيْلَةً جِدًّا. ثُمَّ ذَهَبَتْ إِلَى الْمسْجِدِ "التِّيْنِ" لِصَلاَةِ الظُّهْرَ. تَنَاوَلَتْ الْغَدَاءْ مَعَ اُسْرَتِهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فِى الْمَطْعَمِ .      
عَادَتْ فَاطِمَة إِلَى بَيْتِ عَمِّهَا فِى السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ وَالرُّبُعِ بِالقِطَارِ مَسْرُوْرَةً.
Alhiwar
اَلْحِوَارُ بَيْنَ عَزِيْزَة وَ حُمَيْرَاء
عَزِيْزَة  : اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ !
حُمَيْرَاء  : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
عَزِيْزَة  : كَيْفَ حَالُكَ يَا حُمَيْرَاء ؟
حُمَيْرَاء  : بِخَيْرٍ وَالْحَمْدُِللهِ شُكْرًا
عَزِيْزَة    : إِلَى أَيْنَ ذَهَبْتِ فِى يَوْمِ الْعُطْلَةِ يَا حُمَيْرَاء ؟
حُمَيْرَاء  : ذَهَبْتُ إِلَى بَيْتِ جَدِّى  .
عَزِيْزَة    : مَاعُنْوَانُ جَدِّكِ ؟
 حُمَيْرَاء  : عُنْوَانُ جَدِّى فِى شَارِع رَادِينْ فَتَّاح رَقْمِ 15 دَمَاكْ .
عَزِيْزَة    : إِذًا كَيْفَ ذَهَبْتِ هُنَاكَ ؟
حُمَيْرَاء  : ذَهَبْتُ هُنَاكَ بِالْقِطَارِ، مِنْ مَحَطَّةِ الْقِطَارِ مَالاَنْجِ فِى السَّاعَةِ الْعَاشِرَةِ 
          وَوَصَلْتُ فِى مَحَطَّةِ الْقِطَارِ دَمَاكْ فِى السَّاعَةِ الرّابِعَةِ .
عَزِيْزَة  : هَلْ فِى بَيْتِ جَدِّكِ مَنَاظِرُ جَمِيْلَةٌ ؟
حُمَيْرَاء  : نَعَمْ هُنَاكَ حَدِيْقَةٌ وَاسِعَةٌ فِيْهَا أَشْجَارٌ مُتَنَوِّعَةٌ وَأَزْهَارٌ مُخْتَلِفَةٌ.
           وَ هُنَاكَ جُنَيْنَةُ الْحَيَوَانَات الوَاسِعَة. 
عَزِيْزَة    : هَلْ فِى جُنَيْنَةِ الْحَيَوَانَات زَرَافَة ؟
حُمَيْرَاء  : نَعَمْ، فِى جُنَيْنَةِ الْحَيَوَانَات زَرَافَة وَ نَعَامَةٌ وَغَيْرُهَمَا
عَزِيْزَة    : تِلْكَ الرِّحْلَةُ مُمْتِعَةٌ . ألَيْسَ كَذَلِكَ ؟
حُمَيْرَاء  : طَبْعًا, سَأَزُوْرُ هُنَاكَ فِى فُرْصَةٍ أُخْرَى .


V.                Metode Pembelajaran
Metode pembelajan menggunkan pendekatan scientific yang mengarah pada
1.       Observasi
2.       Menanya
3.       explorasi
4.       Asosiasi
5.       Komunikasi

VI.             Sumber/ Media Pembelajaran
Sumber belajar: buku pegangan guru, buku pegangan siswa dan kamus
Media pembelajaran : LCD, bahan ajar yang sesuai materi

VII. Proses Pembelajaran

Kegiatan pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengantema النزهة
5)      Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain musola,masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.

Kegiatan inti
1.      Guru menyampaikan pengantar atau ilustrasi singkat tentang tempat-tempat rekreasi seperti Taman Mini Indonesia Indah dengan mengajukan beberapa pertanyaan relevan dengan topik. Pengantar ini diikuti dengan langkah-langkah berikut.
2.      Peserta didik mengamati materi hiwar melalui tape recorder atau LCD. Berikanlah motivasi agar peserta didik memiliki perhatian penuh dalam mengamati materi.
3.      Bila memberikan drill pada peserta didik sambil memahami isi hiwar dengan melihat gambar yang tertera dalam buku.
4.      Pengulangan drill diikuti peniruan secara berkelompok tertentu lalu secara individual.
5.      Pembacan teks hiwar (buku dibuka) oleh semua peserta didik, kelompok atau oleh individu-individu.
6.      Setelah isi hiwar dipahami, barulah ditindaklanjuti dengan bahasan berikutnya; tadribat, dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk mencari pasangan.
7.      Peserta didik mendemonstrasikan hiwar secara berpasangan
8.      Guru  meminta peserta didik mengamati gambar taman rekreasi atau tempat-tempat out bound.
9.      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut
10.  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut
11.  Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca qiraah pada buku siswa.
12.  Guru mengembangkan pembelajaran dengan metode pesan berantai, yaitu peserta didik menyampaikan pesan secara estafet.

Langkah-langkah pembelajaran:
a.       Siapkan beberapa kartu berisi kalimat (jumlah) sesuai dengan tema
b.      Mintalah beberapa peserta didik untuk maju ke depan kelas
c.       Guru membagi siswa menjadi satu baris atau dua baris, kemudian siswa yang berada di baris yang paling depan disuruh maju menghadap guru.
d.      Mintalah salah satu peserta didik untuk mengambil salah satu kartu dan membacanya dalam hati secara seksama
e.       Guru memperlihatkan kalimat pendek, berupa pesan singkat atau perintah kepada siswa.
f.       Siswa yang mendapatkan perintah atau pesan dari guru menyampaikannya kepada siswa berikutnya dengan suara berbisik. Begitu seterusnya.
g.      Siswa yang berada di baris yang terakhir menyebutkan pesan atau perintah dengan suara yang keras
h.      Guru mencocokkan dengan kartu yang diberikan peserta didik pertama.
13.  Guru memberikan apresiasi kepada kelompok peserta didik yang benar melaksanakan pesan atau menirukan kalimat dari bisikan temannya secara sempurna

            Penutup
1.      Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.      Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.
3.      Pembelajaran diakhiri dengan membacahamdalah.
هَيَّابِنَانَخْتَتِمُ دَرْسَنَا بِالحَمْدلة....
VIII. Penilaian

Contoh : Rubrik penilaian



No.

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut
Pelafalan
Kelancaran
Kosa kata
Struktur
T
TT
R
P
1.










2.










3.











Deskripsi
Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Pelafalan
Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli
5

Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu
4

Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
3

Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulangi
2

Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami
1
Kelancaran
Lancar seperti penutur asli
5

Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa
4

Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
3

Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
2

Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
1
Kosa kata
Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli
5

Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat
4

Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
3

Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
2

Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
1
Struktur
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
5

Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
4

Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
3

Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
2

Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami
1
Pemahaman
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
5

Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu
4

Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
3

Susah mengikuti apa yang dikatakan.
2

Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana
1

a.       Keterampilan membaca nyaring.


No.

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut
Kelancaran
Akurasi
Pelafalan
Intonasi
T
TT
R
P
1.










2.










3.












Deskripsi
Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kelancaran
Sangat lancer
4

Lancar
3

Lancar, tetapi masih tersendat
2

Sering tersendat
1
Akurasi
Semua ucapan dipahami
4

Sebagian besar ucapan sudah dapat dipahami
3

Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
2

Semua ucapan tidak dapat dipahami
1
Pelafalan
Semua ucapan benar
4

Sebagian besar ucapan benar
3

Sebagian kecil ucapan sudah benar
2

Hampir semua ucapan tidak benar
1
Intonasi
Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar
4

Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3

Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
2

Tekanan/irama semua kata salah
1



b.      Keterampilan menyusun kalimat.
Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kesesuaian isi
Menanggapi tugas dengan sempurna; pembahasan sempurna; informasi relevan dan tepat; interpretasi sangat kuat dan mendukung.
4

Mampu menanggapi tugas; pembahasan mampu; informasi umumnya relevan dan tepat; interpretasi umumnya mendukung.
3

Kurang mampu menanggapi tugas; pembahasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten; informasi kadang tidak relevan/tidak tepat; interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.
2

Tidak bisa menanggapi tugas; pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten; informasi sering tidak relevan/tidak tepat; interpretasi tidak konsisten dengan fakta.
1

Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasan; informasi dan interpretasi tidak relevan.

Kesesuaian langkah retorika
Komunikasi efektif, sangat konsisten dengan bentuk teks khusus, ungkapan tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks jelas
4

Komunikasi cukup efektif, umumnya konsisten dengan bentuk teks khusus, organisasi dan urutan ungkapan umumnya tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks umumnya jelas
3

Komunikasi kadang cukup efektif, konsisten bentuk teks khusus kadang terabaikan, penataan ungkapan kadang sulit diikuti, hubungan antar bagian teks kadang tidak jelas
2

Komunikasi tidak efektif, maksud tidak jelas, tidak mengikuti bentuk teks khusus, penataan dan urutan ungkapan antar bagian teks tidak jelas.
1

Tidak bisa dipahami sama sekali, mangabaikan bentuk teks khusus, tidak ada penataan teks.

Kesesuaian bahasa
Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
4

Umumnya bahasa yang digunakan sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
3

Bahasa yang digunakan tidak konsisten dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
2

Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
1

Bahasa yang digunakan sangat buruk

Kelayakan bentuk
Layout, spelling, capitalization, dan neatness sangat memenuhi aturan-aturan teks (genre)
4

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya memenuhi aturan-aturan teks (genre)
3

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sebagian memenuhi aturan-aturan teks (genre)
2

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)
1

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)



VI.  Tugas.
Nama
: ...................
Kelas   : ...................
No. Induk
: ...................
Bulan   : ...................

Format bentuk laporannya :




No.

Tanggal/ Hari
Tek Bahasa Arab yang pernah di baca selain pelajaran dan Al-Qur’an
Paraf orang tua
Paraf Guru
Teks
Terjemah
Kaidah yang dapat ditemukan
Keterangan sumber teks


1







2







3







4







5







Dst








Skor penilaian sebagai berikut.
a.  Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00
b.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,00
c.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 2,00


Mengetahui,                                                               ................., .................20......
Kepala Madrasah,                                                              Guru Bahasa Arab,



Dra. ETIEK JUKHAENI, S.Pd.I.                        Drs. KABYL RIFAI, S.Pd.
NIP. -                                                                                    NIP.19660718200501001