#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Wednesday, August 19, 2015

RPP BAHASA ARAB KELAS VI MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan                       : MI Miftahul Ulum Wr.sari
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas/ Semester         :  VI/ Ganjil
Materi Pokok             : qiro’ah  tentang  أعمالنا في المدرسة و البيت
Jam Pertemuan          :  4 x 35 Menit

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD(
I.                   Kompetensi Inti (KI)
II.                Kompetensi Inti (KI – KI 4 )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar (KD) Dan Indikator
1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT. Berupa bahasa Arab
2.1 Memiliki kepedulian, rasa  ingin tahu dan percaya
diri dalam berkomunikasi dengan menggunakan
media bahasa Arab yang dimiliki

3.1   Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan
kalimat sederhana terkait topik: أعمالنا في المدرسة و البيت
4.1  Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat
bahasa Arab terkait topik:            : أعمالنا في المدرسة و البيت
III.Indikator
  1. Melafalkan teks qiro’ah tentang أعمالنا في المدرسة و البيت
2.      Menterjemahkan teks أعمالنا في المدرسة و البيت
3.      Menyebutkan aktivitas kegiatan sehari-hari tentang qiro’ah أعمالنا في المدرسة و البيت
  1. Melafalkan mufrodat tentang  أعمالنا في المدرسة و البيت
  2. Memberikan harokat pada qiro’ah tentang أعمالنا في المدرسة و البيت
  3. Mengungkapkan qiro’ah tentang أعمالنا في المدرسة و البيت
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui  metode Discovery Learning, drill, dan tanya jawab  peserta didik dapat ;
1.      Melafalkan teks qiro’ah tentang أعمالنا في المدرسة و البيت
2.      Menterjemahkan teks أعمالنا في المدرسة و البيت
3.      Menyebutkan aktivitas kegiatan sehari-hari tentang qiro’ah أعمالنا في المدرسة و البيت
4.      Melafalkan mufrodat tentang  أعمالنا في المدرسة و البيت
5.      Memberikan harokat pada qiro’ah tentang أعمالنا في المدرسة و البيت
6.      Mengungkapkan qiro’ah tentang أعمالنا في المدرسة و البيت
  IV. Materi Pokok Pembelajaran Tentang  أعمالنا في المدرسة و البيت
أُنْظُرِى ، تِلْكَ مَحْمُوْدَة! هِيَ  تِلْمِيْذَة  ذَكِيَّة  نَشِيْطَة
Gb. 3   Anak (Pr) membaca al.Qur’an
 
هِيَ تَسْتَيْقِظُ مِنَ النَّوْمِ مُبَكِّرًا . ثُمَّ تُصَلِّى التَّهَجُّدَ وَتُذَاكِرُ الدُّرُوْسَ . تَذْهَبُ اِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً .ثُمَّ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ بَعْدَ صَلاَ ةِ الصُّبْحِ. تُسَاعِدُ اُمَّهَا وتَكْنُسُ غُرْفَةَ النَّوْمِ . تَغْتَسِلُ ثُمَّ تَتَنَاوَلُ الْفُطُوْرَ وَتَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ مَشْيًا عَلَى اْلقَدَم . تَدْخُلُ الْفَصْلَ وَتَجْلِسُ عَلَى الْكُرْسِيِّ . تَقْرَأُ الْكِتَابَ وَتَكْتُبُ الدَّرْسَ وَتَسْمَعُ شَرْحَ اْلاُسْتَاذِ. فِى وَقْتِ الرَّاحَةِ تَزُوْرُ مَحْمُوْدَة الْمَكْتَبَةَ وَتَسْتَعِيْرُ كُتُبًا.  تَِرْجِعُ مَحْمُوْدَة مِنَ الْمَدْرَسَةِ ثُمَّ تَتَنَاوَلُ الغَدَاءِ مَعَ اُسْرَتِهَا مُبَاشَرَةً
   V. Metode Pembelajaran
Pendekatan                    : Scientific
Strategi                            : Cooperative learning
Metode                            : descovery,  tanya jawab,dan drill
VI. Sumber/ Media Pembelajaran
1.    Sumber Pembelajaran:Buku paket Bahasa Arab kelas VI penerbit Media Ilmu, kamus bahasa arab – Indonesia
2.    Media : contoh Jadwal kegiatan siswa yang terbuat dari kertas
3.    Alat / bahan : kertas
VII. Proses Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan Kesatu :
a.      Pendahuluan / kegiatan Awal (10 menit)
1)      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama mengajak siswa mengucapkan  هَيَّابِنَا نَفْتَتِحُ دَرْسَنَا بِالبَسْمَلة ....
2)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema أعمالنا في المدرسة و البيت.

  1. Kegiatan inti dengan langkah-langkah pembelajaran  yang diambil dari konsep 5 M , yakni :
Mengamati
·           Guru  meminta peserta didik mengamati gambar aktivitas anak-anak dan jadwal kegiatan di rumah maupun di sekolah
·           Peserta didik melihat teks materi qiro’ah yang ada di kertas karton yang ditempelkan didepan papantulis
Menanya
·         Guru menanyakan pada siswa tentang materi qiro’ah yang telah dibaca
·         Peserta didik mengungkapkan pendapatnya tentang keutamaan dapat mentarjemahkan materi qiro’ah  dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari di sekolah dan di rumah

Mencoba/eksperimen
·         Guru meminta peserta didik untuk mencoba membaca jadwal kegiatan sehari-hari di depan kelas dengan fasih dan benar
·         Siswa menterjemahkan materi qiro’ah secara lengkap dan tuntas
Mengasosiasi
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut
·         Masing – masing kelompok mempresentasikan materi qiro’ah yang berkaitan dengan kegiatan sehari – hari melalui media kartu
Mengkomunikasikan
·         Guru mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match)Strategi ini biasanya digunakan untuk mengajarkan kata-kata atau kalimat dengan pasangannya. Misalnya kata dengan artinya, atau soal dengan jawabannya, dan sebagainya. Dalam pembelajaran qira’ah dapat juga diterapkan untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa pada isi bacaan dengan membuat kartu-kartu soal dan jawabannya.

b.      Penutup
1.  Peserta didik meyimpulkan isi bacaan
2. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa        kata baru pada kartu untuk di hafal.
3. Akhirilah pelajaran dengan membaca hamdalah.
4. Guru memberikan pesan moral, terkait materi yang telah dipelajari
5. Guru mengajak peserta didik berdo’a bersama, dilanjutkan dengan salam
VIII. Penilaian
a. Kognitif
Tema       :    أعمالنا في المدرسة و البيت
Aspek      : Qira’ah
Instrumen sikap spiritual
No
Pernyataan
YA
TIDAK
SKOR
1
Mempelajari ilmu b.arab akan mempermudah membaca Al-Qur’an



2
Membiasakan menghafal mufrodat akan melancarkan dalam menterjemahkan Al-Qur’an



3
Mencintai ilmu b.arab berarti mencintai agama Islam



4
Mengucapkan hitungan waktu  dalam b.Arab




Penskoran:
YA = 1
TIDAK = 0

          Skor perolehan
Nilai = .....................X 4
          Skor maksimal



Instrumen sikap sosial (pada saat diskusi )
No
Peserta Didik
Sikap yang diamati
Skor
Nilai


Keberanian
Kekompakan
Tanggungjawab


1
Zafa
4
3
3
10
3.33
2
Zulfa
3
2
2
7
2.33
3
Zulfi






Penskoran:
Skor 4 jika keberanian, kekompakan, tanggungjawab SANGAT BAIK
Skor 3 jika keberanian, kerjasama, tanggungjawab BAIK
Skor 2 jika keberanian, kerjasama, tanggungjawab CUKUP
Skor 1 jika keberanian, kerjasama, tangungjawab KURANG

Skor perolehan
Nilai=.......................... x 4
Skor maksimal

Tugas untuk penilaian kognitif berupa tes tulis

1.      zulfi pergi ke masjid pukul 09.30
2.      aminah pergi ke madrasah bersama temannya
3.      Tamyiz menyiram pohon pada sore hari
4.      Andhini pulang dari madrasah dengan jalan kaki

Instrumen Pengamatan Unjuk Kerja Melafalkan Mufrodat
No.
Nama
Aspek yg dinilai
Skor
Nilai
Tajwid
Makhroj
Fashohah
Kelancaran
1.
SS






2.







Dst








Pedoman penskoran
Skor 4 = tajwid, makhroj, fashohah, kelancaran sangat baik
Skor 3 = tajwid, makhroj, fashohah, kelancaran baik
Skor 2 = tajwid, makhroj, fashohah, kelancaran cukup
Skor 1 = tajwid, makhroj, fashohah, kelancaran kurang

Nilai = Skor yang diperoleh x 100
                                Skor maksimal
Skor penilaian sebagai berikut.
a.  Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00
b.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,00
c.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 2,00

No
   Nama Peserta didik
Perilaku yang diamati
   Kelancaran
  I   Intonasi
P    Pemahaman
    1
zulfa
4
3
3
    2
Zulfi
3
4
4
     3
Zafa
4
3
3

a.       Keterampilan membaca nyaring.


No.

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut
Kelancaran
Akurasi
Pelafalan
Intonasi
T
TT
R
P
1.
Zulfa
3
3
2
4
12
T



2.
Zulfi
4
3
3
3
13
T



3.
Zafa
3
3
3
2
11
T




Deskripsi
Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kelancaran
Sangat lancer
4

Lancar
3

Lancar, tetapi masih tersendat
2

Sering tersendat
1
Akurasi
Semua ucapan dipahami
4

Sebagian besar ucapan sudah dapat dipahami
3

Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
2

Semua ucapan tidak dapat dipahami
1
Pelafalan
Semua ucapan benar
4

Sebagian besar ucapan benar
3

Sebagian kecil ucapan sudah benar
2

Hampir semua ucapan tidak benar
1
Intonasi
Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar
4

Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3

Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
2

Tekanan/irama semua kata salah
1


b.      Keterampilan menyusun kalimat.
Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kesesuaian isi
Menanggapi tugas dengan sempurna; pembahasan sempurna; informasi relevan dan tepat; interpretasi sangat kuat dan mendukung.
4

Mampu menanggapi tugas; pembahasan mampu; informasi umumnya relevan dan tepat; interpretasi umumnya mendukung.
3

Kurang mampu menanggapi tugas; pembahasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten; informasi kadang tidak relevan/tidak tepat; interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.
2

Tidak bisa menanggapi tugas; pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten; informasi sering tidak relevan/tidak tepat; interpretasi tidak konsisten dengan fakta.
1

Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasan; informasi dan interpretasi tidak relevan.

Kesesuaian langkah retorika
Komunikasi efektif, sangat konsisten dengan bentuk teks khusus, ungkapan tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks jelas
4

Komunikasi cukup efektif, umumnya konsisten dengan bentuk teks khusus, organisasi dan urutan ungkapan umumnya tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks umumnya jelas
3

Komunikasi kadang cukup efektif, konsisten bentuk teks khusus kadang terabaikan, penataan ungkapan kadang sulit diikuti, hubungan antar bagian teks kadang tidak jelas
2

Komunikasi tidak efektif, maksud tidak jelas, tidak mengikuti bentuk teks khusus, penataan dan urutan ungkapan antar bagian teks tidak jelas.
1

Tidak bisa dipahami sama sekali, mangabaikan bentuk teks khusus, tidak ada penataan teks.

Kesesuaian bahasa
Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
4

Umumnya bahasa yang digunakan sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
3

Bahasa yang digunakan tidak konsisten dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
2

Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
1

Bahasa yang digunakan sangat buruk

Kelayakan bentuk
Layout, spelling, capitalization, dan neatness sangat memenuhi aturan-aturan teks (genre)
4

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya memenuhi aturan-aturan teks (genre)
3

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sebagian memenuhi aturan-aturan teks (genre)
2

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)
1

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)



VI.  Tugas.
Nama
: ...................
Kelas   : ...................
No. Induk
: ...................
Bulan   : ...................

 
Format bentuk laporannya :




No.

Tanggal/ Hari
Tek Bahasa Arab yang pernah di baca selain pelajaran dan Al-Qur’an
Paraf orang tua
Paraf Guru
Teks
Terjemah
Kaidah yang dapat ditemukan
Keterangan sumber teks


1







2







3







Dst








Skor penilaian sebagai berikut.
a.  Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00
b.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,00
c.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 2,00



Mengetahui,                                                           ................., .................20...... Kepala Madrasah,                                                  Guru Bahasa Arab,




Dra. ETIEK JUKHAENI, S.Pd.I.                        Drs. KABYL RIFAI, S.Pd.
NIP. -                                                                                    NIP.19660718200501001