RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : MI Miftahul Ulum
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik :
Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan ke : 1
Semester : 2
(dua)
Alokasi waktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1.1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1
Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA
INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang
Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup
sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan
istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh
agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami
isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain dengan penuh perhatian dan mengajukan
pertanyaan
4.3
Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti
dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil
sampai terbesar
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan
tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangun
datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan
papan berpaku atau media lainnya
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,
DAN KESEHATAN
2.2
Menunjukkan perilaku santun kepada
teman dan guru selama pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA,
DAN PRAKARYA
1.1
Merasakan keindahan alam dan karya
seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1
Menunjukkan percaya diri untuk
mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk
mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2
Mengenal pola irama lagu bervariasi
dengan alat musik ritmis
C.
INDIKATOR
AGAMA
1.
Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.
Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3.
Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum
belajar
4.
Menunjukkan perilaku patuh kepada
orang tua
PPKn
1.
Menunjukkan perilaku baik (jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh
pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh
pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.
Melaksanakan tata tertib di
sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
2.
Mengambil sikap duduk atau berdiri
dengan berdiam diri
3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
4. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
5. Melafalkan kata-kata teks doa
dengan intonasi yang sesuai
6.
Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi
dan cuci tangan.
7.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat,
yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang
cukup, udara dan lingkungan bersih.
8.
Membedakan lingkungan sehat
dan tidak sehat
9.
Menyebutkan nama-nama tempat dalam
cerita
10.
Menyebutkan urutan peristiwa
11.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat,
yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang
cukup, udara dan lingkungan bersih.
12.
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan
kata yang tepat
14.
Berposisi duduk secara benar
15.
Meletakkan bacaan dengan jarak mata
yang benar
16.
Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2. Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan
untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. Menceritakan
bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Mempraktikan gerak melangkah ke
berbagai arah berirama
SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.
Memiliki kepekaan terhadap keindahan
alam hasil ciptaan Tuhan
2.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam
dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.
memperhatikan lingkungan sekitar
secara seksama
4.
merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
menunjukkan kepedulian pada alam
lingkungan sekitar dengan berkarya
6.
Mengenal judul lagu dan iringannya
D.
TUJUAN
1.
Berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Berperilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3. Melafalkan kata-kata teks doa
dengan intonasi yang sesuai
4.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat,
yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang
cukup, udara dan lingkungan bersih.
5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan
kata yang tepat
6.
Menata
dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan
kriteria lainnya (warna atau lainnya)
9.
Mempraktikan gerak melangkah ke
berbagai arah berirama
10.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam
tentang kebersihan lingkungan sebagai
anugerah Tuhan
E.
MATERI
AGAMA
1.
Bacaan do’a sebelum belajar
2.
Bacaan do’a sesudah belajar
3.
Sikap berdo’a sebelum belajar
4.
Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1.
Dengan mengamati kegiatan
sehari-hari, siswa dapat berperilaku
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Dengan mengamati contoh
sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari hari di rumah, siswa dapat
berperilaku patuh di sekolah.
3.
Contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di sekolah.
4.
Dengan mengamati kegiatan
sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
2.
Sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat
berdoa sendiri
4. Lafal teks doa dengan jelas
5. Lafal & kata-kata teks doa dengan intonasi yang
sesuai
6.
Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.
lingkungan sehat dan tidak
sehat
9.
Nama-nama tempat dalam cerita
10.
Urutan peristiwa
11.
Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang
tepat
14.
Posisi duduk secara benar
15.
Letak bacaan dengan jarak mata yang
benar
16.
Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Dengan mengamati cara penataan benda di
sekitar, siswa dapat menata dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2.
Dengan mengamati benda-benda
di sekitar siswa dapat memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3.
Dengan mengamati benda siswa
dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Praktik gerak melangkah ke berbagai
arah berirama
SENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1.
Kepekaan terhadap keindahan alam hasil
ciptaan Tuhan
2.
Keindahan-keindahan alam dan karya
seni sebagai anugerah Tuhan
3.
Lingkungan sekitar secara seksama
4.
Cara merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
Kepedulian pada alam lingkungan
sekitar dengan berkarya
6.
Lagu
Lihat Kebunku
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak
4.
Mengajak
Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
5.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan
apa bedanya di kalau pagi
6.
Meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada
pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan
kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Menayangkan
gambar tentang lingkungan bersih dan
sehat dan lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat. (eksplorasi,
mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar rumah sehat mencakup
ciri-ciri:
·
Rumah kecil
dengan ventilasi cukup
·
Ada teras
rumah
·
Ada halaman
cukup
·
Taman mungil
yang asri
·
Tidak ada
sampah yang bertebaran
·
Di pojok
halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman (ember tempat air untuk
menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:
·
Tidak
memiliki ventilasi yang cukup
·
Tidak
memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan raya
·
Tidak
memikliki taman atau tanaman hijau
·
Tidak
terdapat alat-alat kebersihan
·
Tidak
terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
2.
Bertanya
jawab tentang ciri-ciri rumah dan
halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar)
al:
·
Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan
siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan
sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan
tidaknya jawaban.
|
||
3.
Guru
menugaskan siswa untuk membaca TEKS
tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
4.
Diawali
dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya,
dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar),
semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
5.
Selanjutnya
menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
·
(penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca
(sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada
siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum
dilanjutkan kepada siswa yang lain
6.
Bertanya
jawab tentang makna bacaan / Teks (
menalar )
7.
Melalui
pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan
sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar).
(eksplorasi dan elaborasi, menyimak
dan menalar)
|
||
8.
Guru
mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32
siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor
merupakan penanda dari kelompok)
9.
Siswa
berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
10.
Guru membagi
gambar kepada masing-masing kelompok
11.
Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar
dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar,
yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
mengkomunikasikan)
12.
Siswa
diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
13.
Setelah
tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan
dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)
|
||
Penilaian proses:
a.
Guru berkeliling mengamati kerjasama
anak dalam mengerjakan tugas.
b.
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
c.
Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
|
||
Gambar-gambar untuk Example
non Example
Kelompok gambar kebersihan
kelas
·
Gambar
kegiatan menyapu kelas
·
Gambar
kegiatan membersihkan debu
·
Gambar
kegiatan menata buku
·
Membersihkan
jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan
rumah
·
Gambar
kegiatan menyapu rumah
·
Gambar
kegiatan mengepel lantai
·
Gambar
kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar
kegiatan membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan,
ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan
membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
||
14.
Semua
kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema
yang sedang dipelajari.
15.
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memberi kesempatan kelompok
lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
||
16.
Mengajak
semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” untuk mencairkan suasana dan kepenatan
setelah belajar beberapa jam:
·
Guru
mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi
contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai
siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap
menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan
format pengamatan
|
||
17.
Guru
mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.
Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak
nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
|
||
18.
Menugaskan
siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
|
||
Guru
Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
||
19.
Guru dan
siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan
sehat
|
||
20.
Hasil
kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
||
Dilanjutkan dengan menasehati
siswa agar membiasakan hidup sehat
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
||
4.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
|
||
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku TematikKelas I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Video/slide/gambar tentang teknik
cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·
Gambar/contoh langsung karya
cetak dengan berbagai bahan alam dan
bentuk
·
Gambar/contoh langsung hasil karya
gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
·
Buku kirigami (seni mengunting)
·
Buku Pengembangan Diri Anak
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda
· Isian singkat
· Esai atau uraian
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,
Dra. ETIEK JUKHAENI, S.Pd.I. Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP
............................................. NIP ........................................