#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Wednesday, December 19, 2012

PEMBELAJARAN CARD SHORT



STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT
Pada postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan para pembaca salah satu dari sekian banyak strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran CARD SHORT. Strategi pembelajaran ini sangat cocok untuk diterapkan di kelas karena insya allah akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Secara umum langkah-langkah strategi pembelajaran Card Short adalah sebagai berikut :
  1. Menentukan topik
  2. Pengantar kegiatan
  3. Guru memberikan kartu secara acak dan pastikan masing-masing siswa mendapatkan kartu tersebut.
  4. Masing-masing siswa mencari kartu nama yang sama sekaligus mengklasifikasinnya.
  5. Kesimpulan.
Sintaks strategi pembelajaran Card Short dapat dilihat pada tabel berikut :
SINTAKS
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Fase 1 :
Penyampaian tujuan dan motivasi
Kegiatan awal :
-   Apersepsi :
-   Motivasi
-   Menyampaikan tujuan pembelajaran
Siswa dapat mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru dengan seksama
Siswa dapat mendengar dan berniat mempelajari materi
Fase 2 :
Menyampaikan informasi
Kegiatan inti
-   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kajian pustaka.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari siswa pada kajian pustaka.
-   Guru merangkum sekaligus memberikan penegasan dan informasi tentang materi pelajaran
Siswa melakukan kajian pustaka
Siswa mendengarkan penjelasan guru (Eksplorasi)
Fase 3 :
Pembagian siswa dalam kelompok
Guru membagi siswa dalam kelompok belajar dan membagikan lembaran kartu secara acak kepada siswa dan memberikan penjelasan cara menyusun atau mengelompokkan kartu tersebut (Card Short)
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan nama-nama yang ada dalam kartu yang telah dibagikan (Elaborasi)
Fase 4 :
Membimbing kelompok kerja dan belajar
-   Guru membimbing kelompok belajar pada saat berdiskusi, mengamati dan melakukan penilaian minat belajar.
-   Guru membimbing siswa untuk menyajikan hasil kerjanya didepan kelas, baik secara individu atau kelompok.
Siswa bertanya jawab dengan temannya, bagaimana cara mengurutkan kartu dengan benar (Elaborasi)
Fase 5 :
Evaluasi
-   Guru memfasilitasi persentasi hasil kerja kelompok.
-   Guru mengamati dan melakukan penilaian terhadap persentasi yang dilakukan oleh siswa.
-   Guru memberikan klarifikasi dan kesimpulan
Antara kelompok saling menanggapi dan memberi umpan balik serta mendapat penguatan dari guru (konfirmasi)
Fase 6 :
Memberi penghargaan
Kegiatan Penutup
-   Refleksi
Guru menanyakan tentang perasaan siswa terhadap pelajaran hari ini apakah menyenangkan dan bermanfaat ? apakah materi pelajaran ini bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.
-   Pengayaan (PR)
Siswa diberikan tugas untuk merangkum dirumah materi pembelajaran hari ini
-   Guru memberikan penghargaan terhadap siswa baik secara individu maupun secara kelompok atas prestasinya.
Siswa memberikan jawaban dari pertanyaan refleksi
Siswa mengerjakan PR
Siswa menerima penghargaan dengan senang hati dan bertepuk tangan