STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT
Pada postingan kali ini saya ingin
sedikit berbagi dengan para pembaca salah satu dari sekian banyak strategi
pembelajaran yaitu strategi pembelajaran CARD SHORT. Strategi pembelajaran ini
sangat cocok untuk diterapkan di kelas karena insya allah akan menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan.
Secara umum langkah-langkah strategi pembelajaran Card Short adalah sebagai berikut :
Secara umum langkah-langkah strategi pembelajaran Card Short adalah sebagai berikut :
- Menentukan topik
- Pengantar kegiatan
- Guru memberikan kartu secara acak dan pastikan masing-masing siswa mendapatkan kartu tersebut.
- Masing-masing siswa mencari kartu nama yang sama sekaligus mengklasifikasinnya.
- Kesimpulan.
Sintaks strategi pembelajaran Card Short
dapat dilihat pada tabel berikut :
SINTAKS
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
Fase 1 :
Penyampaian tujuan dan motivasi
|
Kegiatan awal :
- Apersepsi :
- Motivasi
- Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Siswa dapat mendengarkan dan
menjawab pertanyaan dari guru dengan seksama
Siswa dapat mendengar dan berniat
mempelajari materi
|
Fase 2 :
Menyampaikan informasi
|
Kegiatan inti
- Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk melakukan kajian pustaka.
- Guru memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari siswa pada kajian pustaka.
- Guru merangkum
sekaligus memberikan penegasan dan informasi tentang materi pelajaran
|
Siswa melakukan kajian pustaka
Siswa mendengarkan penjelasan guru
(Eksplorasi)
|
Fase 3 :
Pembagian siswa dalam kelompok
|
Guru membagi siswa dalam kelompok
belajar dan membagikan lembaran kartu secara acak kepada siswa dan memberikan
penjelasan cara menyusun atau mengelompokkan kartu tersebut (Card Short)
|
Siswa membentuk kelompok sesuai
dengan nama-nama yang ada dalam kartu yang telah dibagikan (Elaborasi)
|
Fase 4 :
Membimbing kelompok kerja dan
belajar
|
- Guru membimbing
kelompok belajar pada saat berdiskusi, mengamati dan melakukan penilaian
minat belajar.
- Guru membimbing
siswa untuk menyajikan hasil kerjanya didepan kelas, baik secara individu
atau kelompok.
|
Siswa bertanya jawab dengan
temannya, bagaimana cara mengurutkan kartu dengan benar (Elaborasi)
|
Fase 5 :
Evaluasi
|
- Guru memfasilitasi
persentasi hasil kerja kelompok.
- Guru mengamati dan
melakukan penilaian terhadap persentasi yang dilakukan oleh siswa.
- Guru memberikan
klarifikasi dan kesimpulan
|
Antara kelompok saling menanggapi
dan memberi umpan balik serta mendapat penguatan dari guru (konfirmasi)
|
Fase 6 :
Memberi penghargaan
|
Kegiatan Penutup
- Refleksi
Guru menanyakan tentang perasaan
siswa terhadap pelajaran hari ini apakah menyenangkan dan bermanfaat ? apakah
materi pelajaran ini bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.
- Pengayaan (PR)
Siswa diberikan tugas untuk
merangkum dirumah materi pembelajaran hari ini
- Guru memberikan
penghargaan terhadap siswa baik secara individu maupun secara kelompok atas
prestasinya.
|
Siswa memberikan jawaban dari
pertanyaan refleksi
Siswa mengerjakan PR
Siswa menerima penghargaan dengan
senang hati dan bertepuk tangan
|